1.
Berdasarkan Rencana
Strategis (Renstra) Departemen
Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk
dapat memberikan pelayanan
prima, salah satu
yang perlu dilakukan
adalah pengembangan
teknologi informasi dan
komunikasi (ICT) yang dilakukan
melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran
dibawah ini, kecuali .....:
a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
b. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas
Pendidikan,
c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi
Pendidikan,
d. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan
Infrastruktur Pendidikan.
e. Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa
2.
Pemanfaatan fasilitas
internet dalam pembelajaran
yang digunakan untuk berkorespondensi antara
seseorang dengan lainnya
di mana pun
dan kapan pun
meraka berada. Dengan fasilitas
ini mereka dapat
saling mengirim dan
menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat
pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu,
dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting
dengan menyimpannya pada
folder yang disediakan
untuk itu disebut dengan....
a. Teleconverence
b. Email
c. Website
d. Chatting
e. Browsing
3.
Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari
aneka sumber; menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber
belajar lain; memfasilitasi
terjadinya interaksi antar-peserta didik serta
antara peserta didik
dengan guru, lingkungan,
dan sumber belajar
lainnya; melibatkan peserta didik
secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
dan memfasilitasi peserta didik
melakukan per cobaan di
laboratorium, studio, atau
lapangan disebut kegiatan...............
a. Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
e. Contextual teaching learning
4. Salah
satu contoh kegiatan guru dalam
kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan
para siswa, yaitu ........
a. Memberikan
umpan balik positif
dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupunhadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk mempe roleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk mempe roleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar
5.
Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan
bahasa yangkhas dalam
interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur
sebagai
berikut
....
a. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai
undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 2.
penyiapan kondisi psilogis
peserta didik 3.respons
peserta didik
untuk
merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta
didik, 3.
memberikan pertanyaan atau
tugas sebagai undangan
kepada peserta
didik
untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai
undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 2.
respons peserta didik
untuk merespons; 3.
reaksi guru terhadap
respons
peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d. memberikan
pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 2.
respons peserta didik
untuk merespons; 3.
reaksi guru terhadap
respons
peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
e. 1.
penyiapan kondisi psilogis
peserta didik, 2.
memberikan pertanyaan atau
tugas sebagai
undangan kepada peserta
didik untuk merespon;
3. respons
peserta
didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses
pembelajaran
berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
7. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini
….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Bakat dan Minat siswa
e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana
Pendukung
8. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
9. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a. kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber belajar
10. Dibawah
ini merupakan pengidentifikasian materi
pembelajaran yang menunjang
pencapaian
kompetensi dasar :
1. potensi peserta didik, karakteristik mata
pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2. tingkat perkembangan fisik intelektual,
emosional, social dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur
keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan
keluasan
materi pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik,
tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia Dalam mengidentifikasi
materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 5, 6
c. 1, 2, 3, 5
d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4,
5, 6
11. Upaya
guru dalam memanfaatkan
hasil analisis untuk
menentukan ketuntasan belajar antara
lain sebagai berikut……..
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil
capaian belajarnya
c. mencari
letak kelemahan secara
umum dilihat dari
kriteria keberhasilan yang
diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
e. mengadakan tes remidi
12. Upaya
merancang pengayaan bagi
peserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar
optimal
tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber
ajar dari pengarang yang berbeda
b. memberikan tes tambahan dengan tingkat
kesukaran yang lebih tingi
c. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi
berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan
materi bahan ajar
yang lebih tinggi tingkatannya
dan pengerjaan soalsoalnya yang memiliki kesulitan tinggi
e. memberikan tambahan materi berupa sumber
ajar dari penerbit yang berbeda
13. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan
hal-hal
sebagai berikut:
a. Semua
indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil
penilaian,
melaksanakan
program perbaikan dan pengayaan
b. Melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan,
analisa hasil penilaian,
sebagian
indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c. Analisa
hasil penilaian, belum
melaksanakan program perbaikan
dan pengayaan,
semua
indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan
program perbaikan dan pengayaan
e. Semua
indikator ditagih dengan
berbagai teknik penilaian
dan melaksanakan
analisa
hasil penilaian
14. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian
refleksi.
Hal ini dilaksanakan untuk….
a. mengukur ketuntasan peserta didik
b. mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta
didik
d. menentukan langkah-langkah pertemuan
berikutnya
e. mengetahui materi yang belum terbahas dalam
proses pembelajaran
15. Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor
…………..
a. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e. Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
16. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai
prestasi yang
dicapai peserta didik,
maka dalam penilaian
ranah psikomotor guru
menggunakan….
a. soal pilihan ganda
b. soal jawaban singkat
c. soal uraian objektif
d. kriteria
e. tes performance
17. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap
tugas-tugas peserta didik
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil tes harian
dan ulangan akhir
semester
tiap peserta didik
c. mengumpulkan hasil
kerja masing-masing peserta
didik yang telah
diberikan
masukan baik
oleh guru dan
rekan peserta didik
dalam suatu album
sebagai
bukti
hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil ulangan tiap
peserta didik
untuk melihat
kesulitan peserta didik
dalammemahami pokokbahasan tertentu
dankemudian
diberikan pembelajaran dan tes remidi
e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil
pekerjaan tugas, gambar-gambar
dan
hasil
ulangan tiap peserta didik
18. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus
memperhatikan….
a. substansi, konstruksi, bahasa
b. substansi, konstruksi, validitas, skor
c. substansi, bahasa konstruksi, skor
d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e. substansi, konstruksi, validitas,
reliabilitas
19. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a. Penentuan
tujuan tes, penyusunan
kisi-kisi tes, penulisan
soal, penelaahan soal,
perakitan
soal, analisis soal
b. Penyusunan
kisi-kisi tes, penulisan
kartu soal, penelaahan
soal, perakitan soal,
penyajian
tes, skoring, pelaporan hasil tes
c. Belajar
tuntas, penilaian otentik,
berkesinambungan berdasarkan acuan
norma,
menggunakan
berbagai teknik dan instrument penilaian
d. Belajar tuntas, penilaian otentik,
berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria,
menggunakan
berbagai teknik dan instrument penilaian
e. Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja,
tugas proyek, portofolio
20. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul
adalah….
a. Penilaian
hasil belajar oleh
pendidik digunakan untuk
menilai pencapaian
kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil belajar,
dan memperbaiki proses pembelajaran
b. Penilaian
hasil belajar oleh
pendidik dilaksanakan dalam
bentuk penugasan, ulangan harian,
ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c. Penilaian
hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi
peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan
hasil
penilaian oleh pendidik
d. Kriteria
kelulusan Ujian Nasional
(UN) dikembangkan oleh
BSNP dan ditetapkan
dengan
surat keputusan kepala satuan pendidikan
e. Ujian
sekolah mencakup semua
mata pelajaran kelompok
IPTEK, agama dan
akhlak
mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
21. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek….
a. kepribadian, kognitif, afektif
b. kognitif, kepribadian, psikomotor
c. afektif, kognitif, mental
d. kognitif, psikomotor, afektif
e. psikomotor, kognitif, minat
22. Upaya
guru dalam memberikan
kesempatan kepada siswa
untuk merefleksikan
pengalaman
belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah
setiap akhir pelajaran
b. guru
menggunakan pertanyaan terarah
maupun pertanyaan bersifat penelusuran
saat
pembelajaran berlangsung
c. guru
mewawancarai tiap siswa
tentang capaian atau
masalah belajar yang
dihadapi
siswa dalam belajar
d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan
kesulitan siswa dalam belajar
23. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
a. memberikan
penilaian terhadap aktivitas,
tahap kemajuan dan
hasil kerja siswa
dari
proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b. memberikan
pre test maupun
pos test secara
tertulis setiap kali
proses
pembelajaran
c. mengadakan ulangan harian rutin secara
terjadwal
d. mengadakan ulangan harian tanpa
pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
e. mengadakan ulangan tengah semester dan
akhir semester
24. Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip penilaian
yang harus
dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….
a. sahih
(valid), adil, terbuka,
bermakna, menyeluruh, terpadu,
berkesinambungan,
objektif,
efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
b. terbuka,
bermakna, adil, sahih
(valid), efisien dan
efektif, menyeluruh, terpadu,
akuntabel,
menggunakan acuan norma
c. sahih
(valid), adil, terbuka,
bermakna, objektif dan
efisien, berkesinambungan,
terpadu,
menyeluruh
d. terbuka,
adil, bermakna, menyeluruh,
objektif, efektif dan
efisien, terpadu,
berkesinambungan,
adil
e. sahih (valid), adil, objektif, terbuka,
bermakna, menyeluruh, berkesinambungan,
terpadu,
sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel
25. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal
yang harus dilakukan adalah :
a. Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang
digunakan
b. Menyusun kriteria penilaian, lembar
pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
c. Mengidentifikasi materi
ajar berdasarkan materi
pokok/ pembelajaran yang
terdapat
dalam silabus.
d. Menentukan metode pembela-jaran yang akan
digunakan
e. Menentukan
SK, KD, dan
Indikator yang akan
digunakan ( terdapat
pada silabus
yang telah
disusun)
26. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
a. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk
pertemuan yang telah ditetapkan
b. SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan (
terdapat pada silabus yang telah
disusun)
c. Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
d. Kriteria penilaian, lembar pengamatan,
contoh soal, teknik penskoran
e. Identifikasi materi
ajar berdasarkan materi
pokok/ pembelajaran yang
terdapat
dalam
silabus
27. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran
tertentu
sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
a. Standar
Kompetensi
b.
Kompetensi Dasar
c.
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
d.
Kompetensi
e. Standar
Kompetensi Lulusan
28. Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan
sikap, pengetahuan,
dan keterampilan yang
diharapkan dicapai pada
setiap tingkat
dan/atau
semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Standar Kompetensi Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
29. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini,
KECUALI ..
a. Memandang
penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian
berjalan
bersama dengan proses pembelajaran
b. Mengembangkan
tugas penilaian yang
bermakna, terkait langsung
dengan kehidpan
nyata
c. Mengembangkan
berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai
cermin
diri
d. Melakukan
berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk
menyediakan
berbagai jenis informasi tentang hasil belajar
e. Melakukan penilaian kelas secara acak
terhadap SK dan KD
30. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building),
mengevaluasi
(evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan
kemungkinan (extrapolating), meramalkan
(predicting), menduga /
mengemukan
pendapat /
mengambil kesimpulan (inferring) temasuk
Klasifikasi Kata Kerja Operasional
Sesuai
dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing
with retrieval)
b. Memproses (processing):
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks,
Masuk Akal, dan
bisa mengambil /pertimbangan
/keputusan
(complex, logical, judgmental behaviors)
32. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin
ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
b. Adanya
keterkaitan antar standar
kompetensi dan kompetensi
dasar dalam mata
pelajaran;
c. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan
kompetensi dasar antarmata pelajaran.
d. Sesuai
dengan karakteristik peserta
didik, mata pelajaran,
satuan pendidikan,
potensi daerah
dan dirumuskan dalam
kata kerja operasional
yang terukur
dan/atau
dapat diobservasi
e. Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau
alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan
pembelajaran.
33. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain),
mengorganisasikan
(organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat
analog (make
analogies), mengurutkan (sequence)
temasuk Klasifikasi Kata
Kerja
Operasional
Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari keterangan
(dealing with retrieval)
b. Memproses (processing):
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks,
Masuk Akal, dan
bisa mengambil /pertimbangan
/keputusan
(complex, logical, judgmental behaviors)
34. Dalam menentukan materi pokok (lesson
content) hendaknya mencakup sebagai berikut :
a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan
sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur yang
harus dipelajari siswa
dalam rangka menguasi
standar
kompetensi
dan kompetensi dasar.
b. Berisi garis besar model, pendekatan,
strategi, metode, atau teknik pembelajaran
yang digunakan
yang memungkinkan siswa
aktif berpartisipasi dalam
kegiatan
pembelajaran,
termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri
pengetahuan,
pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
c. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar
akan dievaluasi atau dinilai.
d. Berisi
alokasi waktu yang
diperlukan untuk mempelajari
setiap standar
kompetensi.
e. Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber
belajar lainnya.
35. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar
a. Potensi peserta didik;
didik ;
c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi
pembelajaran;
e. Relevansi
dengan kebutuhan peserta
didik dan tuntutan
lingkungan, khususnya
dunia
kerja;
36. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan
kompetensinya agar menjadi
manusia yang beriman
dan
bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab
Pernyataan
tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
e. Berpusat
pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan
peserta
didik dan
lingkungannya
37. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan
(stakeholders) untuk
menjamin relevansi pendidikan
dengan kebutuhan kehidupan,
termasuk
di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.
Pernyataan
tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
e. Berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan peserta didik
dan
lingkungannya
38. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut
ini,
KECUALI
a. Tujuan
khusus pembelajaran (objective)
yang relevan dengan
standar
kompetensi/kompetensi
dasar.
b. Tujuan
khusus pembelajaran berisikan
perumusan tentang pengetahuan,
ketrampilan dan
sikap yang diharapkan
dikuasai siswa setelah
melaksanakan
kegiatan
pembelajaran( learner oriented).
c. Tujuan
khusus pembelajaran bisa
menyangkut aspek kognitif,
psikomotorik,
maupun
afektif.
d. Dalam
merumuskan tujuan khusus
pembelajaran perlu digunakan
kata-kata
yang operasional
yaitu kata-kata yang
teramati dan terukur
(observable and
measurable).
e. Menentukan rincian materi (fakta, konsep,
prinsip, prosedur) yang relevan dalam
rangka
mencapai tujuan pembelajaran.
39. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan
a. Setelah
menentukan SK, KD,
dan Indikator yang
akan digunakan yang
terdapat
pada
silabus yang telah disusun
b. Setelah
mengidentifikasi materi ajar
berdasarkan materi pokok/
pembelajar an yang
terdapat
dalam silabus.
c. Setelah
menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
d. Setelah
merumuskan langkah-langkah pembelajaran
yang terdiri dari
kegiatan awal,
inti, dan
akhir.
e. Setelah
menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
40. Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan
hal
berikut, KECUALI ………..
a. Tentukan
model, pendekatan, strategi,
metode, teknik pembelajaran
yang
memungkinkan
siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b. Strategi yang dipilih hendaknya menantang,
memotivasi, mendorong minat siswa
untuk secara
mandiri menemukan sendiri
pengetahuan, ketrampilan, dan
sikap
yang harus
dikuasai (student centered learning).
c. Beberapa
pendekatan yang dapat
dipergunakan antara lain
pembelajaran
kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran
pemecahan masalah, pembelajaran
individual,
pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
d. Menentukan
rincian materi (fakta,
konsep, prinsip, prosedur)
yang relevan
dalam
rangka mencapai tujuan pembelajaran.
e. Tentukan
rencana kegiatan yang
perlu dilakukan guru (menyiapkan,
memotivasi
dan menarik
perhatian siswa, manyajikan
materi pelajaran baik
secara suksesif
maupun
simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan
prinsip perulangan,
menugasi, memberikan umpan
balik, memberikan tes,
dan
menentukan
tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
41. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat
mencapai
hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:
a. Kompetensi Kepribadian
b. Kompetensi Profesinal
c. Kompetensi Pardagogik
d. Kompetensi Sosial
e. Kompetensi Akademik
42. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat
peserta
didik adalah .....
a. Melatih siswa mengerjakan soal ujian
nasional.
b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa
Inggris.
c. Melakukan kegiatan pre test
d. Melakukan post test.
e. Melakukan ulangan harian dadakan atau
spontanitas.
43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1. Hindari
saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.
2.
Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
3.
Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa
yang
melanggar.
4. Berikan
penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari
pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan
belajar siswa
yang
memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :
a. 1 dan 2
b. 1 dan
3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
e. 1 dan 4
44. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk
menentukan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM)
mata pelajaran.Dalam menentukan
ketuntasan
minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.
Pernyataan
berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah .......
a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b. Nilai rapor kelas sebelumnya.
c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.
d. Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.
e. Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua
45. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata
disebabkan cara
belajar yang salah.
Langkah yang paling
tepat dilakukan untuk
mengatasi
kesulitan belajar tersebut adalah....
a. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan
aspirasinya
secara
rasional.
b. Tunjukkan
akibat atau dampak
cara belajar yang
salah terhadap prestasi
belajar
c. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru
dengan siswa di dalam kelas.
d. Berikan
kesempatan memperoleh pengalaman
yang menyenangkan atau
memperoleh
sukses dalam belajar.
e. Ciptakan suasana yang kondusif sehingga
tercipta kreatifitas siswa.
46. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Faktor
–faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2.
Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
3. Kapasitas
belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
4.
Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan
di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari
dalam diri
siswa adalah pernyataan....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
e. 4 dan 2
47. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah
dalam memfasilitasi
pengembangan diri melalui
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan
tersebut
harus memiliki fungsi ....
a. Penyaluran, pengembangan, edukatif,
rekreatif dan religius.
b. Penyaluran, pengembangan, edukatif,
rekreatif-kreatif, prestasi
c. Penyaluran, pengembangan, edukatif,
rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan
produktif.
e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan
ekonomis.
48. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan
pengembangan diri
dapat difasilitasi melalui
Bimbingan Konseling dan
Kegiatan
Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP
kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling
meliputi 4
hal ialah :
a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan
intelegensi.
b. Layanan pribadi, sosial, karir dan
intelegensi.
c. Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan
belajar.
e. Layanan sosial, karir,intelegensi dan
belajar.
49. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk
menghubungkan konsep
baru dengan konsep
relevan yang telah
dimiliki sebelumnya.
Usaha guru
untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .
a. siklus belajar
b. peta konsep
c. pembelajaran konsep
d. struktur kognitif
e. pemrosesan informasI
50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis
dalam
mengajar?
a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk
dimanfaatkan siswa belajar.
b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.
c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara
mereka sendiri.
d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep
tertentu*.
e. Menjelaskan suatu konsep secara detail.
51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu
disebabkan
karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
a. membangkitkan minat siswa
b. merangsang siswa lebih aktif belajar
c. memberi kesempatan siswa berkreasi
d. membiasakan siswa belajar sesuai dengan
lingkungan
e. menantang siswa untuk selalu belajar
52. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .
a. standar kompetensi.
b. kompetensi dasar
c. materi pembelajaran.
d. strategi pembelajaran.
e. metode pembelajaran.
53. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang
menggunakan
televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
a. Setuju karena dapat melatih siswa mengamati
gerak bibir presenter.
b. Sangat setuju karena televisi adalah media
pembelajaran yang menyenangkan.
c. Kurang setuju karena acara televisi sering
tidak atau kurang mendidik.
d. Setuju
dan tidak setuju
bergantung pada kompetensi
yang hendak dicapai
dalam
pembelajaran
e. Sangat
tidak setuju karena
dapat memecah perhatian
siswa dalam mengikuti
pembalajaran.
54. KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan
pengembangan
profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..
a. Para
guru memahami bahwa
salah satu tujuan
kegiatan pengembangan
profesi, adalah
dilakukannya kegiatan nyata
di kelasnya. Dan
ditujukan untuk
meningkatkan
mutu proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru,
melakukan
kegiatan seperti itu, sudah biasa dilakukan
b. Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan
menggunakan kaidah-kaidah ilmiah,
karena
hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.
c. Kegiatan
PTK dapat berupa
pelaksanaan penelitian tindakan
di dalam kelas
yang diyakini
makin layak untuk
menjadi prioritas pada
kegiatan pembelajaran,
tindakan yang
dapat dilakukan untuk
meningkatkan mutu pembelajaran
adalah
dengan
“menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.
d. Banyak
inovasi baru dalam
pembelajaran, terutama dalam
praktik
pembelajaran
(misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung
pelaksanaan KBK)
memerlukan verifikasi maupun
penerapan dalam proses
pembelajaran.
e. Sebagian besar guru yang telah mencapai
golongan IV/a ke atas
55. Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….
a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
b. Permendikan Nomor 22 Tahun 2006
c. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
d. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
e. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
56. Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan
pandangan
belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a. Behaviorisme
b. Cognitivisme
c. Behavionisme dan Cognitivisme
d. Semua benar
57. Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan peta
konsep sebagai
strategi untuk memudahkan
belajar siswa keputusan
guru tersebut
menerapkan
teori :
a. Behaviorsme
b. Dognitivisme
c. Behavionisme dan dognitivisme
d. Konstruktivisme
58. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman
sehari-hari.
Pernyataan ini disampaikan oleh
a. Behavioris
b. Kognitivis
c. Kognitivis Behavior
d. Konstruktivisme
59. Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran
a. Perilaku guru sebagai panutan digugu dan
ditiru
b. Guru sebagai sumber ilmu
c. Keputusan tindakan memerlukan jenis dan
kreativitas belajar siswa
d. Tanpa guru proses belajar siswa terganggu
60. Pemahaman teori belajar penting untuk dipakai
a. Menambah wawasan modul pembelajaran
b. Sebagai bahan penunjang pembelajaran
c. Dasar pengembangan model pembelajaran
d. Sebagai acuan untuk memilih media
61. Learning dalam behaviorisme menekankan adanya :
a. Perubahan perilaku
b. Interaksi terus-menerus
c. Pemaknaan informasi baru
d. Perubahan pengetahuan
62. Menurut konstruktivisme, pengetahuan tentang :
a. Hasil dari interaksi dan paradigma Stimulus
– Respons
b. Hasil konstruksi yang dibangun sendiri oleh
pembelajar
c. Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
d. Hasil temuan mata aturan yang menjadi
sumbernya
63. Praktek proses sangat cocok untuk matpel
a. Ketrampilan
b. Sains
c. Sastra
d. Ilmu sosial
64. Tidak termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian seorang guru adalah bicara
santun
namun efektif..
a. Kepada murid dan sejawat
b. Kepada KS maupun orang lain
c. Dalam rapat guru maupun di kelas
d. Komunikasi dalam penelitian
65. Tidak termasuk dalam komponen mengajar seorang guru, adalah kemampuan ...
a. Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
b. Menggunakan/memanfaatkan media pembelajaran
c. Berkomunikasi secara santun namun efektif
dengan murid dan pengawas
d. Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh
saat ulangan
66. Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesment
pembelajaran.
Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri:
a. Kompetensi pedagogic
b. Kompetensi sosial
c. Kompetensi kepribadian
d. Kompetensi professional
67. Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
a. Kompetensi sosial
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi profesional
d. Kompetensi pedagogic
68. Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang,
melaksanakan dan
mengevaluasi proses hasil
pembelajaran. Kegiatan tersebut
merupakan
usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
a. Kompetensi sosial dan pedagogic
b. Kompetensi profesional dan pedagogic
c. Kompetensi kepribadian dan profesional
d. Kompetensi kepribadian dan social
69. Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :
a. RPP merupakan bagian dari administrasi
sekolah
b. Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang
harus direncanakan
c. RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio
sertifikasi
d. Proses pembelajaran merupakan proses yang
harus didokumentasi
70. Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang
guru, di
ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok
tersebut tengah
mengembangkan diri dalam
ranah ters ebut tengah
mengembangkan
diri dalam
ranah
a. Kompetensi profesional
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi sosial
d. Kompetensi pedagogic
71. Paikem adalah pembelajaran yang :
a. Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan
menyenangkan
b. Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan
menyenangkan
c. Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan
menyenangkan
d. Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan
72. Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan
a. Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
b. Masalah tiap-tiap kelompok beda dari
tiap-tiap kelompok
c. Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada
kelompok
d. Masalah dari tiap-tiap kelompok secara
mendalam
73. Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi
jawaban
secara sukarela guru dapat menerapkan
a. Brain storming
b. Concept mapping
c. Quickstioning
d. Role playing
74. Problem salving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan siswa dalam
hal :
a. Individual thinking
b. Direct thinking
c. Critical thinking
d. Personal thinking Pemilihan
75. Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan
a. Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau
pokok bahasan
b. Teori yang dipahami guru
c. Keinginan dan putusan bersama
d. Tersedianya waktu dan dana yang ada
76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a. Kerja sama mencapai tujuan
b. Kemampuan kerja individu
c. Saling interaksi
d. Saling tergantung tapi saling memberi:
77. Memilih media, mempertimbangkan
a. Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan
perkembangan siswa
b. Kecanggihan media
c. Keseuaian media dengan paradigma
pembelajaran
d. Kelengkapan dan kualitas media
78. Guru menggunakan media dalam mengajar karena
a. Tuntutan kurikulum
b. Anjuran KS
c. Media membatu siswa agar lebih mudah
memahami
d. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru
79. Penggunaan Media efektif bila
a. Dapat membantu guru mempercepat materi
b. Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui
bermain
c. Dapat meningkatkan pencapaian hasil
belajar siswa
d. Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi
target
80. Keuntungan media di buat guru, kecuali:
a. Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar
b. Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai
c. Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
d. Sesuai dengan materi yang disajikan
81. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja
dengan
tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan
kriteria …
a. Kesesuaian
b. Tingkat kesulitan
c. Ketersediaan
d. Kualitas teknis
82. Media yang kita gunakan di kelas hndaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa
termasuk
tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria :
a. Kesesuaian
b. tingkat kesulitan
c. ketersediaan
d. kualitas teknis
83. Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah :
a.
kemampuan siswa memahami materi
b.
keaktifan siswa belajar di kelas
c.
keaktifan siswa menulis karangan
d. ketrampilan siswa menulis paparan / cerita
84. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
a. kemampuan memahami materi
b. siswa mengerjakan tugas
c.
kerajinan dan kreatifitas siswa
d. hasil
belajar siswa secara keseluruhan
85. Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..
a. Berhitung (matematika)
b. Memecahkan masalah
c. Melakukan percobaan
d. Membuat karya tulis
86. Utuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru
melakukan
kegiatan berikut
1. Menganalisis hasil ujian siswa sebelum
menentukan jumlah siswa yang belum tuntas
2. Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di
bawah standar kemudian memilih
metode
mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.
3. Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode
yang digunakan dan memperbarui
pada
pelajaran berikutnya
4. Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang
menjalani remidi
Kegiatan yang
dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah :
a. 1, 2, 3
b. 1 dan 2
c. 2 dan 4
d. 1, 2, 3 dan 4
87. Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life
skill)
bagi anak didik adalah ……………
a.
mempresentasikan hasil diskusi
b. membuat
karya tulis
c. membuat
model
d.
kerjasama dengan kelompok.
88. Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan :
a.
kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM.
b. kesesuaian
dengan materi ajar,
soal harus mengukur
tingkat pemahaman siswa
terhadap
materi yang diajarkan.
c. Hasil
belajar soal hrs
dibuat sedemikian rupa,
agar sebagian besar
siswa mencapai
standar
ketuntasan belajar minimal (SKBM)
d. Analisis
hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata
dengan
nilai
ujian pada materi selanjutnya
89. Pernyataan berikut yang benar tentang assesment adalah :
a. proses
pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti
pelajaran.
b. proses
pengumpulan informasi tentang
peserta didik berkenaan
dengan apa yang
mereka
ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan.
c. melakukan penilaian kemampuan siswa menerima
pelajaran
d. proses
penilaian tkt kecerdasan siswa.
90. Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
a.
disajikan dalam bentuk artikel atau makalah
b. ditulis
berdasarkan bukan hasil riset
c. kajian
ilmiah yang ditulis dari hasil riset
d. berupa
kajian teoritis
91. Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut..................
a. Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi
b. Refleksi - Perencanaan - Observasi –
Pelaksanaan
c. Observasi - Perencanaan – Pelaksanaan –
Refleksi
d. Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi –
Refleksi
92. Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
a. PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan
PTK memang benar-benar telah
dilakukan
oleh guru yang bersangkutan.
b. PTK yang dilakukan benar-benar mempunyai
manfaat.
c. PTK harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d. KTI
guru hendaknya berkaitan
dengan matapelajarannya dan
kegiatan yang
dilakukan
untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar di kelasnya.
e. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
93. PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya...
a. Nilai percakapan belum meningkat
b. Terkait
dengan permasalahan pada
konteks sesungguhnya pada waktu
melaksanakan
PBM dalam kelas
c. Terkait dengan perenungan di luar kontek,
sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM
di dalam
kelas
d. Terkait
dengan permasalahan pada
kontk sesungguhnya pada
waktu di luar
jam
pelajaran
94. Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa
dengan
berbagai alat dikenal sebagai :
a. Authentic material
b. Authentic learning
c. Authentic assessment
d. Authentic data
95. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan
guru….
a. membuat
rancangan pembelajaran khusus
untuk peserta didik
sebagai peserta
remedial
b. menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat
dengan
memperhatikan
hasil temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
c. menggunakan
rancangan pembelajaran baru
yang berbeda sama
sekali dengan
rancangan
yang ada
d. merencanakan tes ulang saja tanpa ada
pengulangan penjelasan materi
e. menggunakan rancangan
pembelajaran berdasarkan bahan
ajar belajar peserta
didik
96. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan kegiatan
pendidikan pada tingkat
satuan pendidikan, kabupaten/kota,
provinsi, atau
nasional agar tercapai
efisiensi dan efektivitas
penyelenggaraan
pendidikan
disebut .....................
a. Standar Proses;
b. Standar Kompetensi Lulusan;
c. Standar Sarana Dan Prasarana;
d. Standar Pengelolaan;
e. Standar Penilaian Pendidikan
97. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;
b. Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan
Pendidikan; Dan
c. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d. Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e. Jawaban A, B dan C Benar
98. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut
adalah
...................
A. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
B. Fungsi pendidikan nasional
C. Tujuan pendidikan nasional
D. Sasaran pendidikan nasional
E. Arah kebijakan pembangunan nacional
99. Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam ...................
a. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b. Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
e. Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
100. Memahami peserta didik secara mendalam
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
101. Seorang guru mampu Mampu merancang pembelajaran, memahami landasan
pendidikan
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
102. Seorang guru mampu Mampu melaksanakan pembelajaran
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
103. Seorang guru mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
104. Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai
potensi
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Kewirausahaan
105. Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Supervisi
106. Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
107. Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
108. Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang arif
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
109. Seorang guru mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta
didik
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
110. Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di
sekolahnya,
termasuk……..
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
112. Manfaat Penetian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2)
menggunakan
rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan
langkah
demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipat if, kecuali
.......
A. meningkatkan proses belajar mengajar
B. menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. mencakup proses refleksi
D. menggunakan metodelogi terbaru
113. Prinsip yang paling penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah .......
A. komitmen guru sebagai pengajar tidak
terganggu
B. metodologi tepat
C. penggumpulan data sederhana
D. laporan sederhana
114. Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu ..... ..
A. perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
B. perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
C. perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D. evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
115. Penelitian Tindakan kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai berikut, kecuali .......
A. didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh
guru
B. kolaborasi dalam pelaksanaannya
C. bertujuan memperbaiki
D. dilaksanakan dalam satu siklus
116. Dalam penetian tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ......
A. reliabel dan tidak mengganggu proses
pembelajaran
B. menggunakan waktu lama
C. bervariasi
D. sederhana
117. Di bawah ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan tindakan, kecuali
.....
A. menganalisa masalah
B. mempersiapkan fasilitas
C. mempersiapkan instrumen
D. mempersiapkan skenario
118. Di bawah ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam penetapan fokus masalah, kecuali
.......
A. merasakan masalah
B. analisis masalah
C. perumusan masalah
D. penerapan fokus
119. Langkah-langkah Penetian Tindakan Kelas (PTK) secara berurutan meliputi ........
A. penetapan
fokus masalah, perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan
interpretasi dan refleksi.
B. perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan intrepretasi dan refleksi
C. perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan interpretasi
D. pelaksanaan tindakan, pengamatan
interpretasi dan refleksi.
120. Hal yang terpenting pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah ........
A. dimonitor, dicatat hasil akhirnya
B. dievaluasi dan dianalisis
C. direfleksi dan diamati kembali
D. diamati dan diperbaiki
121. Dikaitkan dengan tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)
dapat membantu guru untuk .......
A. mengatasi masalah siswa
B. memperbaiki pembelajaran
C. berkembang secara profesional
D. berkolaborasi dengan guru lain
122. Ibu Siti terbiasa menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang
ditemukan siswa
dalam pelajaran bahasa
indonesia. Dari hasil analisis
tersebut, Ibu Siti juga
mencoba menemukan
kekuatan dan kelemahannya
dalam mengajar. Jika
anda menemuan
kelemahan,
segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut.
Langkahlangkah yang dilakukan
Ibu Siti tersebut
dapat dikatagorikan sebagai
langkah awal dalam
.........
A. perkembangan profesional
B. melakukan PTK
C. memperbaiki pembelajaran
D. menerapkan manfaat PTK
123. Berikut ini adalah manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, kecuali .........
A. membantu guru memperbaiki pembelajaran
B. memungkinkan guru berkembang secara
profesional
C. memungkinkan guru mengembangkan karir
D. menambah rasa percaya diri
124. Sekolah yang maju embawa dampak bagi kemajuan para guru. Demikian pula sebaliknya. Oleh
karena
itu, jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan Penelitian Tindakan
Kelas(PTK),
sekolah
akan berpotensi untuk ........
A. meraih popularitas
B. menghasilkan siswa teladan
C. menerbitkan karya-karya penelitian
D. menghasilkan berbagai teknik pembelajaran
125. Ibu Ita, seorang guru IPS berpenampilan sangat energik, Ia sedang melakukan Penetian
Tindakan Kelas
(PTK). Hampir setiap
hari dia sibuk
untuk menganalisis hasil
pekerjaan
siswanya
dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja lebih
giat. Para
siswa ternyata sangat
antusias terhadap usaha
Ibu Ita. Karena
para siswa merasa
pekerjaannya diperiksa
dengan cermat, siswapun
membuat pekerjaannya dengan
cermat
pula. Siswa
merasa bahwa ia
selalu harus bekerja
cermat sebagaimana Ibu
Ita memeriksa
pekerjaannya dengan
cermat pula. Ilustrasi
di atas menggambarkan
manfaat Penelitian
Tindakan
Kelas (PTK) bagi siswa, dalam hal ini ........
A. Perilaku guru yang melaksanakan PTK menjadi
model bagi siswa
B. Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki hasil
belajarnya
C. Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
D. Siswa dapat memperbaiki proses dan hasil
belajarnya
126. Guru yang tampil melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya
diri. Hal
itu disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali
......
A. Munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan
teman sejawat yang lain
B. Berkembangnya kemampuan guru dalam
pembelajaran
C. Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran
yang dikelola
D. Munculnya perasaan mampu Memecahkan masalah
sendiri
127. Keterbatasan Penetian Tindakan Kelas (PTK) terutama terletak pada .......
A. metodologi
B. validitas
C. instrumen yang digunakan
D. reliabilitas hasil yang dicapai
128. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tidak mempunyai daya generalisasi karena .....
A. sampel terbatas pada kelas yang diajar
B. masalah yang diteliti sangat spesifik
C. metodologi sangat longgar
D. PTK dilakukan oleg guru, bukan oleh peneliti
129. Agar Penetian Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai
kondisi
atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut , kecuali
..........
A. adanya kebebasan bagi para guru untuk
berinovasi
B. birokrasi yang ketat
C. dukungan dari semua personil sekolah
D. ada rasa saling mempercayai antara personil
sekolah termasuk siswa
130. Kemauan guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh
iklim
sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ......
A. Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta
bantuan
B. Melakukan perubahan jadwal pelajaran
C. Menetapkan masalah bagi kelasnya
D. Meminta siswa mengikuti perintahnya
131. Penetian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ........
A. guru
B. peneliti
C. guru sebagai peneliti
D. guru bersama dosen
132. Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ......
A. mengungkapkan kebenaran
B. menjawab masalah guru
C. memperbaiki kinerja guru
D. mengumpulkan informasi
133. Metode utama dalam penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya
metode
yang digunakan .......
A. bertumpu pada kemampuan guru melakukan
refleksi
B. longgar tetapi tetap mengikuti kaidah
penelitian
C. hasil observasi/kesan dari guru
D. bervariasi asal sesuai dengan kaidah
penelitian.
134. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ......
A. keriasauan guru akan kinerjanya
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
135. Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal ............
A. pelaku penelitian
B. tujuan penelitian
C. tempat penelitian
D. asal masalah yang diteliti
136. Penelitian tidakan kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali
...
A. PTK memang untuk guru
B. guru paling akrap dengan suasana kelas
C. masalah di kelas mungkin asing bagi para
peneliti
D. guru bertanggungjawab memperbaiki
kinerjanya.
137. Seorang Dosen Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan keluar kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan PR tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena
........
A. Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan
Tinggi
B. masalah penelitian muncul dari kerisauan
guru
C. terjadi pertemuan setiap minggu
D. dosen Perguruan Tunggi membantu guru
memecahkan masalahnya
138. Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali
......
A. dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih
memahami keadaan di kelas
B. kelas merupakan wilayah guru
C. hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung
oleh guru
D. temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh
guru
139. Dilihat dari segi tujuan penelitian,
penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ........
A. Peneliti dari dalam
B. Praktisi yang membangun teori
C. Subjek penelitian
D. Pengajar dan peneliti
140. Sebagai pekerja profesional, guru dianggap
paling layak melakukan penelitian
tindakan kelas
(PTK)
karena .........
A. PTK membantu guru berkembang secara
profesional
B. guru paling akrab dengan siswa
C. kelas memang merupakan wilayah guru
D. PTK merupakan bagian dari tugas profesional
guru
141. Empat langkah pokok dalam PTK dengan urutan
yang paling benar adalah ........
A. merencanakan, melaksanakan tindakan,
refleksi, analisis data
B. refleksi, analisis data, merencanakan,
melaksanakan tindakan
C. merencanakan, melaksanakan tindakan,
mengamati, refleksi
D. refleksi, merencanakan, melaksanakan
tindakan, analisis data
142. Untuk
mengidentifikasi masalah, guru
perlu melakukan kajian
terhadap pembelajaran yang
dikelolanya. Kajian
tersebut dapat dilakukan
dengan mengajukan berbagai
pertanyaan.
Pertanyaan
yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ........
A. apa yang terjadi dikelas saya
B. berapa orang siswa yang prestasinya selalu
rendah
C. dengan siapa saya harus mendiskusikan asalah
ini
D. apa dampaknya jika siswa yang berpretasi
rendah saya biarkan saja
143. Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani adalah
sebagai
berikut, kecuali ............
A. tingkat keseriusan masalah
B. kemampuan guru untuk menangani
C. ada tidaknya mitra kolaborasi
D. kompleks tidaknya masalah tersebut
144. Setelah menentapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi
masalah,
guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ................
A. mengkaji teori yang relevan dengan masalah
B. menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
C. berdiskusi dengan teman sejawat
D. mengingatkan kembali pengalaman yang terkait
dengan maslah tersebut
145. Cara pemecahan yag dipilih haruslah sesuai dengan ...........
A. kondisi lingkungan sekolah
B. jumlah siswa dalam elas
C. waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D. sarana dan fasilitas yang tersedia
146. Sebelum melaksanakan tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali ....
A. daftar hadir
B. skenario tindakan
C. sarana dan fasilitas pendukung
D. cara menganalisis data
147. Jika sebelum melakukan tindakan guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam
pelaksanaan
tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali .........
A. data yang dikumpulkan akan mubasir
B. data yang diperlukan tidak terjaring
C. guru yang bingung menafsirkan data
D. guru tidak memerlukan data
148. Ibu ida seorang guru SMK sedang asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan istilah latin kepada siswa.Dia merasa siswa sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Ia meminta pendapat temantemannya, bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat
dari
langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ......
A. identifikasi masalah
B. analisis masalah
C. merumuskan masalah
D. merencanakan perbaikan
149. Dalam melaksanakan tindakan, guru harus memperhatikan beberapa kriteria di antaranya
.......
A. guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai
pengajar
B. penelitian jangan sampai mengganggu komitmen
guru sebagai pengajar
C. guru harus memperhatikan kemampuan siswa
D. perhatian guru harus terfokus pada masalah
yang ingin dipecahkan
150. Bapak Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra dengan seorang guru, teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespons terhadap siswa di kelas. Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa yang bai serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang
perlu
direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari
kriteria
pelaksanaan
tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
A. guru harus memperhatikan etika yang terkait
dengan tugasnya
B. metodologi yang diterapkan harus reliabel
C. pengumpulan data jangan sampai menyita waktu
guru terlampau banyak
D. masalah yang ditangani harus sesuai dengan
komitmen guru
151. Tahap observasi – implementasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan tindkan. Dalam
kajian
ini, observasi – interprestasi utlak diperlukan agar guru dapat ......
A. memantau jalanya pembelajaran
B. melakukan berbagai penyesuaian
C. mengetahui kualitas respons siswa
D. memantau pendapat pengamat
152. Idealnya, dalam PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya, sehingga yang mengamati dan melakukan interprestasi adalah guru sendiri. Namun, kadangkadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat
.........
A. memilih salah seorang siswa menjadi pengamat
B. meminta kepala sekolah untuk mengamati
pelajarannya
C. megumpulkan alat bantu rekaman
D. mewawancarai siswa setelah pelajaran selesai
153. Prinsip dasar observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil observasi adalah prinsip
yang
berkaitan dengan .......
A. fokus observasi
B. perencanaan awal
C. ketrampilan mengobservasi
D. balikan (feedback)
154. Ketika melakukan observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat, baik kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas. Ketika terjadi diskusi antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi tersebut, tetapi menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir sejenak untuk menemukan makna peristiwa yang baru saja diamati. Perilaku pengamat seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan
dengan
........
A. perencanaan awal
B. fokus observasi
C. membangun kriteria
D. ketrampilan observasi
155. Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam
memberi respons
terhadap pertanyaaan guru,
jenis observasi yang
paling tepat digunakan
adalah
observasi .........
A. terbuka
B. terfokus
C. terstruktur
D. sistematik
156. Pada pertemuan pendahuluan atau pertemuan perencanaan, guru dan pengamat menyepakati hal-hal berikut, kecuali .......
A. Jumlah siswa yang akan ikut dalam
pembelajaran
B. Fokus pengamatan
C. Konteks pembelajaran yang dikelola guru
D. Kriteria yang digunakan dalam interprestasi
157. Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara berikut, kecuali .......
A. wawancara dengan orang tua
B. catatan/laporan guru
C. berbagai dokumen hasil belajar siswa
D. wawancara dengan siswa
158. Analisis data dilakukan dengan menempuh berbagi langkah, yang pada akhirnya bertujuan untuk ..........
A. menyeleksi dan mengelompokkan data
B. menyeleksi dan menafsirkan data
C. memperoleh informasi tentang proses dan
dampak perbaikan
D. mendapat informasi tentang perilaku mengajar
guru
159. Melihat hasil latihan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10 dari 30 siswa yang mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari encoba mengingat-ingat apa yang terjadi ketika ia menjelaskan penggunakan rumus matematika dalam memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan ?Ia ingat pula, siswa yang duduk di deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus di papan tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati oleh ibu Sutari .................
A. mengumpulkan data
B. menganalisis data
C. melakukan refleksi
D. merencanakan perbaikan
160. Perencanaan tindak lanjut, yang merupakan salah satu langkah dalam siklus PTK, dapat diwujudkan dalam bentuk ...............
A. pedoman observasi
B. revisi rencana perbaikan
C. program PTK secara utuh
D. pedoman analisis data
161. Berikut adalah contoh-contoh masalah pembelajaran yang mungkin dihadapi guru, kecuali
..............
A. pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh
siswa
B. perhatian siswa pada pelajaran kurang
C. banyak siswa yang belum membayar SPP
D. hasil ulangan siswa rendah
162. Agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ......
A. peka terhadap situasi kelas
B. bertanya kepada teman sejawat
C. mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di
kelas
D. bertanya kepada kepala sekolah
163. Tujuan utama menganalisis masalah pembelajaran adalah ..............................
A. mencari hakikat masalah
B. menemukan akar penyebab masalah
C. merinci masalah menjadi bagian-bagian kecil
D. menemukan cara pemecahan masalah
164. Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali .................
A. mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri
tentang berbagai aspek pembelajaran
B. menanyakan pendapat siswa tentang berbagai
aspek pembelajaran
C. menelaah berbagai dokumen yang berkaitan
dengan hasil belajar siswa
D. membaca berbagai teori belajar
165. Rumusan masalah dalam PTK serupa dengan maslaah penelitian. Dari rumusan berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. apakah permaianan peran dapat meningkatkan
keaktifan siswa kelas X SMK
Wanabakhti
B. bagaimana cara mengajukan pertanyaan agar
mampu membuat aktif siswa dalam
pelajaran
Matematika di SMK Negeri Sawangan
C. mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu
menjadi juara dalam berbagai
perlombaan
nasional
D. bagaimana cara menggunakan alat peraga yang
berasal dari lingkungan sekitar
sekolah
166. Tindakan perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah berikut, kecuali
............
A. Menelaah berbagai teori yang relevan dengan
masalah pembelajaran yang dihadapi
B. Mengulangi apa yang pernah dilakukan ketika
menghadapi masalah yang sama
C. Berdiskusi dengan para pakar
D. Mengingat kembali pengalaman yang lalu dalam
menghadapi masalah yang sama
Untuk menjawab pertanyaan nomor 167 s/d 170, bacalah terlebih dahulu kasus berikut ini.
Kasus
Pembelajaran
Ibu Ani,
guru bahasa inggris
kelas XII di
SMK Negeri 8
Panderman, mula -mula menjadi risau karena
hanya 10 dari
40 siswa dikelasnya
yang mau menjawab
dengan bahasa inggris,jika guru
mengajukan pertanyaan. Siswa
lain selalu diam
kalau ditany a atau berpura-pura tidak
mendengar pertanyaan guru.
Ibu Ani sering
kesal dan melanjutkan pelajaran
tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang
menjawab, Ibu ani
biasanya meneruskan pelajarannya
dengan meminta para siswa membaca
wacana yang ada
dalam buku pelajaran,
kemudian menjawab pertanyaan yang
ada dibuku secara
tertulis. Jawaban siswa
diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali
memberi perhatian pada
grammar, jika siswa
salah menulis jawabannya. Dengan
cara ini, Ibu
Anipun melupakan kerisauannya.
Keadaan ini berlangsung sepanjang
semester tanpa ada
upaya perbaikan. Hasil
tes bahasa inggris para siswa
sedang-sedang saja karena tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan grammar.
Namun, ketika ada
tamu asing yang
kebetulan berkunjung ke SMK tersebut, tidak
seorangpun dari siswa
Bu Ani yang
berani menjawab pertanyaan
tamu tersebut, apalagi
bertanya. Hal ini
menyebabkan Bu Ani
dipanggil oleh kepala
sekolah, dan diminta
untuk berupaya agar
para siswa mampu berbahasa
Inggris, meskipun yang paling sederhana.
Kejadian ini membuat
kerisauan yang dulu
pernah muncul, dirasakan kembali
oleh bu Ani.
167. Masalah yang terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di atas dapat digolongkan
sebagai
masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut, kecuali .......
A. strategi pembelajaran
B. sumber dan media pembelajaran
C. evaluasi hasil pembelajaran
D. motivasi belajar
168. Akar penyebab masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain sebagai berikut, kecuali
......
A. latihan berbicara tidak mendapat tekanan
B. bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada
siswa yang tidak mau menjawab
C. bu Ani tidak menggunakan lab bahasa ketika
mengajar
D. kemampuan berbicara siswa tidak dinilai
169. Jika Bu Ani ingin memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui PTK, pilihan rumusan masalah PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan dilakukan Bu Ani adalah .....
A. bagaimana cara memberi latihan berbicara
dalam bahasa Inggris agar mampu
meningkatkan
kemampuan berbicara siswa kela XII SMK
B. apakah kemampuan berbicara dapat dilatihkan
secara intensif dengan memanfaatkan
laboratorium
bahasa ?
C. bagaimana cara mengaktifkan siswa dalam
berbicara?
D. apakah sumber belajar dapat mendorong siswa
berlatih berbicara ?
170. Jika Anda yang menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling tepat untuk
memecahkan
masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
A. guru selalu menggunakan bahasa inggris
dalam mengajar dan tidak mau menerima
jawaban
dalam bahasa indonesia
B. guru memberikan latihan berbicara dalam
bahasa inggris secara terpadu dengan
mendengarkan,
membaca, dan menulis
C. guru meminta siswa selalu menjawab dalam
bahasa inggris
D. guru memberikan latihan mengucapkan kata
dengan benar
171. Kegiatan Penetian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat ........
A. meningkatkaan kualitas mengajar
B. membantu kenaikan pangkat
C. meningkatkan mutu pendidikan
D. membuat karya ilmiah
172. Yang tidak termasuk kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
A memperhatikan perkembangan kognitif,
memanfaatkan prinsip kepribadian,
mengidentifikasi
potensi anak didik
B menerapkan teori pembelajaran, menentukan
strategi pembelajaran
C membuat setting pembelajaran dan
melaksanakan pembelajaran yang kondusif
D Merancang dan melaksanakan evaluasi,
menganalisis hasil evaluasi, memanfaatkan
hasil
penilaian untuk perbaikan program pembelajaran
E Memahami materi ajar yang ada di kurikulum,
materi, dan konsep keilmuan lainnya
173. Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru
tersebut
telah melaksanakan kompetensi ……...
A Kompetensi Pedagogik
B Kompetensi Kepribadian
C Kompetensi Professional
D Kompetensi Sosial
E Kompetensi Manajerial
174. Seorang guru SMK gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya
guru
tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi
........................
A Kompetensi Pedagogik
B Kompetensi Kepribadian
C Kompetensi Professional
D Kompetensi Sosial
E Kompetensi Manajerial
175. Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian bagi guru adalah ……
A berkomunikasi dan bergaul efektif dengan
peserta didik
B kemandirian dalam bertindak dan etos kerja
guru
C Menampilkan tindakan yang didasarkan pada
kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan masyarakat
D Memiliki perilaku positif terhadap anak
didik
E Bertindak sesuai norma religius (iman,
taqwa, jujur, ikhlas) dan mampu diteladani siswa
untuk kunci jawabannya menyusul ya ....
BalasHapusKunci jawabanya mana Bu??
HapusJawabannya mana??
BalasHapusTlg dong kunci jya bu
BalasHapustolong kunci jawaban ya bu
BalasHapusMinta tlong kunci jwabannya bu
BalasHapuskak.... kunci jawabannya mana
BalasHapusSend kuncinya yah Indonesia?
HapusKunci jawabannya ada gk kak?
BalasHapusBisa minta bantuannya untuk kunci jawabannya😁
BalasHapuskunci jawabannya mana kak?
BalasHapus