Assalamualaikum wr wb.
Bapak Ibu guru bahasa Inggris saat ini pemerintah sedang menerapkan kurikulum baru yang kita kenal dengan Kurikulum Merdeka, tentunya tidak semua guru yang paham dengan berbagai perangkat pembelajaran yang ada pada kurikulum Merdeka, salah satunya adalah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Berikut ini saya akan mencoba menampilkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran yang mungkin cocok atau dapat di adaptasi olah bapak ibu guru. ATP ini juga bisa di sandingkan dengan Buku English For Nusantara. Silahkan di Share semoga bermanfaat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Instansi : SMP Negeri 2 Soko
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Fase : D/SMP kelas 7
A. Capaian Pembelajaran masing-masing Elemen
Elemen | Capaian Pembelajaran
|
Menyimak-Berbicara
| Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. |
Membaca-Memirsa
| Pada akhir fase D, peserta didik membaca dan merespon teks familiar dan tidak familiar yang mengandung struktur yang telah dipelajari dan kosakata yang familiar secara mandiri. Mereka mencari dan mengevaluasi ide utama dan informasi spesifik dalam berbagai jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka mengidentifikasi tujuan teks dan mulai melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam sebuah teks. |
Menulis-Mempresentasikan
| Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. Termasuk di dalamnya informasi dasar dan detil, dan juga memvariasikan susunan kalimat dalam penulisan. Siswa mengekspresikan ide dalam bentuk present, future, dan past tense. Mereka menggunakan time markers, adverb of frequency, dan conjunctions to merangkai ide. Upaya mereka untuk mengeja kata-kata baru berdasarkan hubungan huruf-suara yang telah ada. |
B. Peta Materi Kelas 7
Cakupan Materi | Sub Materi |
Teks Khusus/Teks Otentik (Transactional dan Functional Texts) | 1. Asking and giving information about Alphabet, number, date and time, family members, colors. 2. Greetings and leave-taking, and introduction. 3. Instruction ( command and prohibition). 4. Directions 5. Expression “could you …, and can you..” |
Deskriptif | 6. Hobbies, Daily activities, 7. People 8. Favorite meals (food, drinks, snack, texture snack), Grocery shopping 9. Rooms in a house, Household activities, Things to use to clean up 10. A class schedule 11. Online class 12. Extracurricular activities 13. A school festival 14. Rooms in the school |
Language features
| 15. Article a/an 16. Present tense – habits 17. Time markers 18. Imperative |
Procedure | 19. Recipe |
C. Alur Tujuan Pembelajaran
Cakupan Materi | Kode | Alur Tujuan Pembelajaran | Profil Pelajar Pancasila | Jumlah JP | ||
Semester ganjil | ||||||
Greetings and leave-taking, and introduction.
| 7.2. | 1. Mengidentifikasi fungsi, struktur, dan elemen bahasa dalam greetings and leave-taking, and introduction. 2. Merespon dialog sederhana terkait greetings and leave-taking, and introduction. 3. Menyusun dialog sederhana terkait greetings and leave-taking, and introduction. 4. Menggunakan greetings and leave-taking, and introduction dalam berinteraksi secara formal dan informal | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia | 6 | ||
Asking and giving information about Alphabet, number, date and time, family members, colors. | 7.1 | 1. Mengidentifikasi fungsi, struktur, dan elemen bahasa dalam asking and giving information about Alphabet, number, date and time, family members, colors.. 2. Merespon dialog sederhana terkait asking and giving information about Alphabet, number, date and time, family members, colors.. 3. Menyusun dialog sederhana terkait asking and giving information about Alphabet, number, date and time, family members, colors. 4. Menggunakan ekspresi asking and giving information about Alphabet, number, date and time, family members, colors dalam berinteraksi secara formal dan informal. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia | 6 | ||
Instruction (command and prohibition). | 7.3
| 1. Mengidentifikasi fungsi, struktur, dan elemen bahasa dalam instruction (command and prohibition). 2. Merespon dialog sederhana terkait Instruction (command and prohibition). 3. Menyusun dialog sederhana terkait Instruction (command and prohibition). 4. Menggunakan instruction (command and prohibition).dalam berinteraksi secara formal dan informal. | - Mandiri | 2 | ||
Procedure text dan imperative sentence | 7.9 | 1. Mengidentifikasi dan merespon fungsi, struktur, dan elemen bahasa dalam teks procedure 2. Membaca nyaring teks procedure 3. Mengidentifikasi tujuan teks procedure. 4. Mengidentifikasi informasi tersurat pada teks procedure. 5. Mengevaluasi ide utama pada teks procedure 6. Melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat pada teks procedure. 7. Menyusun teks procedure (manual, tips& trick, do’s & don’ts) | Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia | 6 | ||
Descriptive daily activities and simple present tense | 7.6 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks tentang kegiatan sehari-hari 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang kegiatan sehari-hari 3. Menggunakan pola kalimat Present Tense untuk menggambarkan tentang kegiatan sehari-hari. 4. Mengidentifikasi kalimat yang menyatakan kegiatan sehari-hari. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait tentang kegiatan sehari-hari 9. Membuat teks sederhana terkait tentang kegiatan sehari-hari | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia | 4 | ||
Descriptive text hobbies | 7.4 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks hobbi seseorang. 2. Memahami frase yg menggambarkan frekuensi seseorang melakukan hobbi. 3. Menggunakan pola kalimat Present Tense untuk menggambarkan keseringan seseorang melakukan hobbi. 4. Mencari ide utama teks bacaan. 5. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 6. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 7. Menyusun paragraf acak terkait deskripsi seseorang. 8. Membuat teks sederhana terkait hobbi seseorang..
| - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia - Bernalar kritis | 4 | ||
Descriptive text People | 7.5
| 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks deskripsi seseorang. 2. Memahami frase yg menggambarkan ciri fisik dan kepribadian seseorang. 3. Menggunakan pola kalimat Present Tense untuk menggambarkan ciri fisik dan kepribadian seseorang. 4. Mengidentifikasi ciri fisik dan kepribadian seseorang dalam teks bacaan. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait deskripsi seseorang. 9. Membuat teks sederhana terkait ciri fisik dan kepribadian seseorang. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia | 4 | ||
Descriptive text favorite meal, food, drinks, snack, texture task. | 7.7
| 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks deskripsi avorite meal, food, drinks, snack, texture task. 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang favorite meal, food, drinks, snack, texture task. 3. Menggunakan pola kalimat Present Tense untuk menggambarkan tentang favorite meal, food, drinks, snack, texture task. 4. Mengidentifikasi tentang favorite meal, food, drinks, snack, texture task dalam teks bacaan. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait favorite meal, food, drinks, snack, texture task. 9. Membuat teks sederhana terkait favorite meal, food, drinks, snack, texture task. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia | 4 | ||
Descriptive text grocery shopping dan artikel a/an | 7.8
| 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks grocery shopping 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang grocery shopping. 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang grocery shopping. 4. Mengidentifikasi tentang grocery shopping. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait grocery shopping. 9. Membuat teks sederhana terkait grocery shopping. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia | 4 | ||
Semester genap | ||||||
Direction | 7.3
| 1. Mengidentifikasi fungsi, struktur, dan elemen bahasa dalam Direction 2. Merespon dialog sederhana terkait Direction 3. Menyusun dialog sederhana terkait Direction 4. Menggunakan Direction.dalam berinteraksi secara formal dan informal. | - Mandiri | 2 | ||
Expression “could you …, and can you..” | 7.3
| 1. Mengidentifikasi fungsi, struktur, dan elemen bahasa dalam Expression “could you …, and can you..” 2. Merespon dialog sederhana terkait Expression “could you …, and can you..” 3. Menyusun dialog sederhana terkait Expression “could you …, and can you..” 4. Menggunakan Expression “could you …, and can you.. dalam berinteraksi secara formal dan informal. | - Mandiri | 2 | ||
Descriptive text rooms in a house | 7.10 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks rooms in a house 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang rooms in a house. 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang rooms in a house. 4. Mengidentifikasi tentang rooms in a house. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait rooms in a house. 9. Membuat teks sederhana terkait rooms in a house. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
| ||
Descriptive text household activities | 7.11 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks household activities 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang household activities. 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang household activities. 4. Mengidentifikasi tentang household activities. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait household activities. 9. Membuat teks sederhana terkait household activities. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
| ||
Descriptive text things to use to clean up | 7.12 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks things to use to clean up 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang things to use to clean up. 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang things to use to clean up. 4. Mengidentifikasi tentang things to use to clean up. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait things to use to clean up. 9. Membuat teks sederhana terkait things to use to clean up. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
| ||
Descriptive text a class schedule | 7.13 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks a class schedule 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang a class schedule. 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang a class schedule. 4. Mengidentifikasi tentang a class schedule. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait a class schedule. 9. Membuat teks sederhana terkait a class schedule | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
| ||
Descriptive text talk about online class | 7.14 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks talk about online class 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang talk about online class. 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang talk about online class. 4. Mengidentifikasi tentang talk about online class. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait talk about online class. 9. Membuat teks sederhana terkait talk about online class. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
| ||
Descriptive text extracurricular activities | 7.17 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks extracurricular activities 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang extracurricular activities 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang extracurricular activities 4. Mengidentifikasi tentang extracurricular activities. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait extracurricular activities. 9. Membuat teks sederhana terkait extracurricular activities. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
| ||
Descriptive text a school festival | 7.18 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks a school festival 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang a school festival. 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang grocery shopping. 4. Mengidentifikasi tentang a school festival 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait a school festival. 9. Membuat teks sederhana terkait a school festival. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
| ||
Descriptive text rooms in the school | 7.19 | 1. Mengidentifikasi kosakata (kata sifat) terkait teks rooms in the school 2. Memahami frase yg menggambarkan tentang rooms in the school. 3. Menggunakan artikel a/an untuk menyatakan tentang rooms in the school. 4. Mengidentifikasi tentang rooms in the school. 5. Mencari ide utama teks bacaan. 6. Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat. 7. Mengidentifikasi tujuan teks dan melakukan inferensi. 8. Menyusun paragraf acak terkait rooms in the school. 9. Membuat teks sederhana terkait rooms in the school. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia |
|
Soko, 18 Juli 2022
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 2 Soko Guru Mapel,
Drs. PITOYO NOVA SRIWINARNI,S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar