RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 2
Soko
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Tema : Interpersonal
Sub Tema : Greeting,
Parting, Thanking, Apologizing
Kelas / Semester : VII /
1
Alokasi Waktu : 12 JP x 40 menit ( 3 x
pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf,
serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.1.1 Mengidentifikasi
cara pelafalan (pronunciation), nada dalam pengucapan (intonation) dan cara
penulisan/pengejaan (spelling) dalam berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan
meminta maaf
serta responnya masing-masing secara lisan (listening dictation)
3.1.2 Menyimpulkan
fungsi sosial (social function/purpose) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara
lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
3.1.3 Merinci
susunan struktur teks (generic structure) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara
lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
3.1.4 Menyebutkan
unsur-unsur kebahasaan (language features) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara
lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
3.1.5 Mengelompokkan
jenis-jenis ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara
lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
3.1.6 Mengidentifikasi
makna eksplisit (tersurat) dan implisit (tersirat) yang terdapat dalam teks
yang berisikan berbagai ungkapan menyapa,
berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya
masing-masing baik secara lisan (listening comprehension) maupun tulis
(reading comprehension)
|
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
4.1.1 Menulis
satu teks yang berisikan berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta
responnya masing-masing dengan menggunakan kaidah struktur teks (generic
structure), unsur-unsur kebahasaan (language features) dan fungsi sosial
(social function/purpose), baik secara lisan (speaking atau reading aloud)
maupun tulis (writing)
4.1.2 Mempresentasikan
satu teks yang berisikan berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta
responnya masing-masing yang sudah dibuat dengan menggunakan kaidah struktur
teks (generic structure), unsur-unsur kebahasaan (language features) dan
fungsi sosial (social function/purpose), baik secara lisan (speaking atau
reading aloud) maupun tulis (writing)
|
Fokus
Penguatan Karakter: Disiplin, Percayadiri, Tanggung jawab,
peduli, kerjasama
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengidentifikasi
cara pelafalan (pronunciation), nada dalam pengucapan (intonation) dan cara
penulisan/pengejaan (spelling) dalam berbagai ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya
masing-masing melalui kegiatan membaca script
percakapan dengan percaya diri.
2. Menyimpulkan
fungsi sosial (social function/purpose) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
3. Merinci
susunan struktur teks (generic structure) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
4. Menyebutkan
unsur-unsur kebahasaan (language features) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
5. Mengkategorikan
jenis-jenis ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
Pertemuan 2:
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengidentifikasi
cara pelafalan (pronunciation), nada dalam pengucapan (intonation) dan cara
penulisan/pengejaan (spelling) dalam berbagai ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan berpamitan serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan percaya diri.
2. Menyimpulkan
fungsi sosial (social function/purpose) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan
berpamitan serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
3. Merinci
susunan struktur teks (generic structure) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan
berpamitan serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
4. Menyebutkan
unsur-unsur kebahasaan (language features) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan
berpamitan serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
5. Mengkategorikan
jenis-jenis ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan
berpamitan serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
Pertemuan 3:
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengidentifikasi
cara pelafalan (pronunciation), nada dalam pengucapan (intonation) dan cara
penulisan/pengejaan (spelling) dalam berbagai ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya
masing-masing melalui kegiatan membaca script
percakapan dengan percaya diri.
2. Menyimpulkan
fungsi sosial (social function/purpose) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
3. Merinci
susunan struktur teks (generic structure) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
4. Menyebutkan
unsur-unsur kebahasaan (language features) yang umum digunakan dalam berbagai
ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
5. Mengkategorikan
jenis-jenis ungkapan ungkapan berterima kasih dan
meminta maaf serta
responnya masing-masing melalui kegiatan membaca
script percakapan dengan teliti.
D.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Pokok
Fungsi Sosial (Faktual) :
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan
menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur Teks (Prosedural) :
-
Memulai ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf.
-
Menanggapi ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf.
(diharapkan/di luar dugaan).
Unsur Kebahasaan (Konseptual)
:
-
Ungkapan-ungkapan
menyapa, berpamitan, berterimakasih,
meminta maaf yang lazim digunakan.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan.
Topik:
Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
E.
Metode Pembelajaran
Approach : Students
Centered Approach
Model : 5M
Method : Drill
Cloze-Peer Dictation
The Tournament of
Questioning
Script Writing
Role Playing
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media :
-
Gambar-gambar tentang greeting, leave taking/parting,
thanking/gratitude, apologizing/sorry
-
Video-video tentang greeting, leave taking/parting,
thanking/gratitude, apologizing/sorry
-
Script-script percakapan tentang greeting,
leave taking/parting, thanking/gratitude, apologizing/sorry
-
Script-script percakapan untuk kegiatan Cloze
Peer Dictation
-
The
Table of Expressions and Responses
-
PowerPoint slide
-
LKS / Quiz
Alat :
-
Laptop
-
LCD Projector
-
Papan tulis
-
Boardmarker
Bahan :
-
Alat tulis
-
Buku tulis
-
Kertas HVS
-
Kertas buffalo
Sumber Belajar :
- Kemendikbud. 2013. When English Rings a Bell VII. Jakarta:
Kemendikbud.
-
Kamus Bahasa Inggris : Echols, John
M. dan Hassan Shadily. 2007. An English – Indonesian Dictionary. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama.
- www.youtube.com (diakses pada tanggal
12 April 2017 jam 10.00 WIB).
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
1
No.
|
Aktifitas
|
||
Guru
|
Peserta
Didik
|
||
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Mengecek kesiapan siswa
dalam menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis
- Berdo’a bersama
- Memberi salam dan bertegur sapa
- Mengabsen siswa
- Apersepsi (membangun hasrat belajar siswa) tentang materi yang akan
dibahas pada pertemuan ini dan meminta siswa untuk memperhatikan
gambar-gambar yang relevan dengan perintah:
- Look at the pictures,
please!
- What do you think of the
pictures?
-
Memberikan instruksi untuk membentuk pasangan
-
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
-
Menjelaskan bahwa pada pertemuan kali ini
akan diadakan kegiatan CLOZE-PEER DICTATION
|
-
Memperhatikan guru
-
Berdoa bersama
-
Menjawab salam dan sapa
-
Merespon absensi
-
Merespon pertanyaan guru
-
Melakukan instruksi guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
2.
|
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati & Menanya
-
Menampilkan beberapa gambar yang berisikan tentang ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya masing-masing.
-
Memutar sebuah CONVERSATION VIDEO 1-2 yang berisikan tentang ungkapan
menyapa dan
menanyakan kabar serta responnya masing-masing.
-
Menampilkan CONVERSATION SCRIPT1-2 dan
membacakannya
-
Mengajak siswa untuk melafalkan pronunciation
kata-kata yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT1-2 tersebut dengan cara
meminta siswa untuk menirukan apa yang dibacakan oleh guru
-
Menjelaskan aturan main game yang pertama, yaitu
CLOZE-PEER DICTATION secara berpasangan (di mana salah satu siswa
menjadi The Writer dan satu siswa yang lain menjadi The Dictator)
-
Meminta salah satu pasangan sebagai model
pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION
-
Melaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
-
Mengajak para siswa untuk mengecek hasil
pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION dari masing-masing pasangan dan
menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
Mengumpulkan Informasi
-
Mengajak para siswa untuk menelaah struktur
teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial yang terdapat dalam CONVERSATION
SCRIPT 1-2 tersebut.
-
Mengajak para siswa untuk mengerjakan Quiz 1-2
|
-
Memperhatikan gambar
-
Memperhatikan video
-
Memperhatikan bacaan guru
-
Menirukan ucapan guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
-
Memperhatikan model
-
Melaksanakan game
-
Mengecek hasil CLOZE-PEER DICTATION
-
Menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan
fungsi sosial CONVERSATION SCRIPT 1-2
-
Mengerjakan Quiz 1-2
|
|
3.
|
Kegiatan Penutup (15 menit)
-
Memandu para siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas
-
Memandu pemajangan hasil karya siswa dan memberi tanda check list (Ö) pada daftar KD dan IPK yang sudah selesai
dibahas
-
Memberikan Penugasan Terstruktur (PT) untuk mencari berbagai gambar
dan CONVERSATION
SCRIPT dari
berbagai sumber
-
Menyampaikan bahwa pada pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
|
-
Membuat kesimpulan
-
Memajang hasil karya
-
Mencatat Penugasan Terstruktur (PT)
-
Memperhatikan penjelasan guru
|
Pertemuan
2
No.
|
Aktifitas
|
||
Guru
|
Peserta
Didik
|
||
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Mengecek kesiapan siswa
dalam menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis
- Berdo’a bersama
- Memberi salam dan bertegur sapa
- Mengabsen siswa
- Apersepsi (membangun hasrat belajar siswa) tentang materi yang akan
dibahas pada pertemuan ini dan meminta siswa untuk memperhatikan
gambar-gambar yang relevan dengan perintah:
- Look at the pictures,
please!
- What do you think of the
pictures?
-
Memberikan instruksi untuk membentuk pasangan
-
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses
pembelajaran
-
Menjelaskan bahwa pada pertemuan kali ini
akan diadakan kegiatan CLOZE-PEER DICTATION
|
-
Memperhatikan guru
-
Berdoa bersama
-
Menjawab salam dan sapa
-
Merespon absensi
-
Merespon pertanyaan guru
-
Melakukan instruksi guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
2.
|
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati & Menanya
-
Menampilkan beberapa gambar yang berisikan tentang ungkapan menanyakan informasi singkat pada orang yang lain dan
berpamitan serta responnya masing-masing.
-
Memutar sebuah CONVERSATION VIDEO 3-4 yang berisikan tentang ungkapan
informasi singkat pada orang yang lain
dan berpamitan serta responnya masing-masing.
-
Menampilkan CONVERSATION SCRIPT3-4 dan
membacakannya
-
Mengajak siswa untuk melafalkan pronunciation kata-kata
yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT3-4 tersebut dengan cara meminta siswa
untuk menirukan apa yang dibacakan oleh guru
-
Menjelaskan aturan main game yang kedua, yaitu CLOZE-PEER
DICTATION secara berpasangan (di mana salah satu siswa menjadi The Writer
dan satu siswa yang lain menjadi The Dictator)
-
Meminta salah satu pasangan sebagai model
pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION
-
Melaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
-
Mengajak para siswa untuk mengecek hasil
pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION dari masing-masing pasangan dan
menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
Mengumpulkan Informasi
-
Mengajak para siswa untuk menelaah struktur
teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial yang terdapat dalam CONVERSATION
SCRIPT 3-4 tersebut.
-
Mengajak para siswa untuk mengerjakan Quiz 3-4
|
-
Memperhatikan gambar
-
Memperhatikan video
-
Memperhatikan bacaan guru
-
Menirukan ucapan guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
-
Memperhatikan model
-
Melaksanakan game
-
Mengecek hasil CLOZE-PEER DICTATION
-
Menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan
fungsi sosial CONVERSATION SCRIPT 3-4
-
Mengerjakan Quiz 3-4
|
|
3.
|
Kegiatan Penutup (10 menit)
-
Memandu para siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas
-
Memandu pemajangan hasil karya siswa dan memberi tanda check list (Ö) pada daftar KD dan IPK yang sudah selesai
dibahas
-
Memberikan Penugasan Terstruktur (PT) untuk mencari berbagai gambar
dan CONVERSATION
SCRIPT dari
berbagai sumber
-
Menyampaikan bahwa pada pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
|
-
Membuat kesimpulan
-
Memajang hasil karya
-
Mencatat Penugasan Terstruktur (PT)
-
Memperhatikan penjelasan guru
|
Pertemuan
3
No.
|
Aktifitas
|
||
Guru
|
Peserta
Didik
|
||
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Mengecek kesiapan siswa
dalam menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis
- Berdo’a bersama
- Memberi salam dan bertegur sapa
- Mengabsen siswa
- Apersepsi (membangun hasrat belajar siswa) tentang materi yang akan
dibahas pada pertemuan ini dan meminta siswa untuk memperhatikan
gambar-gambar yang relevan dengan perintah:
- Look at the pictures,
please!
- What do you think of the
pictures?
-
Memberikan instruksi untuk membentuk kelompok
masing-masing 4 orang dengan sistem (2 upper boys + 2 lower girls) dan (2
upper girls + 2 lower boys)
-
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses
pembelajaran
-
Menjelaskan bahwa pada pertemuan kali ini
akan diadakan kegiatan CLOZE-PEER DICTATION
|
-
Memperhatikan guru
-
Berdoa bersama
-
Menjawab salam dan sapa
-
Merespon absensi
-
Merespon pertanyaan guru
-
Melakukan instruksi guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
2.
|
Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati & Menanya
-
Menampilkan beberapa gambar yang berisikan tentang ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya masing-masing.
-
Memutar sebuah CONVERSATION VIDEO 5-6 yang berisikan tentang ungkapan
berterima kasih dan meminta maaf serta
responnya masing-masing.
-
Menampilkan CONVERSATION SCRIPT5-6 dan
membacakannya
-
Mengajak siswa untuk melafalkan pronunciation
kata-kata yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT5-6 tersebut dengan cara
meminta siswa untuk menirukan apa yang dibacakan oleh guru
-
Menjelaskan aturan main game yang keempat, yaitu
CLOZE-PEER DICTATION secara berkelompok (di mana salah satu siswa
menjadi The Dictator dan siswa yang lain menjadi The Writers)
-
Meminta salah satu kelompok sebagai model
pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION
-
Melaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
-
Mengajak para siswa untuk mengecek hasil
pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION dari masing-masing kelompok dan
menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
Mengumpulkan Informasi
-
Mengajak para siswa untuk menelaah struktur
teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial yang terdapat dalam CONVERSATION
SCRIPT 5-6 tersebut.
-
Mengajak para siswa untuk mengerjakan Quiz 5-6
|
-
Memperhatikan gambar
-
Memperhatikan video
-
Memperhatikan bacaan guru
-
Menirukan ucapan guru
-
Memperhatikan penjelasan guru
-
Memperhatikan model
-
Melaksanakan game
-
Mengecek hasil CLOZE-PEER DICTATION
-
Menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan
fungsi sosial CONVERSATION SCRIPT 5-6
-
Mengerjakan Quiz 5-6
|
|
3.
|
Kegiatan Penutup (10 menit)
-
Memandu para siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas
-
Memandu pemajangan hasil karya siswa dan memberi tanda check list (Ö) pada daftar KD dan IPK yang sudah selesai
dibahas
-
Memberikan Penugasan Terstruktur (PT) untuk mencari berbagai gambar
dan CONVERSATION
SCRIPT dari
berbagai sumber
-
Menyampaikan bahwa pada pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
|
-
Membuat kesimpulan
-
Memajang hasil karya
-
Mencatat Penugasan Terstruktur (PT)
-
Memperhatikan penjelasan guru
|
H.
Penilaian
1. Penilaian
Kompetensi Sikap Spiritual
a. Teknik
Penilaian : Pengamatan
b. Bentuk
Penilaian : Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
c. Instrumen
Penilaian :
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Selama Proses Pembelajaran
Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran :
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
Dst.
|
|
|
|
2. Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
a. Teknik
Penilaian : Pengamatan
b. Bentuk
Penilaian : Jurnal Perkembangan SikapSosial
c. Instrumen
Penilaian :
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial Selama
Proses Pembelajaran
Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran :
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
Dst.
|
|
|
|
3.1. Penilaian
Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik
Penilaian : Tertulis
b. Bentuk
Penilaian : Pilihan Ganda
c. Instrumen
Penilaian : terlampir
3.2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik Penilaian : Tertulis
b. Bentuk
Penilaian : Jawaban Singkat
c. Instrumen
Penilaian : Terlampir
4.1. Penilaian
Kompetensi Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Tertulis
b. Bentuk Penilaian : Kinerja (Produk)
c. Instrumen
Penilaian : Terlampir
4.2. Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Lisan
b. Bentuk Penilaian : Kinerja (Proses/Praktik)
c. Instrumen
Penilaian : Terlampir
Mengetahui, Soko, 17 Juli 2017
Kepala SMP Negeri 2 Soko Guru
Mapel
HERI KUSTOMO, M.Pd NOVA SRIWINARNI, S.Pd
Pembina Tk. I NIP.19791130
200801 2 022
NIP. 19710520 199802 1 003
LAMPIRAN
STUDENT’S WORKSHEET
Contoh Materi:
Greeting
|
Response
|
Hi!
|
Hi!
|
Hello!
|
Hello!
|
Good morning!
|
Good morning!
|
Good afternoon!
|
Good afternoon!
|
Good evening!
|
Good evening!
|
How do you do!
|
How do you do!
|
How are you?
|
I’m fine, thanks! And you?
|
How are you doing?
|
Very well, thanks! And you?
|
How’s life?
|
Fine, thanks! And you?
|
How’s everything with you?
|
Very good, thanks! And you?
|
Are you okay?
|
Yes, I am okay! And you?
|
Leave Taking / Parting
|
Response
|
Nice to meet you!
|
Nice to meet you too!
|
(It’s) Nice to meet you!
|
(It’s) Nice to meet you too!
|
Glad to see you!
|
Glad to see you too!
|
(It’s) Glad to see you!
|
(It’s) Glad to see you too!
|
I think it’s time for me to go!
|
Okay!
|
I’m sorry for leaving you!
|
That’s okay!
|
See you again!
|
See you too!
|
See you tomorrow!
|
See you too!
|
See you soon!
|
See you too!
|
See you later!
|
See you too!
|
Bye!
|
Bye!
|
Good bye!
|
Good bye!
|
So long!
|
So long!
|
Take care!
|
Take care!
|
Thanking / Gratitude
|
Response
|
Thank you!
|
You’re welcome!
|
Thank you very much!
|
You are welcome!
|
Thank you so much!
|
Don’t mention it!
|
Thanks!
|
My pleasure!
|
Thanks a lot!
|
Not at all!
|
You’re so kind/nice!
|
Anytime!
|
It’s very kind/nice of you!
|
It’s nothing!
|
Thanks for your kindness!
|
That’s nothing!
|
Please accept my gratitude!
|
It’s okay!
|
Apologizing / Sorry
|
Response
|
Sorry!
|
No problem!
|
I’m sorry!
|
Never mind!
|
I’m really sorry!
|
That’s okay!
|
I’m so sorry!
|
It’s okay!
|
Please forgive me!
|
That’s alright!
|
I do apologize!
|
It’s alright!
|
Please accept my apology!
|
Forget it!
|
Sorry about that!
|
Don’t worry about that!
|
Pardon me! I didn’t hear you.
|
Yes, what can I do for you?
|
I beg your pardon! Could you repeat, please?
|
Yes, may I help you?
|
Excuse me, please!
|
Yes, please!
|
SCRIPT 1:
One
morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian
are classmates. They study in Class 7-A.
Andy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy : How are you today?
Brian : I’m fine, thanks! And you?
Andy : I’m fine too, thanks!
Brian,
please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian : Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy : But I bring something for you! Taaraa … this
is for you! Here you are!
Brian : Wow, that’s very nice of you! Thank you very
much, Andy!
Andy : It’s nothing, don’t mention it!
Then,
Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile
knows Andy but she doesn’t know Brian.
Cecile : Hi, Andy! Good morning!
Andy : Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile : How are you doing?
Andy : Very well, thanks! And you?
Cecile : Me too, thanks!
By
the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you.
Here you are!
Andy : You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile : But please accept my apology because I think I
give it back too late!
Andy : Oh, no problem, Cecile! Forget it!
Anyway,
Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this
is Cecile!
Cecile : Hi, Brian! How do you do!
Brian : Hello, Cecile! How do you do!
Cecile,
I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile : Pardon me, could you repeat, please?
Brian : I mean, where is your class?
Cecile : Oh, my class is 7-H. It is at the backside of
the school.
Brian : Oh, I see.
Cecile : Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time
for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Cecile : Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Nice to meet you too, Cecile!
Cecile : See you again!
Andy & Brian : See you too!
Cecile : Bye-bye!
Andy & Brian : Bye!
Then,
Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy
knows Brian but she doesn’t know Andy.
Daisy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy : How’s life?
Brian : Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy : Me too, thanks!
Anyway,
Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian : That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy : But I do apologize for coming too late
yesterday night!
Brian : Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about
that!
Anyway,
Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is
Daisy!
Daisy : Hi, Andy! How do you do!
Andy : Hello, Daisy! How do you do!
Daisy,
could you tell me where do you come from?
Daisy : I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy : I mean, where is your address?
Daisy : Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street,
Pasuruan.
Andy : Oh, I see.
Daisy : Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s
time for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Daisy : Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Glad to see you too, Daisy!
Daisy : See you later!
Andy & Brian : See you too!
Daisy : So long!
Andy & Brian : So long!
Materi Pembelajaran Remedial
(optional / boleh dicantumkan boleh tidak)
Materi pembelajaran remedial berisikan tugas untuk mengklasifikasikan
ungkapan-ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih,
meminta maaf, dan responnya masing-masing dalam bentuk
script yang lebih sederhana / lebih pendek dari materi pokok.
Materi Pembelajaran
Pengayaan (optional / boleh dicantumkan boleh tidak)
Materi pembelajaran pengayaan berisikan tugas untuk mengklasifikasikan dan
menterjemahkan ungkapan-ungkapan menyapa,
berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan responnya
masing-masing dalam bentuk script yang lebih rumit / lebih panjang dari materi
pokok.
Lampiran Penilaian kompetensi
pengetahuan
Read Script 1 to answer questions No. 1-5!
SCRIPT 1:
One
morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian
are classmates. They study in Class 7-A.
Andy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy : How are you today?
Brian : I’m fine, thanks! And you?
Andy : I’m fine too, thanks!
Brian,
please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian : Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy : But I bring something for you! Taaraa … this
is for you! Here you are!
Brian : Wow, that’s very nice of you! Thank you very
much, Andy!
Andy : It’s nothing, don’t mention it!
Then,
Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile
knows Andy but she doesn’t know Brian.
Cecile : Hi, Andy! Good morning!
Andy : Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile : How are you doing?
Andy : Very well, thanks! And you?
Cecile : Me too, thanks!
By
the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you.
Here you are!
Andy : You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile : But please accept my apology because I think I
give it back too late!
Andy : Oh, no problem, Cecile! Forget it!
Anyway,
Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this
is Cecile!
Cecile : Hi, Brian! How do you do!
Brian : Hello, Cecile! How do you do!
Cecile,
I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile : Pardon me, could you repeat, please?
Brian : I mean, where is your class?
Cecile : Oh, my class is 7-H. It is at the backside of
the school. It is far from your class.
Brian : Oh, I see.
Cecile : Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time
for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Cecile : Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Nice to meet you too, Cecile!
Cecile : See you again!
Andy & Brian : See you too!
Cecile : Bye-bye!
Andy & Brian : Bye!
Then,
Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy
knows Brian but she doesn’t know Andy.
Daisy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy : How’s life?
Brian : Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy : Me too, thanks!
Anyway,
Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian : That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy : But I do apologize for coming too late
yesterday night!
Brian : Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about
that!
Anyway,
Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is
Daisy!
Daisy : Hi, Andy! How do you do!
Andy : Hello, Daisy! How do you do!
Daisy,
could you tell me where do you come from?
Daisy : I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy : I mean, where is your address?
Daisy : Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street,
Pasuruan.
Andy : Oh, I see.
Daisy : Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s
time for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Daisy : Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Glad to see you too, Daisy!
Daisy : See you later!
Andy & Brian : See you too!
Daisy : So long!
Andy & Brian : So long!
Level : C1 (Mengetahui)
Indikator : Disajikan
sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking,
thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat
dengan benar dan tepat
Skor : Benar : 5
Salah : 0
1. How
many students are there in the text?
a. 4 b. 5 c. 6 d. 7
Level : C3 (Menerapkan)
Indikator : Disajikan
sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking,
thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan makna kata dengan benar
dan tepat
Skor : Benar : 5
Salah : 0
2. The
word “classmates” means ....
a. close friends
b. students who study in a same class
c. students who study in a same school
d. friends
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Disajikan
sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking, thanking/gratitude
and apology, siswa dapat menentukan informasi tersirat dengan benar dan tepat
Skor : Benar : 5
Salah : 0
3. Why
does Brian never see Cecile?
a. Because they study in a same class.
b. Because they study in a different class.
c. Because their classes are near.
d. Because their classes are far away.
Level : C2 (Memahami)
Indikator : Disajikan
sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking,
thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan informasi tersurat
dengan benar dan tepat
Skor : Benar : 5
Salah : 0
4. What
does Andy want to know from Daisy?
a. His hobby.
b. His class.
c. His home.
d. His school.
Level : C5 (Mengevaluasi)
Indikator : Disajikan
sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking,
thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat
dengan benar dan tepat
Skor : Benar : 5
Salah : 0
5. What
is your opinion about the size the school?
a. Wide. b. Small. c. Narrow. d. High.
KUNCI JAWABAN:
1. A
2. B
3. D
4. C
5. A
d. Rubrik Penilaian :
Skor : Benar : 5
Salah : 0
e. Pedoman Penskoran :
Skor Akhir = Nilai
yang Diperoleh x 100
25
f. Predikat : dengan KKM 71
PENGETAHUAN
|
|
SKOR RERATA
|
PREDIKAT
|
91 ≥ x ≥ 100
|
A
(Sangat Baik)
|
81 ≥ x ≥ 90
|
B
(Baik)
|
71 ≥ x ≥ 80
|
C
(Cukup)
|
0 ≥ x ≥ 70
|
D
(Kurang)
|
Lampiran instrumen Penilaian pengetahuan
Read Script 1 to answer questions No. 1-8!
SCRIPT 1:
One
morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian
are classmates. They study in Class 7-A.
Andy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy : How are you today?
Brian : I’m fine, thanks! And you?
Andy : I’m fine too, thanks!
Brian,
please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian : Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy : But I bring something for you! Taaraa … this
is for you! Here you are!
Brian : Wow, that’s very nice of you! Thank you very
much, Andy!
Andy : It’s nothing, don’t mention it!
Then,
Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile
knows Andy but she doesn’t know Brian.
Cecile : Hi, Andy! Good morning!
Andy : Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile : How are you doing?
Andy : Very well, thanks! And you?
Cecile : Me too, thanks!
By
the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you.
Here you are!
Andy : You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile : But please accept my apology because I think I
give it back too late!
Andy : Oh, no problem, Cecile! Forget it!
Anyway,
Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this
is Cecile!
Cecile : Hi, Brian! How do you do!
Brian : Hello, Cecile! How do you do!
Cecile,
I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile : Pardon me, could you repeat, please?
Brian : I mean, where is your class?
Cecile : Oh, my class is 7-H. It is at the backside of
the school. It is far from your class.
Brian : Oh, I see.
Cecile : Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time
for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Cecile : Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Nice to meet you too, Cecile!
Cecile : See you again!
Andy & Brian : See you too!
Cecile : Bye-bye!
Andy & Brian : Bye!
Then,
Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy
knows Brian but she doesn’t know Andy.
Daisy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy : How’s life?
Brian : Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy : Me too, thanks!
Anyway,
Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian : That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy : But I do apologize for coming too late
yesterday night!
Brian : Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about
that!
Anyway,
Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is
Daisy!
Daisy : Hi, Andy! How do you do!
Andy : Hello, Daisy! How do you do!
Daisy,
could you tell me where do you come from?
Daisy : I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy : I mean, where is your address?
Daisy : Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street,
Pasuruan.
Andy : Oh, I see.
Daisy : Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s
time for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Daisy : Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Glad to see you too, Daisy!
Daisy : See you later!
Andy & Brian : See you too!
Daisy : So long!
Andy & Brian : So long!
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Informasi rinci tersurat
Skor : Sangat benar dan sempurna : 10 (5 jawaban)
Benar
dan sempurna : 8 (4
jawaban)
Cukup
benar dan sempurna : 6 (3
jawaban)
Kurang
benar dan sempurna : 4 (2
jawaban)
Salah : 2 (1
jawaban)
Kosong : 0 (0
jawaban)
1. Mention
the expressions of greeting in the text above! (Minimum 5 expressions)
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Informasi rinci tersurat
Skor : Sangat benar dan sempurna : 10 (5 jawaban)
Benar
dan sempurna : 8 (4
jawaban)
Cukup
benar dan sempurna : 6 (3
jawaban)
Kurang
benar dan sempurna : 4 (2
jawaban)
Salah : 2 (1
jawaban)
Kosong : 0 (0
jawaban)
2. Mention
the responses of greeting in the text above! (Minimum 5 expressions)
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Informasi rinci tersurat
Skor : Sangat benar dan sempurna : 10 (5 jawaban)
Benar
dan sempurna : 8 (4
jawaban)
Cukup
benar dan sempurna : 6 (3
jawaban)
Kurang
benar dan sempurna : 4 (2
jawaban)
Salah : 2 (1
jawaban)
Kosong : 0 (0
jawaban)
3. Mention
the expressions of leave taking / parting in the text above! (Minimum 5
expressions)
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Informasi rinci tersurat
Skor : Sangat benar dan sempurna : 10 (5 jawaban)
Benar
dan sempurna : 8 (4
jawaban)
Cukup
benar dan sempurna : 6 (3
jawaban)
Kurang
benar dan sempurna : 4 (2
jawaban)
Salah : 2 (1
jawaban)
Kosong : 0 (0
jawaban)
4. Mention
the responses of leave taking / parting in the text above! (Minimum 5
expressions)
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Informasi rinci tersurat
Skor : Sangat benar dan sempurna : 10 (5 jawaban)
Benar
dan sempurna : 8 (4
jawaban)
Cukup
benar dan sempurna : 6 (3
jawaban)
Kurang
benar dan sempurna : 4 (2
jawaban)
Salah : 2 (1
jawaban)
Kosong : 0 (0
jawaban)
5. Mention
the expressions of thanking / gratitude in the text above! (Minimum 5
expressions)
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Informasi rinci tersurat
Skor : Sangat benar dan sempurna : 10 (5 jawaban)
Benar
dan sempurna : 8 (4
jawaban)
Cukup
benar dan sempurna : 6 (3
jawaban)
Kurang
benar dan sempurna : 4 (2
jawaban)
Salah : 2 (1
jawaban)
Kosong : 0 (0
jawaban)
6. Mention
the responses of thanking / gratitude in the text above! (Minimum 5 expressions)
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Informasi rinci tersurat
Skor : Sangat benar dan sempurna : 10 (5 jawaban)
Benar
dan sempurna : 8 (4
jawaban)
Cukup
benar dan sempurna : 6 (3
jawaban)
Kurang
benar dan sempurna : 4 (2
jawaban)
Salah : 2 (1
jawaban)
Kosong : 0 (0
jawaban)
7. Mention
the expressions of apologizing / sorry in the text above! (Minimum 5
expressions)
Level : C4 (Menganalisis)
Indikator : Informasi rinci tersurat
Skor : Sangat benar dan sempurna : 10 (5 jawaban)
Benar
dan sempurna : 8 (4
jawaban)
Cukup
benar dan sempurna : 6 (3
jawaban)
Kurang
benar dan sempurna : 4 (2
jawaban)
Salah : 2 (1
jawaban)
Kosong : 0 (0
jawaban)
8. Mention
the responses of apologizing / sorry in the text above! (Minimum 5 expressions)
d. Rubrik Penilaian :
”Sesuai dengan
kriteria penskoran di atas”
e. Pedoman Penskoran :
Skor Akhir = Nilai yang
Diperoleh x 100
80
f. Predikat : dengan KKM 71
PENGETAHUAN
|
|
SKOR RERATA
|
PREDIKAT
|
91 ≥ x ≥ 100
|
A
(Sangat Baik)
|
81 ≥ x ≥ 90
|
B
(Baik)
|
71 ≥ x ≥ 80
|
C
(Cukup)
|
0 ≥ x ≥ 70
|
D
(Kurang)
|
Lampiran penilaian kompetensi Ketrampilan
Penilaian Kinerja (Produk) “Script Writing
– I Am a Script Writer”
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah
Total
|
||||
Coherence
|
Accuracy
|
Grammar
|
Diction
|
Mechanics
|
|||
(0-25)
|
(0-25)
|
(0-25)
|
(0-15)
|
(0-10)
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
d. Rubrik
Penilaian :
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Bobot
|
Deskripsi
|
1
|
Coherence
|
21-25
|
Keseluruhan
ungkapan dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah
dialog
|
16-20
|
Sebagian besar
ungkapan dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah
dialog
|
||
11-15
|
Sebagian ungkapan
dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah dialog
|
||
6-10
|
Hanya sebagian
kecil ungkapan dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai
sebuah dialog
|
||
0-5
|
Tidak ada ungkapan
dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah dialog
|
||
|
|||
2
|
Accuracy
|
21-25
|
Keseluruhan
ungkapan dan responnya dipasangkan secara tepat dan bermakna
|
16-20
|
Sebagian besar
ungkapan dan responnya dipasangkan secara tepat dan bermakna
|
||
11-15
|
Sebagian ungkapan
dan responnya dipasangkan secara tepat dan bermakna
|
||
6-10
|
Sebagian kecil
ungkapan dan responnya dipasangkan secara tepat dan bermakna
|
||
0-5
|
Tidak ada ungkapan
dan responnya yang dipasangkan secara tepat dan bermakna
|
||
|
|||
3
|
Grammar
|
21-25
|
Keseluruhan
ungkapan dan responnya ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar
dan tepat
|
16-20
|
Sebagian besar
ungkapan dan responnya ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar
dan tepat
|
||
11-15
|
Sebagian ungkapan
dan responnya ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar dan
tepat
|
||
6-10
|
Sebagian kecil
ungkapan dan responnya ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar
dan tepat
|
||
0-5
|
Tidak ada ungkapan
dan responnya yang ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar dan
tepat
|
||
|
|||
4
|
Dictions
|
13-15
|
Keseluruhan
ungkapan dan responnya ditulis dengan bervariasi (tidak ada yang
diulang-ulang)
|
10-12
|
Sebagian besar
ungkapan dan responnya ditulis dengan bervariasi (hanya sedikit yang
diulang-ulang)
|
||
7-9
|
Sebagian ungkapan
dan responnya ditulis dengan bervariasi (ada yang diulang-ulang)
|
||
4-6
|
Sebagian kecil
ungkapan dan responnya ditulis dengan bervariasi (banyak yang diulang-ulang)
|
||
0-3
|
Tidak ada ungkapan
dan responnya yang ditulis dengan bervariasi (semuanya diulang-ulang)
|
||
|
|||
5
|
Mechanics
|
9-10
|
Tidak ada kesalahan
penulisan tanda baca
|
7-8
|
Ada sedikit
kesalahan penulisan tanda baca
|
||
5-6
|
Ada kesalahan
penulisan tanda baca
|
||
3-4
|
Cukup banyak
kesalahan penulisan tanda baca
|
||
1-2
|
Banyak kesalahan
penulisan tanda baca
|
e. Pedoman Penskoran :
Skor Akhir = Nilai yang
Diperoleh
f. Predikat : dengan KKM 71
PENGETAHUAN
|
|
SKOR RERATA
|
PREDIKAT
|
91 ≥ x ≥ 100
|
A
(Sangat Baik)
|
81 ≥ x ≥ 90
|
B
(Baik)
|
71 ≥ x ≥ 80
|
C
(Cukup)
|
0 ≥ x ≥ 70
|
D
(Kurang)
|
Lampiran Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian Kinerja (Proses/Praktik) “Role Playing – I Am
an Actor”
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Keterampilan yang Dinilai
|
Jumlah
Total
|
|||
Pronunciation
|
Intonation
|
Fluency
|
Performance
|
|||
(0-25)
|
(0-25)
|
(0-25)
|
(0-25)
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
d. Rubrik Penilaian :
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Bobot
|
Deskripsi
|
||
1
|
Pronunciation
|
21-25
|
Keseluruhan
ungkapan dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah
British / American English
|
||
16-20
|
Sebagian besar
ungkapan dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah
British / American English
|
||||
11-15
|
Sebagian ungkapan
dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah British /
American English
|
||||
6-10
|
Sebagian kecil
ungkapan dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah
British / American English
|
||||
0-5
|
Tidak ada ungkapan
dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah British /
American English
|
||||
|
|||||
2
|
Intonation
|
21-25
|
Keseluruhan
ungkapan dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami
sesuai kaidah British / American English
|
||
16-20
|
Sebagian besar
ungkapan dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami
sesuai kaidah British / American English
|
||||
11-15
|
Sebagian ungkapan
dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami sesuai kaidah
British / American English
|
||||
6-10
|
Sebagian kecil
ungkapan dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami
sesuai kaidah British / American English
|
||||
0-5
|
Tidak ada ungkapan
dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami kaidah British
/ American English
|
||||
|
|||||
3
|
Fluency
|
21-25
|
Keseluruhan
ungkapan dan responnya diucapkan dengan lancar (tidak pernah terputus-putus)
|
||
16-20
|
Sebagian besar
ungkapan dan responnya diucapkan dengan lancar (jarang terputus-putus)
|
||||
11-15
|
Sebagian ungkapan
dan responnya diucapkan dengan lancar (kadang-kadang terputus-putus)
|
||||
6-10
|
Sebagian kecil
ungkapan dan responnya diucapkan dengan lancar (sering terputus-putus)
|
||||
0-5
|
Tidak ada ungkapan
dan responnya diucapkan dengan lancar (selalu terputus-putus)
|
||||
|
|||||
4
|
Performance
|
21-25
|
Keseluruhan
ungkapan dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik
wajah yang alami
|
||
16-20
|
Sebagian besar
ungkapan dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik
wajah yang alami
|
||||
11-15
|
Sebagian ungkapan
dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik wajah yang
alami
|
||||
6-10
|
Sebagian kecil
ungkapan dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik
wajah yang alami
|
||||
0-5
|
Tidak ada ungkapan
dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik wajah yang
alami
|
||||
e. Pedoman Penskoran :
Skor Akhir = Nilai yang
Diperoleh
f. Predikat : dengan KKM 71
PENGETAHUAN
|
|
SKOR RERATA
|
PREDIKAT
|
91 ≥ x ≥ 100
|
A
(Sangat Baik)
|
81 ≥ x ≥ 90
|
B
(Baik)
|
71 ≥ x ≥ 80
|
C
(Cukup)
|
0 ≥ x ≥ 70
|
D
(Kurang)
|
5. Pembelajaran
Remedial
a. Pembelajaran remedial (remedial teaching) diberikan kepada siswa
yang mendapatkan nilai di bawah KKM, baik secara klasikal maupun individual.
b. Pembelajaran remedial (remedial teaching) dilaksanakan segera
setelah kegiatan pembelajaran pada seluruh pertemuan selesai dilaksanakan.
c. Materi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran remedial
(remedial teaching) sesuai dengan tema yang diajarkan dalam seluruh pertemuan,
namun dengan grade yang lebih rendah.
d. Penilaian remedial (remedial test) dilaksanakan segera setelah
kegiatan pembelajaran remedial (remedial teaching) selesai dilaksanakan.
e. Apabila nilai yang didapatkan oleh siswa dalam penilaian remedial
(remedial test) lebih tinggi dari KKM, maka yang diambil sebagai nilai adalah
nilai KKM yang berlaku.
Mention
the expressions of greeting, leave taking, thanking / gratitude and apology in
the text below!
SCRIPT 1:
One
morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian
are classmates. They study in Class 7-A.
Andy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy : How are you today?
Brian : I’m fine, thanks! And you?
Andy : I’m fine too, thanks!
Brian,
please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian : Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy : But I bring something for you! Taaraa … this
is for you! Here you are!
Brian : Wow, that’s very nice of you! Thank you very
much, Andy!
Andy : It’s nothing, don’t mention it!
Then,
Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile
knows Andy but she doesn’t know Brian.
Cecile : Hi, Andy! Good morning!
Andy : Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile : How are you doing?
Andy : Very well, thanks! And you?
Cecile : Me too, thanks!
By
the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you.
Here you are!
Andy : You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile : But please accept my apology because I think I
give it back too late!
Andy : Oh, no problem, Cecile! Forget it!
Anyway,
Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this
is Cecile!
Cecile : Hi, Brian! How do you do!
Brian : Hello, Cecile! How do you do!
Cecile,
I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile : Pardon me, could you repeat, please?
Brian : I mean, where is your class?
Cecile : Oh, my class is 7-H. It is at the backside of
the school. It is far from your class.
Brian : Oh, I see.
Cecile : Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time
for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Cecile : Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Nice to meet you too, Cecile!
Cecile : See you again!
Andy & Brian : See you too!
Cecile : Bye-bye!
Andy & Brian : Bye!
Then,
Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy
knows Brian but she doesn’t know Andy.
Daisy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy : How’s life?
Brian : Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy : Me too, thanks!
Anyway,
Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian : That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy : But I do apologize for coming too late
yesterday night!
Brian : Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about
that!
Anyway,
Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is
Daisy!
Daisy : Hi, Andy! How do you do!
Andy : Hello, Daisy! How do you do!
Daisy,
could you tell me where do you come from?
Daisy : I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy : I mean, where is your address?
Daisy : Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street,
Pasuruan.
Andy : Oh, I see.
Daisy : Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s
time for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Daisy : Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Glad to see you too, Daisy!
Daisy : See you later!
Andy & Brian : See you too!
Daisy : So long!
Andy & Brian : So long!
6. Pembelajaran
Pengayaan
a. Pembelajaran pengayaan (enrichment teaching) diberikan kepada
siswa yang mendapatkan nilai jauh di atas KKM, baik secara klasikal maupun
individual.
b. Pembelajaran pengayaan (enrichment teaching) dilaksanakan segera
setelah kegiatan pembelajaran pada seluruh pertemuan selesai dilaksanakan.
c. Materi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran pengayaan
(enrichment teaching) sesuai dengan tema yang diajarkan dalam seluruh
pertemuan, namun dengan grade yang lebih tinggi.
d. Penilaian pengayaan (enrichment test) dilaksanakan segera setelah
kegiatan pembelajaran remedial (remedial teaching) selesai dilaksanakan.
e. Apabila nilai yang didapatkan oleh siswa dalam penilaian
pengayaan (enrichment test) lebih tinggi dari nilai aslinya, maka yang diambil
sebagai nilai yang lebih tinggi.
Mention
the expressions of greeting, leave taking, thanking / gratitude and apology in
the text below and translate into Indonesian!
SCRIPT 1:
One
morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian
are classmates. They study in Class 7-A.
Andy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy : How are you today?
Brian : I’m fine, thanks! And you?
Andy : I’m fine too, thanks!
Brian,
please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian : Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy : But I bring something for you! Taaraa … this
is for you! Here you are!
Brian : Wow, that’s very nice of you! Thank you very
much, Andy!
Andy : It’s nothing, don’t mention it!
Then,
Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile
knows Andy but she doesn’t know Brian.
Cecile : Hi, Andy! Good morning!
Andy : Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile : How are you doing?
Andy : Very well, thanks! And you?
Cecile : Me too, thanks!
By
the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you.
Here you are!
Andy : You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile : But please accept my apology because I think I
give it back too late!
Andy : Oh, no problem, Cecile! Forget it!
Anyway,
Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this
is Cecile!
Cecile : Hi, Brian! How do you do!
Brian : Hello, Cecile! How do you do!
Cecile,
I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile : Pardon me, could you repeat, please?
Brian : I mean, where is your class?
Cecile : Oh, my class is 7-H. It is at the backside of
the school. It is far from your class.
Brian : Oh, I see.
Cecile : Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time
for me to go to my class!
Andy & Brian : Oh, yes, please!
Cecile : Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian : Nice to meet you too, Cecile!
Cecile : See you again!
Andy & Brian : See you too!
Cecile : Bye-bye!
Andy & Brian : Bye!
Then,
Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy
knows Brian but she doesn’t know Andy.
Daisy : Hi, Brian! Good morning!
Brian : Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy : How’s life?
Brian : Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy : Me too, thanks!
Anyway,
Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian : That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy : But I do apologize for coming too late
yesterday night!
Brian : Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about
that!
Anyway,
Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is
Daisy!
Daisy : Hi, Andy! How do you do!
Andy : Hello, Daisy! How do you do!
Daisy,
could you tell me where do you come from?
Daisy : I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy : I mean, where is your address?
Daisy : Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street,
Pasuruan.
Andy : Oh, I see.
Daisy : Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s
time for me to go to my class!
Andy & Brian :Oh,
yes, please!
Daisy : Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian :Glad
to see you too, Daisy!
Daisy : See you later!
Andy & Brian :See
you too!
Daisy : So long!
Andy & Brian :So
long!
Good
BalasHapusterima kasih, sangat bagus :)
BalasHapus