Rabu, 13 September 2017

Latihan soal UKG Pedagogik

Soal soal latihan uji kompetensi guru ini berisi materi pedagogik, semoga bermanfaat bagi guru - guru yang ingin mengikuti UKG


1.    Berdasarkan  Rencana  Strategis  (Renstra)  Departemen  Pendidikan  Nasional  tahun 2010-2014,  untuk  dapat  memberikan  pelayanan  prima,  salah  satu  yang  perlu  dilakukan  adalah pengembangan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  (ICT)  yang  dilakukan  melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali .....:
a.  ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
b.  Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
c.  Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
d.  Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.
e.  Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa
2.    Pemanfaatan  fasilitas  internet  dalam  pembelajaran  yang  digunakan  untuk berkorespondensi  antara  seseorang  dengan  lainnya  di  mana  pun  dan  kapan  pun  meraka berada.  Dengan  fasilitas  ini  mereka  dapat  saling  mengirim  dan  menerima  surat,  gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap  penting  dengan  menyimpannya  pada  folder  yang  disediakan  untuk  itu  disebut dengan....
a.   Teleconverence
b.   Email
c.   Website
d.   Chatting
e.   Browsing

3.    Kegiatan  guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi  yang luas dan dalam tentang topik/tema materi  yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari  aneka  sumber;  menggunakan  beragam  pendekatan  pembelajaran,  media pembelajaran,  dan  sumber  belajar  lain;  memfasilitasi  terjadinya  interaksi  antar-peserta didik  serta  antara  peserta  didik  dengan  guru,  lingkungan,  dan  sumber  belajar  lainnya; melibatkan  peserta  didik  secara  aktif  dalam  setiap  kegiatan  pembelajaran;  dan memfasilitasi  peserta  didik  melakukan  per cobaan  di  laboratorium,  studio,  atau  lapangan disebut kegiatan...............
a.   Elaborasi
b.   Eksplorasi
c.   Konfirmasi
d.   Browsing
e.  Contextual teaching learning
4.  Salah  satu contoh kegiatan guru  dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi         pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
a.  Memberikan  umpan  balik  positif  dan  penguatan  dalam  bentuk  lisan,  tulisan,   isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.  Menfasilitasi  peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
c.  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
d. Memfasilitasi  peserta  didik  melakukan  refleksi  untuk  mempe roleh  pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
e.  Memfasilitasi  peserta  didik  untuk  memperoleh  pengalaman  yang  bermakna  dalam
mencapai kompetensi dasar

5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yangkhas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai
berikut ....
a.    memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon;  2.  penyiapan  kondisi  psilogis  peserta  didik   3.respons  peserta  didik
untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b.    reaksi guru terhadap respons peserta  didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta
didik,  3.  memberikan  pertanyaan  atau  tugas  sebagai  undangan  kepada  peserta
didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c.    memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon;  2.  respons  peserta  didik  untuk  merespons;  3.  reaksi  guru  terhadap
respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d.    memberikan  pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon;  2.  respons  peserta  didik  untuk  merespons;  3.  reaksi  guru  terhadap
respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
e.    1.  penyiapan  kondisi  psilogis  peserta  didik,  2.  memberikan  pertanyaan  atau
tugas  sebagai  undangan  kepada  peserta  didik  untuk  merespon;  3.  respons
peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.

6.    Dalam  kaitannya  dengan  upaya  untuk  memotivasi  belajar  siswa  dan  agar  proses
pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
a.   Metode pembelajaran
b.   Pendekatan pembelajaran
c.   Strategi pembelajaran
d.   Gaya pembelajaran
e.   Kemampuan belajar

7.    Standar  ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini
….
a.   Intake Siswa
b.   Tingkat kesulitan
c.   Sarana pendukung
d.   Bakat dan Minat siswa
e.   Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung

8.   Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a.   fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b.   fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c.   fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
d.   fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
e.   konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi

9.   Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a.   kompetensi dasar
b.   standar kompetensi
c.   indikator
d.   metode pembelajaran
e.   sumber belajar

10.    Dibawah  ini  merupakan  pengidentifikasian  materi  pembelajaran  yang  menunjang
pencapaian kompetensi dasar :
1.   potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2.   tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
3.   kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan
keluasan materi pembelajaran
4.     kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5.   relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6.   dana yang tersedia Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara lain nomor….
a.   1, 2, 3, 4
b.   2, 3, 5, 6
c.   1, 2, 3, 5
d.   1, 2, 4, 5
e.   3, 4, 5, 6
11.    Upaya  guru  dalam  memanfaatkan  hasil  analisis  untuk  menentukan  ketuntasan  belajar antara lain sebagai berikut……..
a.   menentukan kriteria keberhasilan belajar
b.   mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c.    mencari  letak  kelemahan  secara  umum  dilihat  dari  kriteria  keberhasilan  yang
diharapkan
d.   merencanakan pengajaran remidi
e.   mengadakan tes remidi
12.    Upaya  merancang  pengayaan  bagi  peserta  didik  yang  mencapai  ketuntasan  belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a.   memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b.   memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c.    memberikan  tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d.    diberikan  materi  bahan  ajar  yang lebih  tinggi  tingkatannya  dan  pengerjaan  soalsoalnya yang memiliki kesulitan tinggi
e.   memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

13.    Dalam  melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan
hal-hal sebagai berikut:
a.    Semua  indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian,
melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
b.    Melaksanakan  program  perbaikan  dan  pengayaan,  analisa  hasil  penilaian,
sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c.    Analisa  hasil  penilaian,  belum  melaksanakan  program  perbaikan  dan  pengayaan,
semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d.   Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
e.    Semua  indikator  ditagih  dengan  berbagai  teknik  penilaian  dan  melaksanakan
analisa hasil penilaian

14.    Pada  setiap  akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian
refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
a.    mengukur ketuntasan peserta didik
b.   mengukur efektivitas proses pembelajaran
c.   mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
d.   menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
e.   mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran

15.   Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
a.   Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b.   Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
c.   Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d.   Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e.   Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007

16.    Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai
prestasi  yang  dicapai  peserta  didik,  maka  dalam  penilaian  ranah  psikomotor  guru
menggunakan….
a.   soal pilihan ganda
b.   soal jawaban singkat
c.   soal uraian objektif
d.   kriteria
e.   tes performance

17.   Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a.   memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik
b.    mengumpulkan  lembaran-lembaran  jawaban  hasil  tes  harian  dan  ulangan  akhir
semester tiap peserta didik
c.    mengumpulkan  hasil  kerja  masing-masing  peserta  didik  yang  telah  diberikan
masukan  baik  oleh  guru  dan  rekan  peserta  didik  dalam  suatu  album  sebagai
bukti hasil belajar
d.    mengumpulkan  lembaran-lembaran  jawaban  hasil  ulangan  tiap  peserta  didik
untuk  melihat  kesulitan  peserta  didik  dalammemahami  pokokbahasan  tertentu
dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
e.    mengumpulkan  lembaran-lembaran  hasil  pekerjaan  tugas,  gambar-gambar  dan
hasil ulangan tiap peserta didik

18.    Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus
memperhatikan….
a.   substansi, konstruksi, bahasa
b.   substansi, konstruksi, validitas, skor
c.   substansi, bahasa konstruksi, skor
d.   substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e.   substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas

19.   Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a.    Penentuan  tujuan  tes,  penyusunan  kisi-kisi  tes,  penulisan  soal,  penelaahan  soal,
perakitan soal, analisis soal
b.    Penyusunan  kisi-kisi  tes,  penulisan  kartu  soal,  penelaahan  soal,  perakitan  soal,
penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c.    Belajar  tuntas,  penilaian  otentik,  berkesinambungan  berdasarkan  acuan  norma,
menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
d.   Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria,
menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
e.   Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek, portofolio

20.   Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a.    Penilaian  hasil  belajar  oleh  pendidik  digunakan  untuk  menilai  pencapaian
kompetensi  peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b.    Penilaian  hasil  belajar  oleh  pendidik  dilaksanakan  dalam  bentuk  penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c.    Penilaian  hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan
hasil penilaian oleh pendidik
d.    Kriteria  kelulusan  Ujian  Nasional  (UN)  dikembangkan  oleh  BSNP  dan  ditetapkan
dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e.    Ujian  sekolah  mencakup  semua  mata  pelajaran  kelompok  IPTEK,  agama  dan
akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian

21.   Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek….
a.   kepribadian, kognitif, afektif
b.   kognitif, kepribadian, psikomotor
c.   afektif, kognitif, mental
d.   kognitif, psikomotor, afektif
e.   psikomotor, kognitif, minat
22.    Upaya  guru  dalam  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  merefleksikan
pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
a.   guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b.    guru  menggunakan  pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran
saat pembelajaran berlangsung
c.    guru  mewawancarai  tiap  siswa  tentang  capaian  atau  masalah  belajar  yang
dihadapi siswa dalam belajar
d.   guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

23.   Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
a.    memberikan  penilaian  terhadap  aktivitas,  tahap  kemajuan  dan  hasil  kerja  siswa
dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b.    memberikan  pre  test  maupun  pos  test  secara  tertulis  setiap  kali  proses
pembelajaran
c.   mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d.   mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
e.    mengadakan ulangan tengah semester dan akhir semester

24.    Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip penilaian
yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….
a.    sahih  (valid),  adil,  terbuka,  bermakna,  menyeluruh,  terpadu,  berkesinambungan,
objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
b.    terbuka,  bermakna,  adil,  sahih  (valid),  efisien  dan  efektif,  menyeluruh,  terpadu,
akuntabel, menggunakan acuan norma
c.    sahih  (valid),  adil,  terbuka,  bermakna,  objektif  dan  efisien,  berkesinambungan,
terpadu, menyeluruh
d.    terbuka,  adil,  bermakna,  menyeluruh,  objektif,  efektif  dan  efisien,  terpadu,
berkesinambungan, adil
e.    sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan,
terpadu, sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel

25.   Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :
a.   Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
b.   Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
c.    Mengidentifikasi  materi  ajar  berdasarkan  materi  pokok/  pembelajaran  yang
terdapat dalam silabus.
d.   Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
e.    Menentukan  SK,  KD,  dan  Indikator  yang  akan  digunakan  (  terdapat  pada  silabus
yang telah disusun)

26.   Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
a.   Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
b.    SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan  (  terdapat pada silabus yang telah
disusun)
c.   Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
d.   Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
e.    Identifikasi  materi  ajar  berdasarkan  materi  pokok/  pembelajaran  yang  terdapat
dalam silabus

27. Sejumlah  kemampuan  yang  harus  dimiliki  peserta  didik  dalam  mata  pelajaran
tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan

28.    Kualifikasi  kemampuan  minimal  peserta  didik  yang  menggambarkan  penguasaan
sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang  diharapkan  dicapai  pada  setiap  tingkat
dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
a.  Standar Kompetensi
b.  Kompetensi Dasar
c.  Standar Kompetensi Mata Pelajaran
d.  Kompetensi
e.  Standar Kompetensi Lulusan

29.    Dalam  mengembangkan  penilaian  hendaknya  memperhatikan  prinsip  berikut  ini,
KECUALI ..
a.  Memandang  penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian
berjalan bersama dengan proses pembelajaran
b.  Mengembangkan  tugas  penilaian  yang  bermakna,  terkait  langsung  dengan  kehidpan
nyata
c.  Mengembangkan  berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai
cermin diri
d.    Melakukan  berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk
menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar
e.     Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD

30.    Menerapkan  suatu  prinsip  (applying  a  principle),  membuat  model  (model  building),
mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan
kemungkinan  (extrapolating),  meramalkan  (predicting),  menduga  /  mengemukan
pendapat / mengambil kesimpulan (inferring)  temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional
Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a.   Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b.   Memproses (processing):
c.   Menerapkan dan Mengevaluasi
d.   Perilaku yang Kreatif
e.  Perilaku-perilaku  Kompleks,  Masuk  Akal,  dan  bisa  mengambil  /pertimbangan
/keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

32.   Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
a.   Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
b.  Adanya  keterkaitan  antar  standar  kompetensi  dan  kompetensi  dasar  dalam  mata
pelajaran;
c.  Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.
d.  Sesuai  dengan  karakteristik  peserta  didik,  mata  pelajaran,  satuan  pendidikan,
potensi  daerah  dan  dirumuskan  dalam  kata  kerja  operasional  yang  terukur
dan/atau dapat diobservasi
e.  Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan
pembelajaran.

33.    Mengsintesisikan  (synthesize),  mengelompokkan  (group),  menjelaskan  (explain),
mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat
analog  (make  analogies),  mengurutkan  (sequence)  temasuk  Klasifikasi  Kata  Kerja
Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a.   Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b.   Memproses (processing):
c.   Menerapkan dan Mengevaluasi
d.   perilaku yang Kreatif
e.  Perilaku-perilaku  Kompleks,  Masuk  Akal,  dan  bisa  mengambil  /pertimbangan
/keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

34.   Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :
a.    Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau  fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur  yang   harus  dipelajari  siswa  dalam  rangka  menguasi  standar
kompetensi dan kompetensi dasar.
b.    Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran
yang  digunakan  yang  memungkinkan  siswa  aktif  berpartisipasi  dalam  kegiatan
pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri
pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
c.   Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.
d.    Berisi   alokasi  waktu  yang  diperlukan  untuk  mempelajari  setiap  standar
kompetensi.
e.   Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar lainnya.

35.    Dalam  mengidentifikasi  materi  pembelajaran  yang  menunjang  pencapaian  standar
kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI
a.   Potensi peserta didik;
b.    Tingkat  perkembangan  fisik,  intelektual,  emosional,  sosial,  dan  spiritual  peserta
didik ;
c.   Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
d.   Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;
e.    Relevansi  dengan  kebutuhan  peserta  didik  dan  tuntutan  lingkungan,  khususnya
dunia kerja;

36.   Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk  mengembangkan  kompetensinya  agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a.   Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b.   Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c.   Menyeluruh dan berkesinambungan
d.   Beragam dan terpadu
e.    Berpusat  pada  potensi,  perkembangan,  kebutuhan,  dan  kepentingan  peserta
didik dan lingkungannya

37.    Pengembangan  kurikulum  dilakukan  dengan  melibatkan  pemangku  kepentingan
(stakeholders)  untuk  menjamin  relevansi  pendidikan  dengan  kebutuhan  kehidupan,
termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a.   Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b.   Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c.      Menyeluruh dan berkesinambungan
d.   Beragam dan terpadu
e.    Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik
dan lingkungannya

38.    Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut
ini, KECUALI
a.    Tujuan  khusus  pembelajaran  (objective)  yang  relevan  dengan  standar
kompetensi/kompetensi dasar.
b.    Tujuan  khusus  pembelajaran  berisikan  perumusan  tentang  pengetahuan,
ketrampilan  dan  sikap  yang  diharapkan  dikuasai  siswa  setelah  melaksanakan
kegiatan pembelajaran( learner oriented).
c.    Tujuan   khusus  pembelajaran   bisa  menyangkut  aspek  kognitif,  psikomotorik,
maupun afektif.
d.    Dalam  merumuskan  tujuan  khusus  pembelajaran  perlu  digunakan  kata-kata
yang  operasional  yaitu  kata-kata  yang  teramati  dan  terukur  (observable  and
measurable).
e.    Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam
rangka mencapai tujuan pembelajaran.

39.   Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan
a.  Setelah  menentukan  SK,  KD,  dan  Indikator  yang  akan  digunakan  yang  terdapat
pada silabus yang telah disusun
b.  Setelah  mengidentifikasi  materi  ajar  berdasarkan  materi  pokok/  pembelajar an  yang
terdapat dalam silabus.
c. Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
d.  Setelah  merumuskan  langkah-langkah  pembelajaran  yang  terdiri  dari  kegiatan  awal,
inti, dan akhir.
e. Setelah menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan

40.    Dalam  menentukan  rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan
hal berikut, KECUALI ………..
a.    Tentukan  model,  pendekatan,  strategi,  metode,  teknik  pembelajaran  yang
memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.    Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa
untuk  secara  mandiri  menemukan  sendiri  pengetahuan,  ketrampilan,  dan  sikap
yang harus dikuasai (student centered learning).
c.      Beberapa  pendekatan  yang  dapat  dipergunakan  antara  lain  pembelajaran
kontekstual,  konstruktivisme,  pembelajaran  pemecahan  masalah,  pembelajaran
individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
d.    Menentukan  rincian  materi  (fakta,  konsep,  prinsip,  prosedur)  yang  relevan
dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
e.       Tentukan  rencana  kegiatan  yang  perlu  dilakukan  guru  (menyiapkan,  memotivasi
dan  menarik  perhatian   siswa,  manyajikan  materi  pelajaran  baik  secara  suksesif
maupun simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan
prinsip  perulangan,  menugasi,  memberikan  umpan  balik,  memberikan  tes,  dan
menentukan tindak lanjut (remedial dan pengayaan).

41.    Guru  profesional  dituntut  memahami  karakteristik  peserta  didiknya  agar  dapat
mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:
a.   Kompetensi Kepribadian
b.   Kompetensi Profesinal
c.   Kompetensi Pardagogik
d.   Kompetensi Sosial
e.   Kompetensi Akademik

42.    Salah satu  kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat
peserta didik adalah .....
a.   Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.
b.   Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.
c.   Melakukan kegiatan pre test
d.    Melakukan post test.
e.      Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas.

43.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.
2. Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
3. Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang
melanggar.
4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa
yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :
a.   1 dan 2
b.   1 dan 3
c.   2 dan 3
d.   3 dan 4
e.   1 dan 4

44.   Pada setiap  awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk
menentukan  Kriteria  Ketuntasan  Minimal  (KKM)  mata  pelajaran.Dalam  menentukan
ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.
Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah .......
a.   Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b.   Nilai rapor kelas sebelumnya.
c.   Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.
d.   Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.
e.   Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua

45.    Pak  Dedi  menemukan  kasus  kesulitan  belajar  yang  dialami  oleh  siswanya  ternyata
disebabkan  cara  belajar  yang  salah.  Langkah  yang  paling  tepat  dilakukan  untuk
mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....
a.    Berikan kesempatan  kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya
secara rasional.
b.    Tunjukkan  akibat  atau  dampak  cara  belajar  yang  salah  terhadap  prestasi
belajar
c.   Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
d.    Berikan  kesempatan  memperoleh  pengalaman  yang  menyenangkan  atau
memperoleh sukses dalam belajar.
e.   Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.

46. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2. Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
3. Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
4. Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari
dalam diri siswa adalah pernyataan....
a.   1 dan 2
b.   1 dan 3
c.   2 dan 3
d.   3 dan 4
e.   4 dan 2

47. Agar  peserta  didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah
dalam  memfasilitasi  pengembangan  diri  melalui  kegiatan  ekstrakurikuler.  Kegiatan
tersebut harus memiliki fungsi ....
a.   Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b.   Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
c.   Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d.   Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
e.   Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.

48.  Agar  potensi  peserta  didik  dapat  berkembang  secara  optimal,  maka  dalam  kegiatan
pengembangan  diri   dapat  difasilitasi  melalui  Bimbingan  Konseling  dan  Kegiatan
Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling
meliputi 4 hal ialah :
a.   Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.
b.      Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.
c.   Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
d.   Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.
e.   Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.

49.  Pembelajaran  bermakna  memerlukan  usaha  yang  sungguh-sungguh  dari  siswa  untuk
menghubungkan  konsep  baru  dengan  konsep  relevan  yang  telah  dimiliki  sebelumnya.
Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .
a.   siklus belajar
b.   peta konsep
c.   pembelajaran konsep
d.   struktur kognitif
e.   pemrosesan informasI

50.  Manakah  diantara  pernyataan  berikut  yang  TIDAK  SESUAI  dengan  model  konstruktivis
dalam mengajar?
a.   Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.
b.   Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.
c.   Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.
d.   Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu*.
e.   Menjelaskan suatu konsep secara detail.

51.  Pembelajaran  kontekstual  dianggap  pembalajaran  yang  bersifat  mendidik,  hal  itu
disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
a.   membangkitkan minat siswa
b.    merangsang siswa lebih aktif belajar
c.   memberi kesempatan siswa berkreasi
d.   membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
e.   menantang siswa untuk selalu belajar

52. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .
a.   standar kompetensi.
b.   kompetensi dasar
c.   materi pembelajaran.
d.   strategi pembelajaran.
e.   metode pembelajaran.

53.  Bagaimana  pendapat  saudara  bila  menjumpai  seorang  rekan  guru  di  sekolah  yang
menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
a.   Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.
b.   Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.
c.   Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.
d.    Setuju  dan  tidak  setuju  bergantung  pada  kompetensi  yang  hendak  dicapai
dalam pembelajaran
e.    Sangat  tidak  setuju  karena  dapat  memecah  perhatian  siswa  dalam  mengikuti
pembalajaran.

54.    KTI  hasil  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  makin  banyak  dipakai  sebagai  kegiatan
pengembangan profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..
a.       Para  guru  memahami  bahwa  salah  satu  tujuan  kegiatan  pengembangan
profesi,  adalah  dilakukannya  kegiatan  nyata  di  kelasnya.  Dan  ditujukan  untuk
meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru,
melakukan kegiatan seperti itu, sudah biasa dilakukan
b.    Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah,
karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.
c.    Kegiatan  PTK  dapat  berupa  pelaksanaan  penelitian  tindakan  di  dalam  kelas
yang  diyakini  makin  layak  untuk  menjadi  prioritas  pada  kegiatan  pembelajaran,
tindakan  yang  dapat  dilakukan  untuk  meningkatkan  mutu  pembelajaran  adalah
dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.
d.    Banyak  inovasi  baru  dalam  pembelajaran,  terutama  dalam  praktik
pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam  upaya mendukung
pelaksanaan  KBK)  memerlukan  verifikasi  maupun  penerapan  dalam  proses
pembelajaran.
e.   Sebagian besar guru yang telah mencapai golongan IV/a ke atas

55.   Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….
a.   Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
b.   Permendikan Nomor 22 Tahun 2006
c.   Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
d.   Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
e.   Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005

56.    Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan
pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a.   Behaviorisme
b.   Cognitivisme
c.   Behavionisme dan Cognitivisme
d.   Semua benar

57.    Seorang  guru  merancang  peralatan  isi  pembelajaran  dengan  menggunakan  peta
konsep  sebagai  strategi  untuk  memudahkan  belajar  siswa  keputusan  guru  tersebut
menerapkan teori :
a.   Behaviorsme
b.   Dognitivisme
c.   Behavionisme dan dognitivisme
d.   Konstruktivisme

58.    Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman
sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh
a.   Behavioris
b.   Kognitivis
c.   Kognitivis Behavior
d.   Konstruktivisme

59.    Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran
a.   Perilaku guru sebagai panutan digugu dan ditiru
b.   Guru sebagai sumber ilmu
c.   Keputusan tindakan memerlukan jenis dan kreativitas belajar siswa
d.   Tanpa guru proses belajar siswa terganggu

60.    Pemahaman teori belajar penting untuk dipakai
a.   Menambah wawasan modul pembelajaran
b.   Sebagai bahan penunjang pembelajaran
c.   Dasar pengembangan model pembelajaran
d.   Sebagai acuan untuk memilih media

61.    Learning dalam behaviorisme menekankan adanya :
a.   Perubahan perilaku
b.   Interaksi terus-menerus
c.   Pemaknaan informasi baru
d.   Perubahan pengetahuan

62.    Menurut konstruktivisme, pengetahuan tentang :
a.   Hasil dari interaksi dan paradigma Stimulus – Respons
b.   Hasil konstruksi yang dibangun sendiri oleh pembelajar
c.   Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
d.   Hasil temuan mata aturan yang menjadi sumbernya

63.    Praktek proses sangat cocok untuk matpel
a.   Ketrampilan
b.   Sains
c.   Sastra
d.   Ilmu sosial

64.      Tidak  termasuk  dalam  ranah  kompetensi  kepribadian  seorang  guru  adalah  bicara
santun namun efektif..
a.   Kepada murid dan sejawat
b.   Kepada KS maupun orang lain
c.   Dalam rapat guru maupun di kelas
d.   Komunikasi dalam penelitian

65.    Tidak termasuk dalam komponen mengajar seorang guru, adalah kemampuan ...
a.   Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
b.   Menggunakan/memanfaatkan media pembelajaran
c.   Berkomunikasi secara santun namun efektif dengan murid dan pengawas
d.    Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh saat ulangan

66.      Seorang  guru  berencana  membeli  dan  membaca  buku  tentang  asesment
pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri:
a.   Kompetensi pedagogic
b.    Kompetensi sosial
c.   Kompetensi kepribadian
d.   Kompetensi professional

67.   Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
a.   Kompetensi sosial
b.   Kompetensi kepribadian
c.   Kompetensi profesional
d.   Kompetensi pedagogic

68.    Dalam  satu  sekolah  beberapa  orang  guru  sebidang  bekerja  dan  merancang,
melaksanakan  dan  mengevaluasi  proses  hasil  pembelajaran.  Kegiatan  tersebut
merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
a.   Kompetensi sosial dan pedagogic
b.   Kompetensi profesional dan pedagogic
c.   Kompetensi kepribadian dan profesional
d.   Kompetensi kepribadian dan social

69.   Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :
a.   RPP merupakan bagian dari administrasi sekolah
b.   Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan
c.   RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi
d.   Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi

70.    Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang
guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok
tersebut  tengah  mengembangkan  diri  dalam  ranah  ters ebut  tengah  mengembangkan
diri dalam ranah
a.  Kompetensi profesional
b.  Kompetensi kepribadian
c.  Kompetensi sosial
d.  Kompetensi pedagogic

71.   Paikem adalah pembelajaran yang :
a.   Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan menyenangkan
b.   Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan
c.   Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
d.   Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan

72.   Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan
a.   Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
b.   Masalah tiap-tiap kelompok beda dari tiap-tiap kelompok
c.   Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok
d.   Masalah dari tiap-tiap kelompok secara mendalam

73.    Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi
jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan
a.   Brain storming
b.   Concept mapping
c.   Quickstioning
d.   Role playing

74.    Problem  salving  dan  discovery  learning  dapat  meningkatkan  kerampilan  siswa  dalam
hal :
a.   Individual thinking
b.   Direct thinking
c.   Critical thinking
d.   Personal thinking Pemilihan

75.   Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan
a.   Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau pokok bahasan
b.   Teori yang dipahami guru
c.   Keinginan dan putusan bersama
d.   Tersedianya waktu dan dana yang ada

76.   Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a.     Kerja sama mencapai tujuan
b.   Kemampuan kerja individu
c.   Saling interaksi
d.   Saling tergantung tapi saling memberi:

77.   Memilih media, mempertimbangkan
a.   Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa
b.   Kecanggihan media
c.   Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran
d.   Kelengkapan dan kualitas media

78.   Guru menggunakan media dalam mengajar karena
a.   Tuntutan kurikulum
b.   Anjuran KS
c.   Media membatu siswa agar lebih mudah memahami
d.   Keberadaan media mengurangi beban tugas guru

79.   Penggunaan Media efektif bila
a.   Dapat membantu guru mempercepat materi
b.   Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
c.     Dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
d.   Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target

80.   Keuntungan media di buat guru, kecuali:
a.   Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar
b.   Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai
c.   Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
d.   Sesuai dengan materi yang disajikan

81.    Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja
dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan
kriteria …
a.   Kesesuaian
b.   Tingkat kesulitan
c.   Ketersediaan
d.   Kualitas teknis

82.    Media  yang  kita  gunakan  di  kelas  hndaknya  memiliki  tingkat  kejelasan  bagi  siswa
termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria :
a.   Kesesuaian
b.   tingkat kesulitan
c.   ketersediaan
d.   kualitas teknis

83.   Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah :
a. kemampuan siswa memahami materi
b. keaktifan siswa belajar di kelas
c. keaktifan siswa menulis karangan
d.  ketrampilan siswa menulis paparan / cerita

84.   Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
a.  kemampuan memahami materi
b.  siswa mengerjakan tugas
c. kerajinan dan kreatifitas siswa
d. hasil belajar siswa secara keseluruhan

85.   Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..
a.   Berhitung (matematika)
b.   Memecahkan masalah
c.   Melakukan percobaan
d.   Membuat karya tulis

86.  Utuk  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  yang  dilakukan  di  kelas,  seorang  guru
melakukan kegiatan berikut
1.    Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas
2.  Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih
metode mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.
3.  Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang digunakan dan memperbarui
pada pelajaran berikutnya
4.   Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang menjalani remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah :
a.   1, 2, 3
b.   1 dan 2
c.   2 dan 4
d.   1, 2, 3 dan 4

87.    Kegiatan  pembelajaran  yang  dapat  memberikan  kelanjutan  kecakapan  hidup   (  life
skill) bagi anak didik adalah ……………
a. mempresentasikan hasil diskusi
b. membuat karya tulis
c. membuat model
d. kerjasama dengan kelompok.

88.   Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan :
a. kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM.
b.   kesesuaian  dengan  materi  ajar,  soal  harus  mengukur  tingkat  pemahaman  siswa
terhadap materi yang diajarkan.
c.   Hasil  belajar  soal  hrs  dibuat  sedemikian  rupa,  agar  sebagian  besar  siswa  mencapai
standar ketuntasan belajar minimal (SKBM)
d.  Analisis  hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan
nilai ujian pada materi selanjutnya

89.   Pernyataan berikut yang benar tentang assesment adalah :
a. proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti
pelajaran.
b.    proses  pengumpulan  informasi  tentang  peserta  didik  berkenaan  dengan  apa  yang
mereka ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan.
c.  melakukan penilaian kemampuan siswa menerima pelajaran
d.  proses  penilaian tkt kecerdasan siswa.

90.   Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
a. disajikan dalam bentuk artikel atau makalah
b. ditulis berdasarkan bukan hasil riset
c. kajian ilmiah yang ditulis dari hasil riset
d. berupa kajian teoritis

91.   Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut..................
a.   Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan –  Refleksi
b.   Refleksi - Perencanaan - Observasi – Pelaksanaan
c.   Observasi - Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi
d.   Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi – Refleksi

92.   Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
a.    PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar telah
dilakukan oleh guru yang bersangkutan.
b.   PTK yang dilakukan benar-benar mempunyai manfaat.
c.   PTK harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d.    KTI  guru  hendaknya  berkaitan  dengan  matapelajarannya  dan  kegiatan  yang
dilakukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar di kelasnya.
e.   Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten

93.   PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya...
a.   Nilai percakapan belum meningkat
b.    Terkait  dengan  permasalahan  pada  konteks  sesungguhnya  pada  waktu
melaksanakan PBM dalam kelas
c.   Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM
di dalam kelas
d.    Terkait  dengan  permasalahan  pada  kontk  sesungguhnya  pada  waktu  di  luar  jam
pelajaran

94.    Prosedur  penilaian  pemerolehan  belajar,  proses  kemajuan  belajar  dan  kinerja  siswa
dengan berbagai alat dikenal sebagai :
a.   Authentic material
b.   Authentic learning
c.   Authentic assessment
d.   Authentic data

95.    Salah  satu  prinsip  merancang  program  remedial  bagi  peserta  didik  tampak  dalam
kegiatan guru….
a.    membuat  rancangan  pembelajaran  khusus  untuk  peserta  didik  sebagai  peserta
remedial
b.    menggunakan  rancangan  pembelajaran  yang  telah  dibuat  dengan
memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
c.    menggunakan  rancangan  pembelajaran  baru  yang  berbeda  sama  sekali  dengan
rancangan yang ada
d.   merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
e.      menggunakan  rancangan  pembelajaran  berdasarkan  bahan  ajar  belajar  peserta
didik

96.      Standar  nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan  kegiatan  pendidikan  pada  tingkat  satuan  pendidikan,  kabupaten/kota,
provinsi,  atau  nasional  agar  tercapai  efisiensi  dan  efektivitas  penyelenggaraan
pendidikan disebut .....................
a.   Standar Proses;
b.   Standar Kompetensi Lulusan;
c.   Standar Sarana Dan Prasarana;
d.   Standar Pengelolaan;
e.   Standar Penilaian Pendidikan

97.   Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a.   Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;
b.   Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan
c.   Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d.   Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e.   Jawaban A, B dan C Benar

98.      “Mengembangkan  kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat  dalam  rangka  mencerdaskan  kehidupan  bangsa,  bertujuan  untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut
adalah ...................
A.   Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
B.   Fungsi pendidikan nasional
C.   Tujuan pendidikan nasional
D.   Sasaran pendidikan nasional
E.   Arah kebijakan pembangunan nacional

99.   Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam ...................
a.   Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b.   Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c.    Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d.   Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
e.   Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005

100.    Memahami peserta didik secara mendalam
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

101.    Seorang  guru  mampu  Mampu  merancang  pembelajaran,  memahami  landasan
pendidikan
A.   Kompetensi Pedagogik
B.     Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

102.    Seorang guru mampu Mampu melaksanakan pembelajaran
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.     Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

103.   Seorang guru mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

104.    Seorang  guru mampu  Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai
potensi
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Kewirausahaan

105.   Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Supervisi

106.   Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

107.    Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

108.   Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang arif
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

109.      Seorang  guru  mampu  Mampu  berkomunikasi  dan  bergaul  efektif  dengan  peserta
didik
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

110.      Seorang  guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di
sekolahnya, termasuk……..
A.   Kompetensi Pedagogik
B.   Kompetensi Kepribadian
C.   Kompetensi Professional
D.   Kompetensi Sosial
E.   Kompetensi Manajerial

112.    Manfaat Penetian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2)
menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan
langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipat if, kecuali .......
A.   meningkatkan proses belajar mengajar
B.   menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C.   mencakup proses refleksi
D.   menggunakan metodelogi terbaru

113.   Prinsip yang paling penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah .......
A.   komitmen guru sebagai pengajar tidak terganggu
B.   metodologi tepat
C.   penggumpulan data sederhana
D.   laporan sederhana

114.   Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu ..... ..
A.   perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
B.   perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
C.   perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D.   evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi

115.   Penelitian Tindakan kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai berikut, kecuali .......
A.   didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh guru
B.   kolaborasi dalam pelaksanaannya
C.   bertujuan memperbaiki
D.   dilaksanakan dalam satu siklus

116.   Dalam penetian tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ......
A.   reliabel dan tidak mengganggu proses pembelajaran
B.   menggunakan waktu lama
C.   bervariasi
D.   sederhana

117.    Di  bawah  ini  adalah  kegiatan-kegiatan  yang  dilakukan  dalam  perencanaan  tindakan,  kecuali
.....
A.    menganalisa masalah
B.   mempersiapkan fasilitas
C.   mempersiapkan instrumen
D.   mempersiapkan skenario

118.    Di  bawah  ini  merupakan  kegiatan  yang  dilakukan  dalam  penetapan  fokus  masalah,  kecuali
.......
A.   merasakan masalah
B.   analisis masalah
C.   perumusan masalah
D.   penerapan fokus

119.   Langkah-langkah Penetian Tindakan Kelas (PTK) secara berurutan meliputi ........
A.    penetapan  fokus  masalah,  perencanaan  tindakan,  pelaksanaan  tindakan,
pengamatan interpretasi dan refleksi.
B.   perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan intrepretasi dan refleksi
C.   perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi
D.   pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.

120.   Hal yang terpenting pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah ........
A.   dimonitor, dicatat hasil akhirnya
B.   dievaluasi dan dianalisis
C.   direfleksi dan diamati kembali
D.   diamati dan diperbaiki

121.    Dikaitkan  dengan  tanggungjawab  guru  terhadap  pembelajaran,  Penelitian  Tindakan  Kelas
(PTK) dapat membantu guru untuk .......
A.   mengatasi masalah siswa
B.   memperbaiki pembelajaran
C.   berkembang secara profesional
D.   berkolaborasi dengan guru lain

122.    Ibu  Siti  terbiasa  menganalisis  pekerjaan  siswanya  untuk  menemukan  kesulitan  yang
ditemukan  siswa  dalam  pelajaran  bahasa  indonesia.  Dari hasil  analisis  tersebut,  Ibu  Siti juga
mencoba  menemukan  kekuatan  dan  kelemahannya  dalam  mengajar.  Jika  anda  menemuan
kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Langkahlangkah  yang  dilakukan  Ibu  Siti  tersebut  dapat  dikatagorikan  sebagai  langkah  awal  dalam
.........
A.   perkembangan profesional
B.   melakukan PTK
C.   memperbaiki pembelajaran
D.   menerapkan manfaat PTK

123.   Berikut ini adalah manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, kecuali .........
A.   membantu guru memperbaiki pembelajaran
B.   memungkinkan guru berkembang secara profesional
C.   memungkinkan guru mengembangkan karir
D.   menambah rasa percaya diri

124.   Sekolah yang maju embawa dampak bagi kemajuan para guru. Demikian pula sebaliknya. Oleh
karena itu, jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan Penelitian Tindakan Kelas(PTK),
sekolah akan berpotensi untuk ........
A.   meraih popularitas
B.   menghasilkan siswa teladan
C.   menerbitkan karya-karya penelitian
D.     menghasilkan berbagai teknik pembelajaran

125.    Ibu  Ita,  seorang  guru  IPS  berpenampilan  sangat  energik,  Ia  sedang  melakukan  Penetian
Tindakan  Kelas  (PTK).  Hampir  setiap  hari  dia  sibuk  untuk  menganalisis  hasil  pekerjaan
siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja lebih
giat.  Para  siswa  ternyata  sangat  antusias  terhadap  usaha  Ibu  Ita.  Karena  para  siswa  merasa
pekerjaannya  diperiksa  dengan  cermat,  siswapun  membuat  pekerjaannya  dengan  cermat
pula.  Siswa  merasa  bahwa  ia  selalu  harus  bekerja  cermat  sebagaimana  Ibu  Ita  memeriksa
pekerjaannya  dengan  cermat  pula.  Ilustrasi  di  atas  menggambarkan  manfaat  Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) bagi siswa, dalam hal ini ........
A.   Perilaku guru yang melaksanakan PTK menjadi model bagi siswa
B.   Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
C.   Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
D.   Siswa dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya

126.    Guru  yang  tampil  melaksanakan  Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK)  akan  merasa  lebih  percaya
diri. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali ......
A.   Munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat yang lain
B.   Berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
C.   Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
D.   Munculnya perasaan mampu Memecahkan masalah sendiri

127.   Keterbatasan Penetian Tindakan Kelas (PTK) terutama terletak pada .......
A.   metodologi
B.     validitas
C.   instrumen yang digunakan
D.   reliabilitas hasil yang dicapai

128.   Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tidak mempunyai daya generalisasi karena .....
A.   sampel terbatas pada kelas yang diajar
B.   masalah yang diteliti sangat spesifik
C.   metodologi sangat longgar
D.   PTK dilakukan oleg guru, bukan oleh peneliti

129.    Agar Penetian Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai
kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut , kecuali ..........
A.   adanya kebebasan bagi para guru untuk berinovasi
B.   birokrasi yang ketat
C.   dukungan dari semua personil sekolah
D.   ada rasa saling mempercayai antara personil sekolah termasuk siswa

130.    Kemauan guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh
iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ......
A.   Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta bantuan
B.    Melakukan perubahan jadwal pelajaran
C.   Menetapkan masalah bagi kelasnya
D.   Meminta siswa mengikuti perintahnya

131.   Penetian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ........
A.   guru
B.    peneliti
C.   guru sebagai peneliti
D.   guru bersama dosen

132.   Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ......
A.   mengungkapkan kebenaran
B.   menjawab masalah guru
C.   memperbaiki kinerja guru
D.   mengumpulkan informasi

133.    Metode utama dalam penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya
metode yang digunakan .......
A.   bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
B.   longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
C.   hasil observasi/kesan dari guru
D.   bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian.

134.   Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ......
A.   keriasauan guru akan kinerjanya
B.     keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.   keinginan untuk membantu guru
D.   kepedulian peneliti akan kinerja guru

135.   Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal ............
A.   pelaku penelitian
B.   tujuan penelitian
C.   tempat penelitian
D.   asal masalah yang diteliti

136.    Penelitian tidakan kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali
...
A.   PTK memang untuk guru
B.   guru paling akrap dengan suasana kelas
C.   masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti
D.   guru bertanggungjawab memperbaiki kinerjanya.

137.    Seorang  Dosen  Perguruan  Tinggi  membantu  Ibu  Tini,  guru  SLTA  untuk  mencari  jalan  keluar kesulitan  yang  dihadapinya  dalam  memotivasi  para  siswa  untuk  mengerjakan  PR  yang diberikan.  Ibu  Tini  menceritakan  jenis  PR,  serta  kebiasaannya  menyimpan  PR  tersebut  di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi mendengar cerita Ibu Tini,  dan  kemudian  mereka  berdua  merancang   cara  mengatasinya,  dan  akhirnya  mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap  minggu  mereka  bertemu  kembali  untuk  mengkaji  hasil  perbaikan  tersebut.  Kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena
........
A.   Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan Tinggi
B.   masalah penelitian muncul dari kerisauan guru
C.   terjadi pertemuan setiap minggu
D.   dosen Perguruan Tunggi membantu guru memecahkan masalahnya

138.   Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali
......
A.   dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
B.   kelas merupakan wilayah guru
C.   hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
D.   temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
139.   Dilihat dari segi tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ........
A.   Peneliti dari dalam
B.   Praktisi yang membangun teori
C.   Subjek penelitian
D.   Pengajar dan peneliti
140.    Sebagai pekerja profesional, guru dianggap paling layak melakukan penelitian  tindakan kelas
(PTK) karena .........
A.   PTK membantu guru berkembang secara profesional
B.   guru paling akrab dengan siswa
C.   kelas memang merupakan wilayah guru
D.   PTK merupakan bagian dari tugas profesional guru
141.    Empat langkah pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah ........
A.   merencanakan, melaksanakan tindakan, refleksi, analisis data
B.   refleksi, analisis data, merencanakan, melaksanakan tindakan
C.   merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, refleksi
D.   refleksi, merencanakan, melaksanakan tindakan, analisis data
142.    Untuk  mengidentifikasi  masalah,  guru  perlu  melakukan  kajian  terhadap  pembelajaran  yang
dikelolanya.  Kajian  tersebut  dapat  dilakukan  dengan  mengajukan  berbagai  pertanyaan.
Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ........
A.   apa yang terjadi dikelas saya
B.   berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
C.   dengan siapa saya harus mendiskusikan asalah ini
D.   apa dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya biarkan saja

143.     Masalah  yang  diidentifikasi  kadang-kadang  terlampau  banyak,  sehingga  guru  menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih  masalah yang perlu ditangani adalah
sebagai berikut, kecuali ............
A.   tingkat keseriusan masalah
B.   kemampuan guru untuk menangani
C.   ada tidaknya mitra kolaborasi
D.   kompleks tidaknya masalah tersebut

144.    Setelah  menentapkan  dan  menjabarkan  masalah,  guru  perlu  mengembangkan  cara melakukan  perbaikan  atau  mengatasi  masalah.  Untuk  mengembangkan  cara  mengatasi
masalah, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ................
A.   mengkaji teori yang relevan dengan masalah
B.   menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
C.   berdiskusi dengan teman sejawat
D.   mengingatkan kembali pengalaman yang terkait dengan maslah tersebut

145.   Cara pemecahan yag dipilih haruslah sesuai dengan ...........
A.   kondisi lingkungan sekolah
B.   jumlah siswa dalam elas 
C.   waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.   sarana dan fasilitas yang tersedia

146.   Sebelum melaksanakan tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali ....
A.   daftar hadir
B.   skenario tindakan
C.   sarana dan fasilitas pendukung
D.   cara menganalisis data

147.    Jika  sebelum  melakukan  tindakan  guru  tidak  menentukan  cara  mengumpulkan  data,  dalam
pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali .........
A.   data yang dikumpulkan akan mubasir
B.   data yang diperlukan tidak terjaring
C.   guru yang bingung menafsirkan data
D.   guru tidak memerlukan data

148.    Ibu  ida  seorang  guru  SMK  sedang  asyik  berdiskusi  dengan  teman  sejawatnya  tentang susahnya  menyampaikan  materi  Biologi  yang  penuh  dengan  istilah  latin  kepada  siswa.Dia merasa  siswa  sangat  sukar  menghafal  istilah  asing  tersebut.  Ia  meminta  pendapat  temantemannya, bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa.  Dilihat
dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ......
A.   identifikasi masalah
B.   analisis masalah
C.   merumuskan masalah
D.   merencanakan perbaikan

149.    Dalam  melaksanakan  tindakan,  guru  harus  memperhatikan  beberapa  kriteria  di  antaranya
.......
A.   guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
B.   penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
C.   guru harus memperhatikan kemampuan siswa
D.   perhatian guru harus terfokus pada masalah yang ingin dipecahkan

150.     Bapak  Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra dengan seorang guru, teman  sejawatnya  dalam  memperbaiki  cara  merespons  terhadap  siswa  di  kelas.  Ia  sudah merancang  berbagai  jenis  penguatan  untuk  jawaban  siswa  yang  bai  serta  beberapa  respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk  duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang
perlu direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria
pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
A.   guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
B.   metodologi yang diterapkan harus reliabel
C.   pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
D.   masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru

151.    Tahap  observasi    implementasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan tindkan. Dalam
kajian ini, observasi – interprestasi utlak diperlukan agar guru dapat ......
A.   memantau jalanya pembelajaran
B.     melakukan berbagai penyesuaian
C.   mengetahui kualitas respons siswa
D.   memantau pendapat pengamat

152.    Idealnya, dalam  PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya, sehingga yang mengamati dan melakukan interprestasi adalah guru sendiri. Namun, kadangkadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat
.........
A.   memilih salah seorang siswa menjadi pengamat
B.   meminta kepala sekolah untuk mengamati pelajarannya
C.   megumpulkan alat bantu rekaman
D.   mewawancarai siswa setelah pelajaran selesai

153.    Prinsip  dasar  observasi  yang  berkaitan  dengan  pemanfaatan  hasil  observasi  adalah  prinsip
yang berkaitan dengan .......
A.   fokus observasi
B.   perencanaan awal
C.   ketrampilan mengobservasi
D.   balikan (feedback)

154.    Ketika  melakukan  observasi  di  kelas  Ibu  Rina,  Bapak  Sukoco  berusaha  bersikap  bersahabat, baik kepad siswa maupun kepada Ibu Rina.  Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam  dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas. Ketika terjadi diskusi antar siswa, Bapak Sukoco  tidak  segera  merekam  diskusi  tersebut,  tetapi  menunggu  sampai  diskusi  selasai, kemudian  berfikir  sejenak  untuk  menemukan  makna  peristiwa  yang  baru  saja   diamati. Perilaku  pengamat  seperti  itu  merupakan  penerapan  dari  prinsip  observasi  yang  berkaitan
dengan ........
A.   perencanaan awal
B.   fokus observasi
C.   membangun kriteria
D.   ketrampilan observasi

155.    Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam
memberi  respons  terhadap  pertanyaaan  guru,  jenis  observasi  yang  paling  tepat  digunakan
adalah observasi .........
A.   terbuka
B.    terfokus
C.   terstruktur
D.   sistematik

156.    Pada  pertemuan  pendahuluan  atau  pertemuan  perencanaan,  guru  dan  pengamat menyepakati hal-hal berikut, kecuali .......
A.   Jumlah siswa yang akan ikut dalam pembelajaran
B.   Fokus pengamatan
C.   Konteks pembelajaran yang dikelola guru
D.   Kriteria yang digunakan dalam interprestasi

157.    Selain  melalui  observasi,  data  pembelajaran  dapat  dikumpulkan  memalui  cara-cara  berikut, kecuali .......
A.   wawancara dengan orang tua
B.   catatan/laporan guru
C.   berbagai dokumen hasil belajar siswa
D.   wawancara dengan siswa

158.    Analisis  data  dilakukan  dengan  menempuh  berbagi  langkah,  yang  pada  akhirnya  bertujuan untuk ..........
A.     menyeleksi dan mengelompokkan data
B.   menyeleksi dan menafsirkan data
C.   memperoleh informasi tentang proses dan dampak perbaikan
D.   mendapat informasi tentang perilaku mengajar guru

159.    Melihat  hasil  latihan  siswa,  Ibu  Sutari  menjadi  kaget  karena  hanya  10  dari  30  siswa  yang mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari encoba mengingat-ingat apa yang terjadi  ketika  ia  menjelaskan  penggunakan  rumus  matematika  dalam  memecahkan  soal.  Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan ?Ia ingat pula, siswa yang duduk di deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus di  papan tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati oleh ibu Sutari .................
A.   mengumpulkan data
B.   menganalisis data
C.   melakukan refleksi
D.   merencanakan perbaikan

160.    Perencanaan  tindak  lanjut,  yang  merupakan  salah  satu  langkah  dalam  siklus  PTK,  dapat diwujudkan dalam bentuk ...............
A.   pedoman observasi
B.   revisi rencana perbaikan
C.   program PTK secara utuh
D.   pedoman analisis data

161.    Berikut  adalah  contoh-contoh  masalah  pembelajaran  yang  mungkin  dihadapi  guru,  kecuali
..............
A.   pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh siswa
B.   perhatian siswa pada pelajaran kurang
C.   banyak siswa yang belum membayar SPP
D.   hasil ulangan siswa rendah

162.   Agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ......
A.   peka terhadap situasi kelas
B.   bertanya kepada teman sejawat
C.   mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
D.   bertanya kepada kepala sekolah

163.   Tujuan utama menganalisis masalah pembelajaran adalah ..............................
A.   mencari hakikat masalah
B.   menemukan akar penyebab masalah
C.   merinci masalah menjadi bagian-bagian kecil
D.   menemukan cara pemecahan masalah

164.   Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali .................
A.   mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang berbagai aspek pembelajaran
B.   menanyakan pendapat siswa tentang berbagai aspek pembelajaran
C.   menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa
D.   membaca berbagai teori belajar

165.    Rumusan masalah dalam PTK serupa dengan maslaah penelitian. Dari rumusan berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A.   apakah permaianan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X SMK
Wanabakhti
B.   bagaimana cara mengajukan pertanyaan agar mampu membuat aktif siswa dalam
pelajaran Matematika di SMK Negeri Sawangan
C.   mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam berbagai
perlombaan nasional
D.   bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar
sekolah

166.   Tindakan perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah berikut, kecuali
............
A.   Menelaah berbagai teori yang relevan dengan masalah pembelajaran yang dihadapi
B.   Mengulangi apa yang pernah dilakukan ketika menghadapi masalah yang sama
C.   Berdiskusi dengan para pakar
D.   Mengingat kembali pengalaman yang lalu dalam menghadapi masalah yang sama

Untuk menjawab pertanyaan nomor 167 s/d 170, bacalah terlebih dahulu kasus berikut ini.
Kasus Pembelajaran
Ibu  Ani,  guru  bahasa  inggris  kelas  XII  di  SMK  Negeri  8  Panderman,  mula -mula  menjadi risau  karena  hanya  10  dari  40  siswa  dikelasnya  yang  mau  menjawab  dengan  bahasa inggris,jika  guru  mengajukan  pertanyaan.  Siswa  lain  selalu  diam  kalau  ditany a  atau berpura-pura  tidak  mendengar  pertanyaan  guru.  Ibu  Ani  sering  kesal  dan  melanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada  yang  menjawab,  Ibu  ani  biasanya  meneruskan  pelajarannya  dengan  meminta  para siswa  membaca  wacana  yang  ada  dalam  buku  pelajaran,  kemudian  menjawab pertanyaan  yang  ada  dibuku  secara  tertulis.  Jawaban  siswa  diperiksa  bersama-sama, sambil  sekali-sekali  memberi  perhatian  pada  grammar,  jika  siswa  salah  menulis jawabannya.  Dengan  cara  ini,  Ibu  Anipun  melupakan  kerisauannya.  Keadaan  ini berlangsung  sepanjang  semester  tanpa  ada  upaya  perbaikan.  Hasil  tes  bahasa  inggris para siswa sedang-sedang saja karena tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan  grammar.  Namun,  ketika  ada  tamu  asing  yang  kebetulan  berkunjung  ke  SMK tersebut,  tidak  seorangpun  dari  siswa  Bu  Ani  yang  berani  menjawab  pertanyaan  tamu tersebut,  apalagi  bertanya.  Hal  ini  menyebabkan  Bu  Ani  dipanggil  oleh  kepala  sekolah, dan  diminta  untuk  berupaya  agar  para siswa  mampu  berbahasa  Inggris,  meskipun  yang paling  sederhana.  Kejadian  ini  membuat  kerisauan  yang  dulu  pernah  muncul,  dirasakan kembali oleh bu Ani.

167.    Masalah yang terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di atas dapat digolongkan
sebagai masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut, kecuali .......
A.   strategi pembelajaran
B.   sumber dan media pembelajaran
C.   evaluasi hasil pembelajaran
D.   motivasi belajar

168.    Akar penyebab masalah yang terjadi dalam kasus di  atas antara lain sebagai berikut,  kecuali
......
A.   latihan berbicara tidak mendapat tekanan
B.   bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada siswa yang tidak mau menjawab
C.   bu Ani tidak menggunakan lab bahasa ketika mengajar
D.     kemampuan berbicara siswa tidak dinilai

169.     Jika  Bu  Ani ingin  memperbaiki  pembelajaran  yang  dikelolanya  melalui  PTK,  pilihan  rumusan masalah PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan dilakukan Bu Ani adalah .....
A.   bagaimana cara memberi latihan berbicara dalam bahasa Inggris agar mampu
meningkatkan kemampuan berbicara siswa kela XII SMK
B.   apakah kemampuan berbicara dapat dilatihkan secara intensif dengan memanfaatkan
laboratorium bahasa ?
C.  bagaimana cara mengaktifkan siswa dalam berbicara?
D.  apakah sumber belajar dapat mendorong siswa berlatih berbicara ?

170.    Jika  Anda  yang  menjadi  Bu  Ani,  tindakan  perbaikan  mana  yang  paling  tepat  untuk
memecahkan masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
A.    guru selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar dan tidak mau menerima
jawaban dalam bahasa indonesia
B.   guru memberikan latihan berbicara dalam bahasa inggris secara terpadu dengan
mendengarkan, membaca, dan menulis
C.   guru meminta siswa selalu menjawab dalam bahasa inggris
D.   guru memberikan latihan mengucapkan kata dengan benar

171.  Kegiatan Penetian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat ........
A.   meningkatkaan kualitas mengajar
B.   membantu kenaikan pangkat
C.   meningkatkan mutu pendidikan
D.   membuat karya ilmiah

172.  Yang tidak termasuk kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
A   memperhatikan perkembangan kognitif, memanfaatkan prinsip kepribadian,
mengidentifikasi potensi anak didik
B   menerapkan teori pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran
C   membuat setting pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif
D   Merancang dan melaksanakan evaluasi, menganalisis hasil evaluasi, memanfaatkan
hasil penilaian untuk perbaikan program pembelajaran
E   Memahami materi ajar yang ada di kurikulum, materi, dan konsep keilmuan lainnya

173.   Seorang  guru  aktif  dalam  Pembinaan  UKS  dan  Pembinaan  Kepramukaan,  ini  berarti  guru
tersebut telah melaksanakan kompetensi ……...
A   Kompetensi Pedagogik
B   Kompetensi Kepribadian
C   Kompetensi Professional
D   Kompetensi Sosial
E   Kompetensi Manajerial

174.   Seorang  guru SMK gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya
guru tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi ........................ 
A   Kompetensi Pedagogik
B   Kompetensi Kepribadian
C   Kompetensi Professional
D   Kompetensi Sosial
E   Kompetensi Manajerial

175.  Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian bagi guru adalah ……
A   berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
B   kemandirian dalam bertindak dan etos kerja guru
C   Menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan masyarakat
D   Memiliki perilaku positif terhadap anak didik
E   Bertindak sesuai norma religius (iman, taqwa, jujur, ikhlas) dan mampu diteladani siswa

11 komentar: