Senin, 19 Oktober 2015

Artikel Pendidikan MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI “EXPRESS – CARD”

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI “EXPRESS – CARD”
Oleh : Nova sriwinarni,S.Pd
Guru SMP Negeri 2 Soko Tuban


Belajar bahasa berarti mempelajari 4 kemampuan yang berbeda, mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Begitu mendengar nama bahasa Inggris siswa sering kali berpendapat bahwa bahasa Inggris merupakan pelajaran yang menakutkan. Terutama untuk speaking skill, kurangnya keberanian siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris menjadi salah satu penyumbang rendahnya prestasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Untuk mengucapakan kalimat dalam bahasa Inggris itu bukan merupakan hal yang mudah, jika dipaksa yang keluar suara siswa terdengar sangat pelan.
Ketika ditanyakan mengapa? Alasan mereka takut salah, takut ditertawakan teman – teman. Alasan lainnya mereka tidak tahu kalimat apa yang harus diucapkan. Oleh karena itu sebagai guru merasa perlu untuk mengkreasikan proses pembelajaran yang menarik minat siswa agar berani mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris sekaligus dengan mudah memahami materi yang dipelajari.
Pada saat membaca artikel yang ada di website wapikweb.org//…/bahasa Inggris dengan judul “speaking through vocamino” yang di tulis oleh Hamsah (communication specialist program USAID PRIORITAS) dan telah di lakukan oleh Drs. Heriyanto, guru bahasa Inggris SMP Negeri 3 Palopo. Kartu vocamino digunakan untuk meningkatkan kosakata siswa SMP Negeri 3 Palopo, maka penulis mempunyai gagasan menggunakan kartu “Express – card” untuk meningkatkan kemampuan dan keberanian berbicara siswa kelas 7 SMP Negeri 2 soko untuk KD 9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal.
“Express – Card” merupakan satu set kartu yang terdiri dari 32 kartu, 8 kartu ungkapan meminta pendapat, 8 kartu member pendapat dalam bahasa Inggris, dan 16 kartu yang merupakan makna ungkapan tersebut (secara leksikal) dalam bahasa Indonesia. “Express – card” terbuat dari kertas duplex. Dibuat menggunakan kertas tersebut karena lebih tebal dan tidak mudah rusak, sehingga dapat digunakan berulangkali. Selain satu set kartu juga di siapkan lembaran blanko yang berisi kolom – kolom kosong yang digunakan siswa untuk menuliskan ungkapan – ungkapan yang telah pelajari dari “Express – Card”.
Dinamakan Express – Card karena digunakan untuk mengekspresikan berbagai ungkapan dalam bahasa Inggris.
Langkah – langkah kegiatan :
1. Siswa membentuk kelompok beranggotakan 4 orang.
2. Masing – masing siswa memegang 8 kartu.
3. Tiap siswa meletakkan kartu diatas meja secara bergiliran. Siswa pertama meletakkan kartu dalam bahasa Iggris sambil membacanya dengan keras, siswa yang berikutnya harus meletakkan kartu dalam bahasa Indonesia yang merupakan makna dari kartu sebelumnya, begitu seterusnya sampai kartu habis. Pada saat semua kartu sudah terbuka semua lalu kelompok tersebut mengucapkan “English is easy” secara bersama – sama.
4. Setelah selesai kemudian mengambil blanko yang disiapkan untuk menuliskan ungkapan yang telah mereka pelajari beserta maknanya kedalam kolom yang ada. Setelah itu menempelkannya di blue board.
5. Setelah semua kelompok selesai menempelkan blanko di blue board, guru bersama siswa membahas materi meminta dan memberi pendapat, sehingga siswa mengetahui kekurangan atau kesalahan mereka pada saat mengucapkan ataupun memasangkan ungkapan dengan maknanya.
6. Di akhir pelajaran siswa secara berpasangan membuat dialog meminta dan memberi pendapat berdasarkan situasi yang diberikan.
Pada proses awal penggunaan Express – Card jika di temukan beberapa siswa yang masih terlihat enggan dalam membaca dengan keras kalimat yang ada dalam kartu maka guru hendaknya terus memotivasi siswa agar langkah – langkah pelaksanaannya sesuai dengan rencana sehingga diperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan waktu yang di tentukan.
Setelah penggunaan “Express – card” diharapkan menambah kosakata siswa sehingga dapat meningkatkan keberanian siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris serta memperkuat pemahaman siswa dalam meminta dan memberi pendapat dengan menyenangkan. Selain itu Express – card juga bisa dimodifikasi untuk berbagai ungkapan yang lainnya.#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar