Rabu, 13 September 2017

RPP KELAS 7 kurikulum 2013 KD 3.1

RPP ini semoga bermanfaat bagi guru - guru yang mengajar kelas 7 yang menggunakan kurikulum 2013, silahkan diadaptasi sesuai dengan kondisi sekolah masing masing
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                Sekolah                :   SMP Negeri 2 Soko
                                Mata Pelajaran    :   Bahasa Inggris
                                Tema                    :   Interpersonal
                                Sub Tema            :   Greeting, Parting, Thanking, Apologizing
                                Kelas / Semester :   VII / 1
                                Alokasi Waktu     :   12 JP x 40 menit ( 3 x pertemuan)

A.   Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.1.1      Mengidentifikasi cara pelafalan (pronunciation), nada dalam pengucapan (intonation) dan cara penulisan/pengejaan (spelling) dalam berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing secara lisan (listening dictation)
3.1.2      Menyimpulkan fungsi sosial (social function/purpose) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
3.1.3      Merinci susunan struktur teks (generic structure) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
3.1.4      Menyebutkan unsur-unsur kebahasaan (language features) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
3.1.5      Mengelompokkan jenis-jenis ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
3.1.6      Mengidentifikasi makna eksplisit (tersurat) dan implisit (tersirat) yang terdapat dalam teks yang berisikan berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing baik secara lisan (listening comprehension) maupun tulis (reading comprehension)
4.1     Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 4.1.1     Menulis satu teks yang berisikan berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing dengan menggunakan kaidah struktur teks (generic structure), unsur-unsur kebahasaan (language features) dan fungsi sosial (social function/purpose), baik secara lisan (speaking atau reading aloud) maupun tulis (writing)
4.1.2      Mempresentasikan satu teks yang berisikan berbagai ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf serta responnya masing-masing yang sudah dibuat dengan menggunakan kaidah struktur teks (generic structure), unsur-unsur kebahasaan (language features) dan fungsi sosial (social function/purpose), baik secara lisan (speaking atau reading aloud) maupun tulis (writing)

Fokus Penguatan Karakter: Disiplin, Percayadiri, Tanggung jawab, peduli, kerjasama

C.   Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat:
1.       Mengidentifikasi cara pelafalan (pronunciation), nada dalam pengucapan (intonation) dan cara penulisan/pengejaan (spelling) dalam berbagai ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan percaya diri.
2.       Menyimpulkan fungsi sosial (social function/purpose) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
3.       Merinci susunan struktur teks (generic structure) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
4.       Menyebutkan unsur-unsur kebahasaan (language features) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
5.       Mengkategorikan jenis-jenis ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.

Pertemuan 2:
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat:
1.       Mengidentifikasi cara pelafalan (pronunciation), nada dalam pengucapan (intonation) dan cara penulisan/pengejaan (spelling) dalam berbagai ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan berpamitan serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan percaya diri.
2.       Menyimpulkan fungsi sosial (social function/purpose) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan berpamitan serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
3.       Merinci susunan struktur teks (generic structure) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan berpamitan serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
4.       Menyebutkan unsur-unsur kebahasaan (language features) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan berpamitan serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
5.       Mengkategorikan jenis-jenis ungkapan menanyakan data pribadi sederhana dan berpamitan serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
Pertemuan 3:
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat:
1.       Mengidentifikasi cara pelafalan (pronunciation), nada dalam pengucapan (intonation) dan cara penulisan/pengejaan (spelling) dalam berbagai ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan percaya diri.
2.       Menyimpulkan fungsi sosial (social function/purpose) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
3.       Merinci susunan struktur teks (generic structure) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
4.       Menyebutkan unsur-unsur kebahasaan (language features) yang umum digunakan dalam berbagai ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.
5.       Mengkategorikan jenis-jenis ungkapan ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya masing-masing melalui kegiatan membaca script percakapan dengan teliti.

D.   Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Pokok
Fungsi Sosial (Faktual) :
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

Struktur Teks (Prosedural) :
-       Memulai ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf.
-       Menanggapi ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf. (diharapkan/di luar dugaan).

Unsur Kebahasaan (Konseptual) :
-       Ungkapan-ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang lazim digunakan.
-       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.

Topik:
Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

E.    Metode Pembelajaran
Approach  : Students Centered Approach
Model        : 5M
Method      : Drill
                    Cloze-Peer Dictation
                    The Tournament of Questioning
                    Script Writing
                    Role Playing

F.    Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media :
-        Gambar-gambar tentang greeting, leave taking/parting, thanking/gratitude, apologizing/sorry
-        Video-video tentang greeting, leave taking/parting, thanking/gratitude, apologizing/sorry
-        Script-script percakapan tentang greeting, leave taking/parting, thanking/gratitude, apologizing/sorry
-        Script-script percakapan untuk kegiatan Cloze Peer Dictation
-        The Table of Expressions and Responses
-        PowerPoint slide
-        LKS / Quiz
Alat :
-       Laptop
-       LCD Projector
-       Papan tulis
-       Boardmarker
Bahan :
-       Alat tulis
-       Buku tulis
-       Kertas HVS
-       Kertas buffalo
Sumber Belajar :
-       Kemendikbud. 2013. When English Rings a Bell VII. Jakarta: Kemendikbud.
-       Kamus Bahasa Inggris : Echols, John M. dan Hassan Shadily. 2007. An English – Indonesian Dictionary. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
-       www.youtube.com (diakses pada tanggal 12 April 2017 jam 10.00 WIB).
G.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No.
Aktifitas

Guru
Peserta Didik

1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
-      Mengecek kesiapan siswa dalam menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis
-      Berdo’a bersama
-      Memberi salam dan bertegur sapa
-      Mengabsen siswa
-      Apersepsi (membangun hasrat belajar siswa) tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan ini dan meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar yang relevan dengan perintah:
    -   Look at the pictures, please!
    -   What do you think of the pictures?
-      Memberikan instruksi untuk membentuk pasangan
-      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
-      Menjelaskan bahwa pada pertemuan kali ini akan diadakan kegiatan CLOZE-PEER DICTATION

-      Memperhatikan guru

-      Berdoa bersama
-      Menjawab salam dan sapa
-      Merespon absensi
-      Merespon pertanyaan guru





-      Melakukan instruksi guru
-      Memperhatikan penjelasan guru

-      Memperhatikan penjelasan guru


2.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati & Menanya
-      Menampilkan beberapa gambar yang berisikan tentang ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya masing-masing.
-      Memutar sebuah CONVERSATION VIDEO 1-2 yang berisikan tentang ungkapan menyapa dan menanyakan kabar serta responnya masing-masing.
-      Menampilkan CONVERSATION SCRIPT1-2 dan membacakannya
-      Mengajak siswa untuk melafalkan pronunciation kata-kata yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT1-2 tersebut dengan cara meminta siswa untuk menirukan apa yang dibacakan oleh guru
-      Menjelaskan aturan main game yang pertama, yaitu CLOZE-PEER DICTATION secara berpasangan (di mana salah satu siswa menjadi The Writer dan satu siswa yang lain menjadi The Dictator)
-      Meminta salah satu pasangan sebagai model pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION
-      Melaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
-      Mengajak para siswa untuk mengecek hasil pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION dari masing-masing pasangan dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
Mengumpulkan Informasi
-      Mengajak para siswa untuk menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT 1-2 tersebut.
-      Mengajak para siswa untuk mengerjakan Quiz 1-2


-      Memperhatikan gambar


-      Memperhatikan video


-      Memperhatikan bacaan guru

-      Menirukan ucapan guru



-      Memperhatikan penjelasan guru



-      Memperhatikan model

-      Melaksanakan game
-      Mengecek hasil CLOZE-PEER DICTATION



-      Menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial CONVERSATION SCRIPT 1-2
-      Mengerjakan Quiz 1-2
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
-      Memandu para siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas
-      Memandu pemajangan hasil karya siswa dan memberi tanda check list (Ö) pada daftar KD dan IPK yang sudah selesai dibahas
-      Memberikan Penugasan Terstruktur (PT) untuk mencari berbagai gambar dan CONVERSATION SCRIPT dari berbagai sumber
-      Menyampaikan bahwa pada pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan CLOZE-PEER DICTATION

-      Membuat kesimpulan

-      Memajang hasil karya


-      Mencatat Penugasan Terstruktur (PT)

-      Memperhatikan penjelasan guru

Pertemuan 2
No.
Aktifitas

Guru
Peserta Didik

1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
-      Mengecek kesiapan siswa dalam menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis
-      Berdo’a bersama
-      Memberi salam dan bertegur sapa
-      Mengabsen siswa
-      Apersepsi (membangun hasrat belajar siswa) tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan ini dan meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar yang relevan dengan perintah:
    -   Look at the pictures, please!
    -   What do you think of the pictures?
-      Memberikan instruksi untuk membentuk pasangan
-      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
-      Menjelaskan bahwa pada pertemuan kali ini akan diadakan kegiatan CLOZE-PEER DICTATION

-      Memperhatikan guru

-      Berdoa bersama
-      Menjawab salam dan sapa
-      Merespon absensi
-      Merespon pertanyaan guru





-      Melakukan instruksi guru
-      Memperhatikan penjelasan guru

-      Memperhatikan penjelasan guru


2.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati & Menanya
-      Menampilkan beberapa gambar yang berisikan tentang ungkapan menanyakan informasi singkat pada orang yang lain dan berpamitan serta responnya masing-masing.
-      Memutar sebuah CONVERSATION VIDEO 3-4 yang berisikan tentang ungkapan informasi singkat pada orang yang lain dan berpamitan serta responnya masing-masing.
-      Menampilkan CONVERSATION SCRIPT3-4 dan membacakannya
-      Mengajak siswa untuk melafalkan pronunciation kata-kata yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT3-4 tersebut dengan cara meminta siswa untuk menirukan apa yang dibacakan oleh guru
-      Menjelaskan aturan main game yang kedua, yaitu CLOZE-PEER DICTATION secara berpasangan (di mana salah satu siswa menjadi The Writer dan satu siswa yang lain menjadi The Dictator)
-      Meminta salah satu pasangan sebagai model pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION
-      Melaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
-      Mengajak para siswa untuk mengecek hasil pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION dari masing-masing pasangan dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
Mengumpulkan Informasi
-      Mengajak para siswa untuk menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT 3-4 tersebut.
-      Mengajak para siswa untuk mengerjakan Quiz 3-4


-      Memperhatikan gambar



-      Memperhatikan video



-      Memperhatikan bacaan guru

-      Menirukan ucapan guru



-      Memperhatikan penjelasan guru



-      Memperhatikan model

-      Melaksanakan game
-      Mengecek hasil CLOZE-PEER DICTATION



-      Menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial CONVERSATION SCRIPT 3-4
-      Mengerjakan Quiz 3-4
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
-      Memandu para siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas
-      Memandu pemajangan hasil karya siswa dan memberi tanda check list (Ö) pada daftar KD dan IPK yang sudah selesai dibahas
-      Memberikan Penugasan Terstruktur (PT) untuk mencari berbagai gambar dan CONVERSATION SCRIPT dari berbagai sumber
-      Menyampaikan bahwa pada pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan CLOZE-PEER DICTATION

-      Membuat kesimpulan

-      Memajang hasil karya


-      Mencatat Penugasan Terstruktur (PT)

-      Memperhatikan penjelasan guru

Pertemuan 3
No.
Aktifitas

Guru
Peserta Didik

1.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-      Mengecek kesiapan siswa dalam menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis
-      Berdo’a bersama
-      Memberi salam dan bertegur sapa
-      Mengabsen siswa
-      Apersepsi (membangun hasrat belajar siswa) tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan ini dan meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar yang relevan dengan perintah:
    -   Look at the pictures, please!
    -   What do you think of the pictures?
-      Memberikan instruksi untuk membentuk kelompok masing-masing 4 orang dengan sistem (2 upper boys + 2 lower girls) dan (2 upper girls + 2 lower boys)
-      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
-      Menjelaskan bahwa pada pertemuan kali ini akan diadakan kegiatan CLOZE-PEER DICTATION

-      Memperhatikan guru

-      Berdoa bersama
-      Menjawab salam dan sapa
-      Merespon absensi
-      Merespon pertanyaan guru





-      Melakukan instruksi guru


-      Memperhatikan penjelasan guru

-      Memperhatikan penjelasan guru


2.
Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati & Menanya
-      Menampilkan beberapa gambar yang berisikan tentang ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya masing-masing.
-      Memutar sebuah CONVERSATION VIDEO 5-6 yang berisikan tentang ungkapan berterima kasih dan meminta maaf serta responnya masing-masing.
-      Menampilkan CONVERSATION SCRIPT5-6 dan membacakannya
-      Mengajak siswa untuk melafalkan pronunciation kata-kata yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT5-6 tersebut dengan cara meminta siswa untuk menirukan apa yang dibacakan oleh guru
-      Menjelaskan aturan main game yang keempat, yaitu CLOZE-PEER DICTATION secara berkelompok (di mana salah satu siswa menjadi The Dictator dan siswa yang lain menjadi The Writers)
-      Meminta salah satu kelompok sebagai model pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION
-      Melaksanakan CLOZE-PEER DICTATION
-      Mengajak para siswa untuk mengecek hasil pelaksanaan CLOZE-PEER DICTATION dari masing-masing kelompok dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
Mengumpulkan Informasi
-      Mengajak para siswa untuk menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial yang terdapat dalam CONVERSATION SCRIPT 5-6 tersebut.
-      Mengajak para siswa untuk mengerjakan Quiz 5-6


-      Memperhatikan gambar


-      Memperhatikan video


-      Memperhatikan bacaan guru

-      Menirukan ucapan guru



-      Memperhatikan penjelasan guru



-      Memperhatikan model

-      Melaksanakan game
-      Mengecek hasil CLOZE-PEER DICTATION



-      Menelaah struktur teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosial CONVERSATION SCRIPT 5-6
-      Mengerjakan Quiz 5-6
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
-      Memandu para siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas
-      Memandu pemajangan hasil karya siswa dan memberi tanda check list (Ö) pada daftar KD dan IPK yang sudah selesai dibahas
-      Memberikan Penugasan Terstruktur (PT) untuk mencari berbagai gambar dan CONVERSATION SCRIPT dari berbagai sumber
-      Menyampaikan bahwa pada pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan CLOZE-PEER DICTATION

-      Membuat kesimpulan

-      Memajang hasil karya


-      Mencatat Penugasan Terstruktur (PT)

-      Memperhatikan penjelasan guru


H.   Penilaian
1.    Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual

a.    Teknik Penilaian                : Pengamatan
b.    Bentuk Penilaian                : Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
c.    Instrumen Penilaian          :


Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual Selama Proses Pembelajaran


Kelas                 :
Semester          :
Tahun Pelajaran      :          

No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.




2.




3.




4.




5.
Dst.





2.    Penilaian Kompetensi Sikap Sosial

a.    Teknik Penilaian                : Pengamatan
b.    Bentuk Penilaian                : Jurnal Perkembangan SikapSosial
c.    Instrumen Penilaian          :

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial Selama Proses Pembelajaran

Kelas                 :
Semester          :
Tahun Pelajaran      :          

No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.




2.




3.




4.




5.
Dst.




3.1. Penilaian Kompetensi Pengetahuan:

a.    Teknik Penilaian                : Tertulis
b.    Bentuk Penilaian                : Pilihan Ganda
c.    Instrumen Penilaian          : terlampir


3.2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan:

a.    Teknik Penilaian                : Tertulis
b.    Bentuk Penilaian                : Jawaban Singkat
c.    Instrumen Penilaian          : Terlampir

4.1. Penilaian Kompetensi Keterampilan

a.    Teknik Penilaian                : Tertulis
b.    Bentuk Penilaian                : Kinerja (Produk)
c.    Instrumen Penilaian          : Terlampir

4.2. Penilaian Kompetensi Keterampilan

a.    Teknik Penilaian                : Lisan
b.    Bentuk Penilaian                : Kinerja (Proses/Praktik)
c.    Instrumen Penilaian          : Terlampir



Mengetahui,                                                                                            Soko, 17 Juli 2017
Kepala SMP Negeri 2 Soko                                                                    Guru Mapel




HERI KUSTOMO, M.Pd                                                                        NOVA SRIWINARNI, S.Pd
Pembina Tk. I                                                                                         NIP.19791130 200801 2 022
NIP. 19710520 199802 1 003











































LAMPIRAN
STUDENT’S WORKSHEET


Contoh Materi:

Greeting
Response
Hi!
Hi!
Hello!
Hello!
Good morning!
Good morning!
Good afternoon!
Good afternoon!
Good evening!
Good evening!
How do you do!
How do you do!
How are you?
I’m fine, thanks! And you?
How are you doing?
Very well, thanks! And you?
How’s life?
Fine, thanks! And you?
How’s everything with you?
Very good, thanks! And you?
Are you okay?
Yes, I am okay! And you?


Leave Taking / Parting
Response
Nice to meet you!
Nice to meet you too!
(It’s) Nice to meet you!
(It’s) Nice to meet you too!
Glad to see you!
Glad to see you too!
(It’s) Glad to see you!
(It’s) Glad to see you too!
I think it’s time for me to go!
Okay!
I’m sorry for leaving you!
That’s okay!
See you again!
See you too!
See you tomorrow!
See you too!
See you soon!
See you too!
See you later!
See you too!
Bye!
Bye!
Good bye!
Good bye!
So long!
So long!
Take care!
Take care!

Thanking / Gratitude
Response
Thank you!
You’re welcome!
Thank you very much!
You are welcome!
Thank you so much!
Don’t mention it!
Thanks!
My pleasure!
Thanks a lot!
Not at all!
You’re so kind/nice!
Anytime!
It’s very kind/nice of you!
It’s nothing!
Thanks for your kindness!
That’s nothing!
Please accept my gratitude!
It’s okay!


Apologizing / Sorry
Response
Sorry!
No problem!
I’m sorry!
Never mind!
I’m really sorry!
That’s okay!
I’m so sorry!
It’s okay!
Please forgive me!
That’s alright!
I do apologize!
It’s alright!
Please accept my apology!
Forget it!
Sorry about that!
Don’t worry about that!
Pardon me! I didn’t hear you.
Yes, what can I do for you?
I beg your pardon! Could you repeat, please?
Yes, may I help you?
Excuse me, please!
Yes, please!



SCRIPT 1:

One morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian are classmates. They study in Class 7-A.

Andy             :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy             :  How are you today?
Brian             :  I’m fine, thanks! And you?
Andy             :  I’m fine too, thanks!
                        Brian, please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian             :  Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy             :  But I bring something for you! Taaraa … this is for you! Here you are!
Brian             :  Wow, that’s very nice of you! Thank you very much, Andy!
Andy             :  It’s nothing, don’t mention it!

Then, Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile knows Andy but she doesn’t know Brian.

Cecile           :  Hi, Andy! Good morning!
Andy             :  Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile           :  How are you doing?
Andy             :  Very well, thanks! And you?
Cecile           :  Me too, thanks!
                        By the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you. Here you are!
Andy             :  You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile           :  But please accept my apology because I think I give it back too late!
Andy             :  Oh, no problem, Cecile! Forget it!
                        Anyway, Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this is Cecile!
Cecile           :  Hi, Brian! How do you do!
Brian             :  Hello, Cecile! How do you do!
                        Cecile, I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile           :  Pardon me, could you repeat, please?
Brian             :  I mean, where is your class?
Cecile           :  Oh, my class is 7-H. It is at the backside of the school.
Brian             :  Oh, I see.
Cecile           :  Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Cecile           :  Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Nice to meet you too, Cecile!
Cecile           :  See you again!
Andy & Brian  :           See you too!
Cecile           :  Bye-bye!
Andy & Brian  :           Bye!

Then, Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy knows Brian but she doesn’t know Andy.

Daisy            :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy            :  How’s life?
Brian             :  Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy            :  Me too, thanks!
                        Anyway, Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian             :  That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy            :  But I do apologize for coming too late yesterday night!
Brian             :  Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about that!
                        Anyway, Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is Daisy!
Daisy            :  Hi, Andy! How do you do!
Andy             :  Hello, Daisy! How do you do!
                        Daisy, could you tell me where do you come from?
Daisy            :  I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy             :  I mean, where is your address?
Daisy            :  Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street, Pasuruan.
Andy             :  Oh, I see.
Daisy            :  Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Daisy            :  Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Glad to see you too, Daisy!
Daisy            :  See you later!
Andy & Brian  :           See you too!
Daisy            :  So long!
Andy & Brian  :           So long!

Materi Pembelajaran Remedial (optional / boleh dicantumkan boleh tidak)
Materi pembelajaran remedial berisikan tugas untuk mengklasifikasikan ungkapan-ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan responnya masing-masing dalam bentuk script yang lebih sederhana / lebih pendek dari materi pokok.

Materi Pembelajaran Pengayaan (optional / boleh dicantumkan boleh tidak)
Materi pembelajaran pengayaan berisikan tugas untuk mengklasifikasikan dan menterjemahkan ungkapan-ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan responnya masing-masing dalam bentuk script yang lebih rumit / lebih panjang dari materi pokok.

Lampiran Penilaian kompetensi pengetahuan
Read Script 1 to answer questions No. 1-5!

SCRIPT 1:

One morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian are classmates. They study in Class 7-A.

Andy             :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy             :  How are you today?
Brian             :  I’m fine, thanks! And you?
Andy             :  I’m fine too, thanks!
                        Brian, please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian             :  Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy             :  But I bring something for you! Taaraa … this is for you! Here you are!
Brian             :  Wow, that’s very nice of you! Thank you very much, Andy!
Andy             :  It’s nothing, don’t mention it!

Then, Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile knows Andy but she doesn’t know Brian.

Cecile           :  Hi, Andy! Good morning!
Andy             :  Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile           :  How are you doing?
Andy             :  Very well, thanks! And you?
Cecile           :  Me too, thanks!
                        By the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you. Here you are!
Andy             :  You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile           :  But please accept my apology because I think I give it back too late!
Andy             :  Oh, no problem, Cecile! Forget it!
                        Anyway, Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this is Cecile!
Cecile           :  Hi, Brian! How do you do!
Brian             :  Hello, Cecile! How do you do!
                        Cecile, I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile           :  Pardon me, could you repeat, please?
Brian             :  I mean, where is your class?
Cecile           :  Oh, my class is 7-H. It is at the backside of the school. It is far from your class.
Brian             :  Oh, I see.
Cecile           :  Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Cecile           :  Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Nice to meet you too, Cecile!
Cecile           :  See you again!
Andy & Brian  :           See you too!
Cecile           :  Bye-bye!
Andy & Brian  :           Bye!

Then, Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy knows Brian but she doesn’t know Andy.

Daisy            :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy            :  How’s life?
Brian             :  Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy            :  Me too, thanks!
                        Anyway, Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian             :  That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy            :  But I do apologize for coming too late yesterday night!
Brian             :  Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about that!
                        Anyway, Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is Daisy!
Daisy            :  Hi, Andy! How do you do!
Andy             :  Hello, Daisy! How do you do!
                        Daisy, could you tell me where do you come from?
Daisy            :  I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy             :  I mean, where is your address?
Daisy            :  Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street, Pasuruan.
Andy             :  Oh, I see.
Daisy            :  Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Daisy            :  Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Glad to see you too, Daisy!
Daisy            :  See you later!
Andy & Brian  :           See you too!
Daisy            :  So long!
Andy & Brian  :           So long!


Level      : C1 (Mengetahui)
Indikator   :             Disajikan sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking, thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dengan benar dan tepat
Skor       : Benar :   5
                 Salah :   0

1.   How many students are there in the text?
      a.   4                            b.   5                               c.   6                               d.   7


Level      : C3 (Menerapkan)
Indikator   :             Disajikan sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking, thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan makna kata dengan benar dan tepat
Skor       : Benar :   5
                 Salah :   0

2.   The word “classmates” means ....
      a.   close friends
      b.   students who study in a same class
      c.   students who study in a same school
      d.   friends


Level      : C4 (Menganalisis)
Indikator   :             Disajikan sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking, thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan informasi tersirat dengan benar dan tepat
Skor       : Benar :   5
                 Salah :   0

3.   Why does Brian never see Cecile?
      a.   Because they study in a same class.
      b.   Because they study in a different class.
      c.   Because their classes are near.
      d.   Because their classes are far away.
Level      : C2 (Memahami)
Indikator   :             Disajikan sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking, thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan informasi tersurat dengan benar dan tepat
Skor       : Benar :   5
                 Salah :   0

4.   What does Andy want to know from Daisy?
      a.   His hobby.
      b.   His class.
      c.   His home.
      d.   His school.


Level      : C5 (Mengevaluasi)
Indikator   :             Disajikan sebuah conversation script yang berisikan ungkapan greeting, leave taking, thanking/gratitude and apology, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dengan benar dan tepat
Skor       : Benar :   5
                 Salah :   0

5.   What is your opinion about the size the school?
      a.   Wide.                     b.   Small.                       c.   Narrow.                    d.   High.


KUNCI JAWABAN:

1.   A
2.   B
3.   D
4.   C
5.   A



d.    Rubrik Penilaian                :

Skor  :    Benar  :    5
              Salah   :    0


e.    Pedoman Penskoran         :

Skor Akhir = Nilai yang Diperoleh x 100
                                25


f.     Predikat                               : dengan KKM 71

PENGETAHUAN
SKOR RERATA
PREDIKAT
91 ≥ x ≥ 100
A
(Sangat Baik)
81 ≥ x ≥ 90
B
(Baik)
71 ≥ x ≥ 80
C
(Cukup)
0 ≥ x ≥ 70
D
(Kurang)


Lampiran instrumen Penilaian pengetahuan
Read Script 1 to answer questions No. 1-8!

SCRIPT 1:

One morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian are classmates. They study in Class 7-A.

Andy             :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy             :  How are you today?
Brian             :  I’m fine, thanks! And you?
Andy             :  I’m fine too, thanks!
                        Brian, please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian             :  Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy             :  But I bring something for you! Taaraa … this is for you! Here you are!
Brian             :  Wow, that’s very nice of you! Thank you very much, Andy!
Andy             :  It’s nothing, don’t mention it!

Then, Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile knows Andy but she doesn’t know Brian.

Cecile           :  Hi, Andy! Good morning!
Andy             :  Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile           :  How are you doing?
Andy             :  Very well, thanks! And you?
Cecile           :  Me too, thanks!
                        By the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you. Here you are!
Andy             :  You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile           :  But please accept my apology because I think I give it back too late!
Andy             :  Oh, no problem, Cecile! Forget it!
                        Anyway, Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this is Cecile!
Cecile           :  Hi, Brian! How do you do!
Brian             :  Hello, Cecile! How do you do!
                        Cecile, I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile           :  Pardon me, could you repeat, please?
Brian             :  I mean, where is your class?
Cecile           :  Oh, my class is 7-H. It is at the backside of the school. It is far from your class.
Brian             :  Oh, I see.
Cecile           :  Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Cecile           :  Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Nice to meet you too, Cecile!
Cecile           :  See you again!
Andy & Brian  :           See you too!
Cecile           :  Bye-bye!
Andy & Brian  :           Bye!

Then, Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy knows Brian but she doesn’t know Andy.

Daisy            :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy            :  How’s life?
Brian             :  Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy            :  Me too, thanks!
                        Anyway, Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian             :  That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy            :  But I do apologize for coming too late yesterday night!
Brian             :  Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about that!
                        Anyway, Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is Daisy!
Daisy            :  Hi, Andy! How do you do!
Andy             :  Hello, Daisy! How do you do!
                        Daisy, could you tell me where do you come from?
Daisy            :  I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy             :  I mean, where is your address?
Daisy            :  Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street, Pasuruan.
Andy             :  Oh, I see.
Daisy            :  Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Daisy            :  Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Glad to see you too, Daisy!
Daisy            :  See you later!
Andy & Brian  :           See you too!
Daisy            :  So long!
Andy & Brian  :           So long!


Level      :   C4 (Menganalisis)
Indikator :   Informasi rinci tersurat
Skor       :   Sangat benar dan sempurna    :            10  (5 jawaban)
                   Benar dan sempurna                :            8    (4 jawaban)
                   Cukup benar dan sempurna    :            6    (3 jawaban)
                   Kurang benar dan sempurna   :            4    (2 jawaban)
                   Salah                                    :    2           (1 jawaban)
                   Kosong                                 :    0           (0 jawaban)

1.   Mention the expressions of greeting in the text above! (Minimum 5 expressions)


Level      :   C4 (Menganalisis)
Indikator :   Informasi rinci tersurat
Skor       :   Sangat benar dan sempurna    :            10  (5 jawaban)
                   Benar dan sempurna                :            8    (4 jawaban)
                   Cukup benar dan sempurna    :            6    (3 jawaban)
                   Kurang benar dan sempurna   :            4    (2 jawaban)
                   Salah                                    :    2           (1 jawaban)
                   Kosong                                 :    0           (0 jawaban)

2.   Mention the responses of greeting in the text above! (Minimum 5 expressions)


Level      :   C4 (Menganalisis)
Indikator :   Informasi rinci tersurat
Skor       :   Sangat benar dan sempurna    :            10  (5 jawaban)
                   Benar dan sempurna                :            8    (4 jawaban)
                   Cukup benar dan sempurna    :            6    (3 jawaban)
                   Kurang benar dan sempurna   :            4    (2 jawaban)
                   Salah                                    :    2           (1 jawaban)
                   Kosong                                 :    0           (0 jawaban)

3.   Mention the expressions of leave taking / parting in the text above! (Minimum 5 expressions)
Level      :   C4 (Menganalisis)
Indikator :   Informasi rinci tersurat
Skor       :   Sangat benar dan sempurna    :            10  (5 jawaban)
                   Benar dan sempurna                :            8    (4 jawaban)
                   Cukup benar dan sempurna    :            6    (3 jawaban)
                   Kurang benar dan sempurna   :            4    (2 jawaban)
                   Salah                                    :    2           (1 jawaban)
                   Kosong                                 :    0           (0 jawaban)

4.   Mention the responses of leave taking / parting in the text above! (Minimum 5 expressions)

Level      :   C4 (Menganalisis)
Indikator :   Informasi rinci tersurat
Skor       :   Sangat benar dan sempurna    :            10  (5 jawaban)
                   Benar dan sempurna                :            8    (4 jawaban)
                   Cukup benar dan sempurna    :            6    (3 jawaban)
                   Kurang benar dan sempurna   :            4    (2 jawaban)
                   Salah                                    :    2           (1 jawaban)
                   Kosong                                 :    0           (0 jawaban)

5.   Mention the expressions of thanking / gratitude in the text above! (Minimum 5 expressions)


Level      :   C4 (Menganalisis)
Indikator :   Informasi rinci tersurat
Skor       :   Sangat benar dan sempurna    :            10  (5 jawaban)
                   Benar dan sempurna                :            8    (4 jawaban)
                   Cukup benar dan sempurna    :            6    (3 jawaban)
                   Kurang benar dan sempurna   :            4    (2 jawaban)
                   Salah                                    :    2           (1 jawaban)
                   Kosong                                 :    0           (0 jawaban)

6.   Mention the responses of thanking / gratitude in the text above! (Minimum 5 expressions)


Level      :   C4 (Menganalisis)
Indikator :   Informasi rinci tersurat
Skor       :   Sangat benar dan sempurna    :            10  (5 jawaban)
                   Benar dan sempurna                :            8    (4 jawaban)
                   Cukup benar dan sempurna    :            6    (3 jawaban)
                   Kurang benar dan sempurna   :            4    (2 jawaban)
                   Salah                                    :    2           (1 jawaban)
                   Kosong                                 :    0           (0 jawaban)

7.   Mention the expressions of apologizing / sorry in the text above! (Minimum 5 expressions)


Level      :   C4 (Menganalisis)
Indikator :   Informasi rinci tersurat
Skor       :   Sangat benar dan sempurna    :            10  (5 jawaban)
                   Benar dan sempurna                :            8    (4 jawaban)
                   Cukup benar dan sempurna    :            6    (3 jawaban)
                   Kurang benar dan sempurna   :            4    (2 jawaban)
                   Salah                                    :    2           (1 jawaban)
                   Kosong                                 :    0           (0 jawaban)

8.   Mention the responses of apologizing / sorry in the text above! (Minimum 5 expressions)

d.    Rubrik Penilaian                :

”Sesuai dengan kriteria penskoran di atas”

e.    Pedoman Penskoran         :

Skor Akhir = Nilai yang Diperoleh x 100
                                80


f.     Predikat                               : dengan KKM 71

PENGETAHUAN
SKOR RERATA
PREDIKAT
91 ≥ x ≥ 100
A
(Sangat Baik)
81 ≥ x ≥ 90
B
(Baik)
71 ≥ x ≥ 80
C
(Cukup)
0 ≥ x ≥ 70
D
(Kurang)


Lampiran penilaian kompetensi Ketrampilan

Penilaian Kinerja (Produk) “Script Writing – I Am a Script Writer”

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah
Total
Coherence
Accuracy
Grammar
Diction
Mechanics
(0-25)
(0-25)
(0-25)
(0-15)
(0-10)
1.







2.







3.







4.







5.
Dst.








d.    Rubrik Penilaian                :

No.
Aspek Penilaian
Bobot
Deskripsi
1
Coherence
21-25
Keseluruhan ungkapan dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah dialog
16-20
Sebagian besar ungkapan dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah dialog
11-15
Sebagian ungkapan dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah dialog
6-10
Hanya sebagian kecil ungkapan dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah dialog
0-5
Tidak ada ungkapan dan responnya disusun secara berurutan dan bermakna sebagai sebuah dialog

2
Accuracy
21-25
Keseluruhan ungkapan dan responnya dipasangkan secara tepat dan bermakna
16-20
Sebagian besar ungkapan dan responnya dipasangkan secara tepat dan bermakna
11-15
Sebagian ungkapan dan responnya dipasangkan secara tepat dan bermakna
6-10
Sebagian kecil ungkapan dan responnya dipasangkan secara tepat dan bermakna
0-5
Tidak ada ungkapan dan responnya yang dipasangkan secara tepat dan bermakna

3
Grammar
21-25
Keseluruhan ungkapan dan responnya ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar dan tepat
16-20
Sebagian besar ungkapan dan responnya ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar dan tepat
11-15
Sebagian ungkapan dan responnya ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar dan tepat
6-10
Sebagian kecil ungkapan dan responnya ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar dan tepat
0-5
Tidak ada ungkapan dan responnya yang ditulis dengan kaidah grammar / tata bahasa yang benar dan tepat

4
Dictions
13-15
Keseluruhan ungkapan dan responnya ditulis dengan bervariasi (tidak ada yang diulang-ulang)
10-12
Sebagian besar ungkapan dan responnya ditulis dengan bervariasi (hanya sedikit yang diulang-ulang)
7-9
Sebagian ungkapan dan responnya ditulis dengan bervariasi (ada yang diulang-ulang)
4-6
Sebagian kecil ungkapan dan responnya ditulis dengan bervariasi (banyak yang diulang-ulang)
0-3
Tidak ada ungkapan dan responnya yang ditulis dengan bervariasi (semuanya diulang-ulang)

5
Mechanics
9-10
Tidak ada kesalahan penulisan tanda baca
7-8
Ada sedikit kesalahan penulisan tanda baca
5-6
Ada kesalahan penulisan tanda baca
3-4
Cukup banyak kesalahan penulisan tanda baca
1-2
Banyak kesalahan penulisan tanda baca


e.    Pedoman Penskoran         :

Skor Akhir = Nilai yang Diperoleh


f.     Predikat                               : dengan KKM 71

PENGETAHUAN
SKOR RERATA
PREDIKAT
91 ≥ x ≥ 100
A
(Sangat Baik)
81 ≥ x ≥ 90
B
(Baik)
71 ≥ x ≥ 80
C
(Cukup)
0 ≥ x ≥ 70
D
(Kurang)

Lampiran Penilaian Kompetensi Keterampilan


Penilaian Kinerja (Proses/Praktik) “Role Playing – I Am an Actor”

No
Nama Siswa
Aspek Keterampilan yang Dinilai
Jumlah
Total
Pronunciation
Intonation
Fluency
Performance
(0-25)
(0-25)
(0-25)
(0-25)
1.






2.






3.






4.






5.






6.
Dst.







d.    Rubrik Penilaian                :
No.
Aspek Penilaian
Bobot
Deskripsi
1
Pronunciation
21-25
Keseluruhan ungkapan dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah British / American English
16-20
Sebagian besar ungkapan dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah British / American English
11-15
Sebagian ungkapan dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah British / American English
6-10
Sebagian kecil ungkapan dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah British / American English
0-5
Tidak ada ungkapan dan responnya diucapkan dengan pelafalan yang tepat sesuai kaidah British / American English

2
Intonation
21-25
Keseluruhan ungkapan dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami sesuai kaidah British / American English
16-20
Sebagian besar ungkapan dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami sesuai kaidah British / American English
11-15
Sebagian ungkapan dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami sesuai kaidah British / American English
6-10
Sebagian kecil ungkapan dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami sesuai kaidah British / American English
0-5
Tidak ada ungkapan dan responnya diucapkan dengan nada bicara / dialek yang alami kaidah British / American English

3
Fluency
21-25
Keseluruhan ungkapan dan responnya diucapkan dengan lancar (tidak pernah terputus-putus)
16-20
Sebagian besar ungkapan dan responnya diucapkan dengan lancar (jarang terputus-putus)
11-15
Sebagian ungkapan dan responnya diucapkan dengan lancar (kadang-kadang terputus-putus)
6-10
Sebagian kecil ungkapan dan responnya diucapkan dengan lancar (sering terputus-putus)
0-5
Tidak ada ungkapan dan responnya diucapkan dengan lancar (selalu terputus-putus)

4
Performance
21-25
Keseluruhan ungkapan dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik wajah yang alami
16-20
Sebagian besar ungkapan dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik wajah yang alami
11-15
Sebagian ungkapan dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik wajah yang alami
6-10
Sebagian kecil ungkapan dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik wajah yang alami
0-5
Tidak ada ungkapan dan responnya diucapkan dengan disertai gerakan tubuh dan mimik wajah yang alami



e.    Pedoman Penskoran         :

Skor Akhir = Nilai yang Diperoleh


f.     Predikat                               : dengan KKM 71

PENGETAHUAN
SKOR RERATA
PREDIKAT
91 ≥ x ≥ 100
A
(Sangat Baik)
81 ≥ x ≥ 90
B
(Baik)
71 ≥ x ≥ 80
C
(Cukup)
0 ≥ x ≥ 70
D
(Kurang)


5.    Pembelajaran Remedial
a.    Pembelajaran remedial (remedial teaching) diberikan kepada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, baik secara klasikal maupun individual.
b.    Pembelajaran remedial (remedial teaching) dilaksanakan segera setelah kegiatan pembelajaran pada seluruh pertemuan selesai dilaksanakan.
c.    Materi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran remedial (remedial teaching) sesuai dengan tema yang diajarkan dalam seluruh pertemuan, namun dengan grade yang lebih rendah.
d.    Penilaian remedial (remedial test) dilaksanakan segera setelah kegiatan pembelajaran remedial (remedial teaching) selesai dilaksanakan.
e.    Apabila nilai yang didapatkan oleh siswa dalam penilaian remedial (remedial test) lebih tinggi dari KKM, maka yang diambil sebagai nilai adalah nilai KKM yang berlaku.


Mention the expressions of greeting, leave taking, thanking / gratitude and apology in the text below!

SCRIPT 1:

One morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian are classmates. They study in Class 7-A.

Andy             :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy             :  How are you today?
Brian             :  I’m fine, thanks! And you?
Andy             :  I’m fine too, thanks!
                        Brian, please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian             :  Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy             :  But I bring something for you! Taaraa … this is for you! Here you are!
Brian             :  Wow, that’s very nice of you! Thank you very much, Andy!
Andy             :  It’s nothing, don’t mention it!

Then, Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile knows Andy but she doesn’t know Brian.

Cecile           :  Hi, Andy! Good morning!
Andy             :  Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile           :  How are you doing?
Andy             :  Very well, thanks! And you?
Cecile           :  Me too, thanks!
                        By the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you. Here you are!
Andy             :  You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile           :  But please accept my apology because I think I give it back too late!
Andy             :  Oh, no problem, Cecile! Forget it!
                        Anyway, Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this is Cecile!
Cecile           :  Hi, Brian! How do you do!
Brian             :  Hello, Cecile! How do you do!
                        Cecile, I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile           :  Pardon me, could you repeat, please?
Brian             :  I mean, where is your class?
Cecile           :  Oh, my class is 7-H. It is at the backside of the school. It is far from your class.
Brian             :  Oh, I see.
Cecile           :  Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Cecile           :  Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Nice to meet you too, Cecile!
Cecile           :  See you again!
Andy & Brian  :           See you too!
Cecile           :  Bye-bye!
Andy & Brian  :           Bye!

Then, Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy knows Brian but she doesn’t know Andy.

Daisy            :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy            :  How’s life?
Brian             :  Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy            :  Me too, thanks!
                        Anyway, Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian             :  That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy            :  But I do apologize for coming too late yesterday night!
Brian             :  Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about that!
                        Anyway, Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is Daisy!
Daisy            :  Hi, Andy! How do you do!
Andy             :  Hello, Daisy! How do you do!
                        Daisy, could you tell me where do you come from?
Daisy            :  I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy             :  I mean, where is your address?
Daisy            :  Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street, Pasuruan.
Andy             :  Oh, I see.
Daisy            :  Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Daisy            :  Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Glad to see you too, Daisy!
Daisy            :  See you later!
Andy & Brian  :           See you too!
Daisy            :  So long!
Andy & Brian  :           So long!

6.    Pembelajaran Pengayaan
a.    Pembelajaran pengayaan (enrichment teaching) diberikan kepada siswa yang mendapatkan nilai jauh di atas KKM, baik secara klasikal maupun individual.
b.    Pembelajaran pengayaan (enrichment teaching) dilaksanakan segera setelah kegiatan pembelajaran pada seluruh pertemuan selesai dilaksanakan.
c.    Materi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran pengayaan (enrichment teaching) sesuai dengan tema yang diajarkan dalam seluruh pertemuan, namun dengan grade yang lebih tinggi.
d.    Penilaian pengayaan (enrichment test) dilaksanakan segera setelah kegiatan pembelajaran remedial (remedial teaching) selesai dilaksanakan.
e.    Apabila nilai yang didapatkan oleh siswa dalam penilaian pengayaan (enrichment test) lebih tinggi dari nilai aslinya, maka yang diambil sebagai nilai yang lebih tinggi.


Mention the expressions of greeting, leave taking, thanking / gratitude and apology in the text below and translate into Indonesian!

SCRIPT 1:

One morning, at 7 a.m. in front of classroom 7-A, Andy meets Brian. Andy and Brian are classmates. They study in Class 7-A.

Andy             :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Andy! Good morning!
Andy             :  How are you today?
Brian             :  I’m fine, thanks! And you?
Andy             :  I’m fine too, thanks!
                        Brian, please forgive me because I couldn’t come to your birthday party last night!
Brian             :  Oh, that’s okay, Andy! Never mind!
Andy             :  But I bring something for you! Taaraa … this is for you! Here you are!
Brian             :  Wow, that’s very nice of you! Thank you very much, Andy!
Andy             :  It’s nothing, don’t mention it!

Then, Cecile comes and meets Andy and Brian. Cecile is a student of Class 7-H. Cecile knows Andy but she doesn’t know Brian.

Cecile           :  Hi, Andy! Good morning!
Andy             :  Oh, hello, Cecile! Good morning!
Cecile           :  How are you doing?
Andy             :  Very well, thanks! And you?
Cecile           :  Me too, thanks!
                        By the way, Andy, thanks for lending me your notebook. Now, I give it back to you. Here you are!
Andy             :  You’re welcome, Cecile! Anytime!
Cecile           :  But please accept my apology because I think I give it back too late!
Andy             :  Oh, no problem, Cecile! Forget it!
                        Anyway, Cecile … let me introduce my friend to you! Cecile, this is Brian! Brian, this is Cecile!
Cecile           :  Hi, Brian! How do you do!
Brian             :  Hello, Cecile! How do you do!
                        Cecile, I never see you at school! Actually, where do you study?
Cecile           :  Pardon me, could you repeat, please?
Brian             :  I mean, where is your class?
Cecile           :  Oh, my class is 7-H. It is at the backside of the school. It is far from your class.
Brian             :  Oh, I see.
Cecile           :  Excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :           Oh, yes, please!
Cecile           :  Nice to meet you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :           Nice to meet you too, Cecile!
Cecile           :  See you again!
Andy & Brian  :           See you too!
Cecile           :  Bye-bye!
Andy & Brian  :           Bye!

Then, Daisy comes and meets Andy and Brian. Daisy is a student of Class 7-E. Daisy knows Brian but she doesn’t know Andy.

Daisy            :  Hi, Brian! Good morning!
Brian             :  Oh, hello, Daisy! Good morning!
Daisy            :  How’s life?
Brian             :  Everything’s okay, thanks! And you?
Daisy            :  Me too, thanks!
                        Anyway, Brian, I really want to thank you for asking me going to the movie last night!
Brian             :  That’s nothing, Daisy! My pleasure!
Daisy            :  But I do apologize for coming too late yesterday night!
Brian             :  Oh, that’s alright, Daisy! Don’t worry about that!
                        Anyway, Daisy… May I introduce my friend to you! Daisy, this is Andy! Andy, this is Daisy!
Daisy            :  Hi, Andy! How do you do!
Andy             :  Hello, Daisy! How do you do!
                        Daisy, could you tell me where do you come from?
Daisy            :  I beg your pardon! Could you repeat, please?
Andy             :  I mean, where is your address?
Daisy            :  Oh, my address is at 10 Trunojoyo Street, Pasuruan.
Andy             :  Oh, I see.
Daisy            :  Please excuse me, Andy and Brian! I think it’s time for me to go to my class!
Andy & Brian  :Oh, yes, please!
Daisy            :  Glad to see you, Andy and Brian!
Andy & Brian  :Glad to see you too, Daisy!
Daisy            :  See you later!
Andy & Brian  :See you too!
Daisy            :  So long!
Andy & Brian  :So long!








2 komentar: