Rabu, 01 Juni 2016

EDITING ARTIKEL HASIL PENELITIAN

EDITING ARTIKEL HASIL PENELITIAN

Seringkali penulis pemula meras kebungungan dalam menyusun laporan hasil penelitian menjadi artikel. Maka disini ada beberapa langkah singkat semoga mudah untuk dipahami oleh penulis pemula.

1.       ANATOMI ARTIKEL HASIL PENELITIAN
a. Judul
b. Nama Penulis
c. Abstrak
d. Kata Kunci
e. Pendahuluan
f. Metode
g. Hasil
h. Pembahasan
g. Kesimpulan dan Saran
h. Daftar Rujukan

2.       Judul
a.       Spesifik dan efektif
b.      Jelas
c.       Tidak terlalu pendek atau terlalu panjang
     (Tidak melebihi 12 kata)
d.       Memuat variabel penelitian/gambaran masalah yang diteliti
Contoh:
1.       Pengaruh Kegiatan Supervisi Pendidikan terhadap Kualitas Mengajar Guru
2.       Faktor-Faktor Determinan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Kerja Guru
3.       Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Berbasis Multikultural di Sekolah Dasar

3.       Nama penulis
a.       Ditulis di bawah judul artikel
b.      Tanpa disertai gelar akademik atau lainnya
c.       Tanpa foto
d.      Alamat lembaga
e.      Alamat email

4.       Kata kunci
a.       Menggambarkan masalah penelitian
b.       Tercermin pada variabel-variabel yang diteliti
c.        Terdiri atas 3 – 5 kata
d.       Diperlukan untuk sistem informasi
e.       Komputerisasi --à memudahkan pelacakan 

5.       Pendahuluan
a.       Berisi latar belakang masalah, landasan teori, atau segi-segi lainnya, pada akhir deskripsi bisa diberikan tujuan dan manfaat penelitian
b.      Dilakukan secara naratif, tanpa pemisahan subbagian

6.       Metode
a.       Pendekatan / jenis penelitian
b.      Rancangan penelitian
c.       Lokasi penelitian
d.      Populasi dan sampel / subyek penelitian
e.      Teknik pengumpulan data
f.        Instrumen penelitian
g.       Teknik analisis data

7.       Pembahasan
a.       Menjawab masalah-masalah penelitian
b.      Menginterpretasi temuan dikaitkan dengan pengetahuan yang ada
c.       Mengkomfirmasi dengan teori
d.      Mengaitkan dengan temuan-temuan lain
e.      Menyusun teori, memodifikasi teori, menguatkan teori, atau mengembangkan teori yang ada
f.        Memuat gagasan-gagasan peneliti

8.       Daftar rujukan
a.       Hanya memuat yang dirujuk
  Semua yang dirujuk harus ada dalam daftar rujukan, dan yang tidak dirujuk harus tidak ada dalam daftar rujukan
b.      Sebaiknya sumber primer
c.       Sebaiknya up to date (10 tahun terakhir)
d.      Teknik penulisan rujukan harus benar

9.       Subtansi isi (jenis penelitian)
a.       Penelitian Kuantitatif
b.      Penelitian Kualitatif
c.       Penelitian Pengembangan
d.      Penelitian Tindakan

10.   PENELITIAN KUALITATIF
METODE PENELITIAN  
A.      Rancangan Penelitian
B.       Lokasi Penelitian
C.      Kehadiran Peneliti
D.       Sumber Data
E.       Prosedur Penelitian
F.        Teknik Analisis Data
G.      Teknik Pengecekan Keabsahan Data
 HASIL PENELITIAN
  - Deskripsi Hasil Analisis Data Kualitatif
   PEMBAHASAN
 KESIMPULAN DAN SARAN

11.   PENELITIAN PENGEMBANGAN
METODE PENELITIAN  
          A. Model Penelitian dan Pengembangan
           B. Prosedur Penelitian dan Pengembangan
           C. Uji Coba Produk
               1. Desain Uji Coba
               2. Subyek uji Coba
               3. Instrumen Pengumpul data
               4. Teknik Analisis Data
    HASIL PENELITIAN
   - Deskripsi Hasil Penelitian Pengembangan
    PEMBAHASAN
    KESIMPULAN DAN SARAN

12.   PENELITIAN TINDAKAN
METODE PENELITIAN  
          A. Lokasi dan Waktu
           B. Subyek Penelitian
           C. Prosedur (Langkah-langkah Penelitian)
               1. Rancangan Penelitian
               2. Langkah-langkah Penelitian
                  Siklus I (Perencanaan, PelaksanaanTindakan,  Observasi, Refleksi)
           D. Instrumen Penelitian
           E. Teknik Analisis Data
 
              HASIL PENELITIAN
   -           Deskripsi Hasil Penelitian tiap Siklus
               PEMBAHASAN
               KESIMPULAN DAN SARAN
  
13.   PENULISAN DAN BAHASA
(menggunakan bahasa objektif)
Contoh kurang tepat
    Berdasarkan uraian di atas, penulis menyimpulkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap unjuk kerja guru
Contoh tepat
    Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap unjuk kerja guru
(menggunakan format essai bukan numeratif)
Contoh kurang tepat
Kepemimpinan transformasional memiliki ciri-ciri berikut :
1.       Menunjukkan kharisma
2.       Memberikan motivasi kepada anggota
3.       Mendorong kreatifitas anggota
4.       Memberikan perhatian kepada anggota secara individual
Contoh tepat
 Kepemimpinan transformasional menunjukkan kharisma, memberikan motivasi, mendorong kreatifitas, dan perhatian kepada anggota secara individual.
(menyusun paragraph yang baik)
1)      Merupakan kesatuan
2)      Sistematis
3)      Lengkap

Kemampuan mengajar guru merupakan faktor utama yang bepengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa akan aktif belajar bila guru dapat menerapkan strategi mengajar yang tepat. Perhatian siswa juga akan optimal bila guru mampu menggunakan media pembelajaran yang menarik. Siswa akan lebih mudah memahami materi bila guru dapat menggunakan metode mengajar yang baik. Keaktifan, perhatian, dan pemahaman siswa merupakan aspek-aspek yang menentukan terhadap hasil belajar siswa.

(menggunakan kalimat yang benar)
Contoh yang kurang tepat
1)       Menurut Nitko (2007) mengemukakan bahwa evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa.
Contoh yang lebih tepat
1)       Menurut Nitko (2007), evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa.
2)      Nitko (2007) menyatakan bahwa evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa.

MENGGUNAKAN KATA FORMAL/BAKU
Kata formal/Baku                  Informal/Tdk Baku
Tetapi                                     Tapi
Membuat                                   Bikin
Berkata                                    Bilang
Memberi                                    Kasih
Hanya                                       Cuman
Persen                                      Prosen
Tradisional                                 Tradisionil
Formal                                      Formil
Rasional                                    Rasionel

(menggunakan kalimat efektif)
Contoh yang kurang tepat
Umar (1996) dalam bukunya Pengujian Pendidikan mengatakan bahwa tes adalah himpunan pertanyaan yang harus dijawab, atau tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur suatu aspek perilaku siswa
Contoh yang lebih tepat
Umar (1996) mengatakan bahwa tes adalah himpunan pertanyaan yang harus dijawab, atau tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur suatu aspek perilaku siswa (menggunakan ejaan yang tepat)
1)      Setiap kata ditulis terpisah dengan kata lainnya, kecuali kata yang tidak dapat berdiri sendiri.
Contoh:
    meja, kursi, pascasarjana, dan lain-lain
2) Jarak antar kata dalam paparan satu ketukan
3) Setiap huruf ditulis rapat
    P E L A T I H A N      -----à PELATIHAN   
4) Gabungan kata yang memiliki makna khusus diberi tanda hubung.
Contoh:
    proses belajar-mengajar,  buku sejarah-baru
5)      Kata jadian berimbuhan gabung depan dan belakang ditulis serangkai
Contoh:
     dinonaktifkan, menomorduakan, 
6)      Setelah tanda tanya, tanda seru, titik, titik dua                 (:), titik koma (;) ada jarak satu ketukan. 
7)       Tanda tanya, tanda seru, titik, titik dua (:), titik koma (;) ditulis rapat dengan kata yang mendahului.
 Apa hasilnya?
8)      8) Tanda petik ganda (“...”) atau petik tunggal (‘...’) ditulis rapat dengan yang diapit.
 Pegawainya masih “dirumahkan”.
9)      Tanda perhitungan = , +, -, x, :, <, >, ditulis dengan jarak satu ketukan.  2 + 3 = 5
10) Nama (nama bangsa, suku, bahasa, tahun, bulan, hari, hari raya, peristiwa sejarah, tempat) ditulis dengan huruf kapital.
    hari Minggu
    Hari Pahlawan
     bangsa Indonesia
     Afrika Selatan
11) Kata asing menggunakan huruf miring.
     work motivation, leadership, supervision, dan lain-lain
12) Kata hubung antar kalimat menggunakan koma (,)
     Oleh sebab itu,
     Dengan demikian,
     Oleh karena itu,
13) Koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang didahului dengan tetapi, sedangkan, namun, yaitu, dll.
    Kegiatan ini  sederhana, tetapi besar manfaatnya.
14) Kata depan dipisah, awalan disambung.
     Di samping itu, Di sisi lain, Di depan, dll.
     dipukul, didengar, dilihat, ditulis, dll.
15) Tidak menggunakan titik
     cm.                        cm
     kg.                         kg
     S.Pd.                      S.Pd
16) Menggunakan koma
    Jenis pendidikan meliputi pendidikan formal, informal, dan nonformal.
17) Tidak menggunakan koma
     Pengolahan dilakukan per butir agar mudah ditemukan hasilnya.

14.   TEKNIK PENULISAN DAFTAR RUJUKAN DARI BUKU
Hasibuan, J. & Mudjiono. 1986. Proses Belajar  Mengajar. Bandung: Penerbit Remadja Karya.
Sudjana, N., & Daeng, A. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proser Belajar Mengajar. Bandung:  Penerbit Sinar Baru.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang  Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rinneka   Cipta.

DARI JURNAL
Hanafi, A. 1989. Partisipasi dalam Siaran Pedesaan  dan Pengadopsian Inovasi. Forum Penelitian,     1(1): 33-47.
Suryadarma, S.V.C. 1990. Procesor dan Interface: Komunikasi Data. Info Komputer, IV (4) : 46-48.

DARI KARYA TERJEMAHAN
Ari, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. Tanpa tahun.  Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan   oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: UsahaNasional.

DARI KORAN
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.
RUJUKAN DARI LEMBAGA
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978  Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

DARI MAKALAH
Karim, Z.1987. Tatakota di Negara-Negara    Berkembang. Makalah disajikan dalam Seminar                 Tatakota, BAPPEDA Jawa Timur, Surabaya, 1-2     September.
DARI ARTIKEL DI INTERNET
Griffith, A.I. 1995. Coordinating Family and School:     Mothering for Schooling. Education Policy            Analysis Archives, (Online), Vol. 3, No. 1,             (http:// olam. ed. asu.edu/epaa/, diakses 12      Feberuari 1997).
Hitchcock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of        STM Online Jornals, 1990-95: The Calm before    the Storm, (Online),           http://journal.ecs.soton.uk/survey/       survey.html, diakses 12 Juni 1996).

DARI THESIS, SKRIPSI DAN DESERTASI
Pangaribuan, T. 1992. Perkembangan Kompetensi Kewacanaan Pembelajaran Bahasa Inggris di    LPTK. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP MALANG.


15.   ABSTRAK
a.       Dituangkan secara padat dalam satu paragraf, dengan spasi tunggal
b.      Panjang abstrak sekitar 50-75 kata
c.       Format lebih sempit dari teks utama
d.      Memuat masalah dan tujuan penelitian, metode penelitian, serta hasil penelitian
e.      Artikel berbahasa Indonesia sebaiknya diberi abstrak bahasa Inggris
f.        Ukuran font berbeda dengan teks utama

16.   Hasil
a.       Hasil analisis data dalam bentuk hasil bersih
b.      Proses perhitungan statistik tidak perlu disajikan
c.       Tabel dan gambar boleh disajikan sebagai pelengkap

    
17.   Kesimpulan dan saran
a.       Menyajikan kesimpulan (temuan/ringkasan) hasil penelitian

b.      Menyajikan saran-saran berbasis kesimpulan/ temuan penelitian 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar